Demokrat Dukung Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

Demokrat Dukung Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Beritasatu Photo / Carlos Paath)
Carlos KY Paath / YUD Rabu, 29 Juli 2020 | 21:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Demokrat (PD) mendukung pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Ketua Umum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa dibutuhkan persatuan menyikapi krisis akibat pandemi.

“Tentu dalam berbagai hal kita memberikan support (dukungan) kepada pemerintah, karena dalam krisis yang dibutuhkan adalah persatuan, tidak saling menyalahkan, tapi boleh juga dalam berbagai hal kita memberikan masukan, rekomendasi, bahkan saya mengatakan kritik yang membangun,” katanya usai bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Menurut AHY, PD dan PAN sudah lama menjalin kerja sama. Pertemuan kali ini dalam rangka menyambung tali silaturahmi dan semakin mempererat kerja sama. Dia mengungkap pertemuan membahas terkait situasi dan kondisi Tanah Air, termasuk keadaan global.

“Tentu kita sampai dengan hari ini juga harus berupaya keras untuk bersama-sama melawan Covid-19. Kita mengapresiasi segala kerja yang dilakukan oleh pemerintah dan semua elemen bangsa yang memang memiliki otoritas untuk menangani Covid-19 ini, tapi boleh lah kedua partai ini juga terus berkontribusi dalam pemikiran, dalam pandangan, dan juga aksi nyata,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Zulkifli yang menilai Indonesia perlu belajar dari pengalaman negara-negara maju dalam mengatasi pandemi. “Belum lagi ada persaingan, kompetisi antarnegara-negara besar yang tentu semuanya itu memerlukan kebersamaan, memerlukan kesamaan pandangan. Kami dan Demokrat sama-sama di luar pemerintahan. Kita bisa belajar, melihat negara-negara maju sekalipun dalam menghadapi musibah ini,” ujar Zulkifli.

Di sisi lain dalam konteks Pilkada Serentak 2020 yang akan digelar di 270 daerah, AHY menyebut partainya cukup banyak berkoalisi dengan PAN. “Ada yang memang kami lihat sebagai daerah yang memiliki signifikansi yang tinggi, yang potensial dan memiliki potensi menang yang juga baik. Tentu saya menyambut baik apa yang disampaikan Ketua Umum Pak Zulhas bahwa jika ada kebersamaan yang bisa kita lakukan dan untuk memenangkan pilkada tersebut, tentu kami akan lakukan sebaik-baiknya,” kata AHY.

AHY didampingi Sekjen PD Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum Renville Antonio, Waketum Vera Febhyanti, Ketua Bappilu Andi Arief, Kepala BPOKK Herman Khaeron, Wasekjen Jovan Latuconsina dan Direktur Eksekutif Sigit Raditya.

Sementara jajaran PAN turut mendampingi Zulkifli antara lain Sekjen Eddy Soeparno, Waketum Asman Abnur dan Viva Yoga Mauladi, Wasekjen Irvan Herman, dan Ketua DPP Desi Ratnasari serta Eko Patrio.



Sumber: BeritaSatu.com