Buka Muktamar PPP 2020, Presiden: Tebarkan Islam Wasathiyah
Logo BeritaSatu

Buka Muktamar PPP 2020, Presiden: Tebarkan Islam Wasathiyah

Jumat, 18 Desember 2020 | 20:45 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / YUD

Bogor, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12/2020).

Presiden Jokowi dalam pidatonya mengatakan, sejak enam bulan terakhir pemerintah aktif membangun jaringan infrastruktur di berbagai daerah di Tanah Air, mulai dari jalan tol, jalur KA, jalur penerbangan, tol laut serta konektivitas yang dipercepat.

“Infrastruktur konektivitas yang dibangun pemerintah selama ini bukan hanya untuk mengintegrasikan ekonomi nasional, bukan hanya untuk mempermudah dan mempermurah arus logistik, bukan hanya untuk meningkatkan ekonomi digital dan e-commerce tetapi juga kita dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas budaya, konektivitas gagasan, dan semangat sebagai sebuah bangsa besar,” katanya.

Ia mengatakan infrastruktur yang dibangun selama ini juga dimaksudkan untuk semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dengan konektivitas luring dan daring yang semakin efektif, katanya, segenap elemen bangsa dapat meningkatkan komunikasi antar umat yang tersebar di seluruh Tanah Air, untuk menebarkan Islam wasathiyah, menebarkan kesejukan dan kedamaian, menumbuhkan toleransi dalam perbedaan dan kebinekaan, serta memperkokoh persatuan dalam keberagaman.

“Dan, melalui konektivitas fisik dan digital kita bisa berbagi pengalaman dalam membangun daerah, dalam membangun desa. Ada 514 kabupaten/kota, 34 provinsi, dan 75.000 desa yang tersebar di seluruh Tanah Air. Kita bisa berbagi inspirasi untuk menghadapi dunia yang penuh perubahan, persaingan, hiper kompetisi antar negara, perusahaan, dan individu yang harus kita ikuti hari per hari,” katanya.

Muktamar digelar berdasarkan sistem zonasi, di mana para anggota PPP yang terdaftar sebagai peserta Muktamar tidak semuanya hadir di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ke-10 zonasi itu terdiri atas Medan, Padang, Palembang, Banten, Bogor, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Manado, dan Makassar.

Sementara itu, Kota Makassar sebagai pusat penyelenggaraan muktamar akan dibagi dua tempat, yaitu tempat utama dan sub zonasi. Yang utama untuk pimpinan DPW, DPP, dan sub zonasi akan ditempati DPC-DPC dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, Papua Barat, NTB, dan NTT.

Peserta muktamar juga diwajibkan untuk menjalani swab test di daerah masing-masing sebagai syarat mengikuti Muktamar dengan protokol kesehatan.

Tampak hadir, Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, jajaran Majelis Syariah, Majelis Pertimbangan, dan Mahkamah Partai.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

DPR Wajibkan Pengunjung Kompleks Parlemen Bawa Hasil Tes Covid-19

Kebijakan ini juga termasuk kepada pegawai yang bekerja di lingkungan Parlemen.

POLITIK | 18 Desember 2020

Ketua Komisi II DPR: Pilkada Demokratis dan Partisipasi Pemilih Tinggi

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung menilai kesuksesan Pilkada di tengah pandemi bisa terlihat dari tingginya partisipasi masyarakat dalam memilih.

POLITIK | 18 Desember 2020

Ketua DPR Apresiasi Sikap Tegas Pemerintah Tidak Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Ditegaskan Puan, tanpa ada pengakuan Israel atas kemerdekaan Palestina, Indonesia tegas tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

POLITIK | 18 Desember 2020

Jelang Perombakan Kabinet, GMNI Dukung Sosok Pancasilais dan Hormat UUD 1945

Jelang rencana perombakan kabinet, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) mendukung sosok menteri pengganti yang Pancasilais dan menghormati UUD 1945.

POLITIK | 18 Desember 2020

Pilkada 2020, PAN Klaim Unggul di 130 Daerah

PAN mengklaim di 130 daerah dalam Pilkada 2020. Dari jumlah tersebut, sekitar 40 daerah merupakan kader internal partai besutan Zulkifli Hasan itu.

POLITIK | 17 Desember 2020

Komisi II DPR Apresiasi Pelaksanaan Pilkada 2020

Menurut Doli, keberhasilan sosialisasi Pilkada 2020 yang dilakukan penyelenggara menunjukkan tingkat partisipasi cukup baik.

POLITIK | 17 Desember 2020

Potensi Jokowi Tiga Periode Bersama Prabowo Subianto

Menurut M Qodari, Jokowi memiliki kemungkinan menjabat sebagai presiden dalam tiga periode bersama Prabowo melalui amendemen UUD 45.

POLITIK | 17 Desember 2020

Pandemi Covid-19, Maman Imanulhaq: Terus Bangun Solidaritas dan Rapatkan Jiwa Bangsa

Ancaman virus yang perlu digusur bersamaan Covid-19 yakni virus akal budi yang obatnya adalah revolusi jiwa.

POLITIK | 17 Desember 2020

Pemilu Baru Hasilkan Vote, Pakar Sebut Demokrasi di Indonesia Minim Kapasitas

Data Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) pada 2009-2019 telah indikasikan bahwa karakteristik demokrasi di Indonesia relatif masih berada pada tipologi demokrasi.

NASIONAL | 17 Desember 2020

SMRC: Pilkada 2020 Cukup Jurdil

“Sebanyak 86% pemilih menilai Pilkada berjalan cukup Jurdil,” kata Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad.

POLITIK | 17 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS