Hadapi Pandemi Covid-19, Surya Paloh Ajak Masyarakat Tingkatkan Kedisiplinan
Logo BeritaSatu

Hadapi Pandemi Covid-19, Surya Paloh Ajak Masyarakat Tingkatkan Kedisiplinan

Rabu, 11 November 2020 | 14:29 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengajak kepada seluruh elemen lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan kedisiplinan dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Hanya dengan kedisiplinan, maka Indonesia bisa segera pulih dan masuk ke masa recovery sebagai imbas dari adanya pandemi.

"Kepada rakyat Indonesia, saya mengajak kepada Anda semua, marilah kita tingkatkan kedisplinan diri kita dalam menghadapi wabah ini. Anda boleh beraktivitas di luar rumah jika memang harus demikian. Anda boleh bekerja jika itu memang harus dilakukan. Namun, patuhilah selalu protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," kata Surya Paloh, dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang digelar secara virtual, di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Menurut Surya, ujian terberat dari wabah yang terjadi sesungguhnya adalah seberapa mampu masyarakat bertahan atas kedisiplinan dan untuk patuh atas protokol kesehatan. Yakni menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan sosial, serta mencuci tangan sesering mungkin.

Diakui Surya, saat ini dunia tengah dihadapkan pada situasi yang penuh ketidakpastian. Pandemi Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan dan nyawa manusia.

Pandemi juga telah membuat kehidupan umat manusia, dalam berbagai aspeknya, berubah. Tidak hanya kehidupan ekonomi, perilaku dan interaksi sosial manusia pun berubah. Tidak terkecuali di Indonesia.

"Hampir Sembilan bulan sudah pandemi berlangsung. Namun belum ada tanda-tanda wabah ini mulai menyurut. Salah satu tantangan terberat dalam menghadapi situasi ini adalah: sebagai bangsa kita belum pernah menghadapi situasi semacam ini. Kita harus berani mengakui bahwa kita gagap dan mengalami trial and error dalam upaya menghadapinya," ujarnya.

Tidak hanya pemerintah, selaku pemegang otoritas kekuasaan negara, kebanyakan rakyat Indonesia pun gagap atas situasi yang ada. Sebagian malah tidak mempercayai bahwa virus corona itu ada.

Di sisi lain pandemi terus membuat ekonomi melambat. Sementara rakyat kebanyakan lebih percaya bahwa ekonomi lebih mengancam kehidupannya ketimbang Covid-19.

"Di sinilah dilema bagi pemegang otoritas di banyak negara muncul. Covid-19 seolah berhasil membidik titik terlemah dari kekuatan kita sebagai manusia yaitu mobilitas. Ketika mobilitas dipaksa untuk berhenti atau dikurangi, ia juga mengancam kelangsungan kehidupan manusia dari sisi yang lain," ujar Surya.

Pada kesempatan tersebut Surya Paloh juga menyampaikan ungkapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada mereka yang telah berkontribusi besar terhadap upaya penanggulangan wabah corona. Utamanya mereka para tenaga medis, para dokter, perawat, yang telah menjadi garda terdepan bagi mereka yang dirawat karena Covid.

"Para ahli farmasi, para peneliti, yang tanpa henti berupaya menemukan ramuan penangkal virus dan vaksin yang masih terus diupayakan hingga saat ini. Serta semua pihak terus menerus tak kenal henti berupaya untuk mengatasi pandemi segera berlalu," ucap Surya.

HUT Partai Nasdem dipusatkan di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Partai Nasdem, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (11/11/2020). Perayaan berlangsung secara sederhana, dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Dalam perayaan HUT Nasdem di Kampus ABN hanya akan diikuti oleh sekitar 150 orang saja meski daya tampung ruangan berkapasitas lebih dari 500 orang. Setiap peserta yang hadir wajibkan Swab Test dua hari menjelang perayaan dan Rapid Test pada saat acara.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Nasdem Dorong Terciptanya Iklim Politik yang Sehat

Iklim politik yang sehat itu tidak menguras emosi bangsa dengan isu-isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

POLITIK | 11 November 2020

Gatot Tidak Hadir, Mahfud: Tanda Kehormatan Akan Dikirimkan

Mahfud MD mengatakan bahwa tanda kehormatan Bintang Mahaputera yang diterima mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan dikirimkan negara.

POLITIK | 11 November 2020

Gatot Nurmantyo Tidak Merespons Soal Ketidakhadiran Saat Pemberian Tanda Jasa Kehormatan

Gatot Nurmantyo sendiri ketika dikonfirmasi terkait alasannya tidak hadir dalam pemberian penghargaan belum merespon.

POLITIK | 11 November 2020

Pemberian Gelar Pahlawan untuk Soeharto, Ini Pandangan Legislator PDIP

Menurut Diah Pitaloka, Pemerintah memiliki banyak pertimbangan sebelum memberikan gelar pahlawan bagi Soeharto.

POLITIK | 11 November 2020

Diberi Tanda Jasa dari Jokowi, Gatot Nurmantyo Malah Tidak Hadir

Karena tidak hadir, lanjut Heru, maka Tanda Jasa Kehormatan akan dikembalikan lagi ke negara.

POLITIK | 11 November 2020

Mantan Menteri hingga Tenaga Kesehatan Dianugerahi Tanda Jasa

Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera adalah penghargaan sipil tertinggi yang diberikan pemerintah kepada mantan pejabat tinggi negara.

POLITIK | 11 November 2020

Presiden Jokowi Akan Hadiri HUT Partai Nasdem

Presiden Jokowi akan hadir dan menyampaikan amanatnya di hadapan fungsionaris dan kader Nasdem secara virtual.

POLITIK | 11 November 2020

Pandemi Ubah Paradigma Kampanye

Pandemi harus dapat dimanfaatkan sebagai peluang perubahan paradigma dari tradisional ke digital.

POLITIK | 10 November 2020

Azis Syamsuddin Nilai Soeharto, Gus Dur, dan Habibie Layak Diberi Gelar Pahlawan Nasional

Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin berharap negara menganugerahkan gelar pahlawan nasional terhadap para pemimpin tersebut.

POLITIK | 11 November 2020

Mendagri: Gunakan Hak Pilih 9 Desember 2020

Mendagri meminta para calon kepala daerah akan pentingnya integritas dan komitmen untuk mengabdi kepada masyarakat.

POLITIK | 10 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS