Presiden Jokowi Harapkan KAHMI Terus Berkontribusi dalam Pembangunan
Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi Harapkan KAHMI Terus Berkontribusi dalam Pembangunan

Jumat, 15 Januari 2021 | 16:55 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) bertema "Konsolidasi Keumatan Mewujudkan Nasionalisme Indonesia Yang Adil dan Beradab" yang digelar secara virtual.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta anggota KAHMI untuk ikut berkontribusi membangun kemajuan bangsa, memperteguh keislaman dan keindonesiaan yang saling melengkapi.

“Sebagai salah satu kekuatan strategis Bangsa, saya mengharapkan peran besar KAHMI dalam berbagai bidang, terimakasih atas peran KAHMI dalam memperkuat pilar-pilar kebangsaan yang menempatkan keislaman dan keindonesiaan yang saling melengkapi dan meneguhkan yang mengokohkan kesatuan Indonesia yang majemuk yang mendukung inovasi dan kemajuan Indonesia ke depan,” ujar Jokowi, Jumat (15/01/2021).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan rasa kagumnya kepada para Alumni HMI itu yang memiliki kompetensi, keunggulan dan berada diberbagai sektor, seperti menjadi pengusaha, birokrat dan politisi. Dan dipercaya mengisi banyak tugas-tugas strategis termasuk di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Dalam kabinet Indonesia Maju, terdapat Alumni HMI yang dipercaya Jokowi menjadi Menteri, salah satunya Mahfud MD sebagai Menkopolhukam, Muhadjir Effendi; Menko Pembangunan Manusia, Zainudin Amali; Menpora, Sahrul Yasin Limpo; Menteri Pertanian, Sofyan Djalil; Menteri Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Suharso Monoarfa; Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Bahlil Lahadalia; Kepala BKPM.

“Saya tahu bahwa kader KAHMI yang tersebar di banyak profesi, di birokrasi, di partai politik, di Lembaga-lembaga Negara, di korporasi, di Lembaga Swadaya Masyarakat dan media, juga banyak yang menjadi pengusaha sukses,” ungkap Jokowi.

Jokowi menyampaikan peran KAHMI dalam modernisasi dan moderasi dalam beragama telah dicatat dalam sejarah, di tahun 1960 KAHMI telah berperan central dalam pembaharuan kehidupan beragama dan berbangsa yang menjadi jangkar kemajuan dakwah Islam yang rahmatan lil alamin.

Kepercayaan besar yang diemban KAHMI ini, tentu saja diikuti oleh harapan besar terhadap KAHMI harapan berkontribusi besar seperti dalam menghadapi pandemi sekarang ini, berkontribusi besar untuk mengembangkan inovasi bagi kemajuan indonesia, serta tampil ke depan dalam memperjuangkan Islam Wasathiyyah dan penanaman nilai-nilai Pancasila.

“Peran sentral ini yang kita harapkan harus terus diprioritaskan dalam kiprah KAHMI kedepan, saya juga mengharapkan KAHMI berkontribusi besar dalam mengembangkan terobosan-terobosan di berbagai bidang, utamanya pengembangan SDM dalam pengembangan inovasi ilmu pengetahuan dan tekhnologi dan pengembangan kewirausahaan terutama dikalangan generasi muda,” harapnya.

Jokowi juga menyambut baik inisitif KAHMI untuk mendirikan Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) yang izinnya baru saja terbit, lembaga pendidikan yang dirancang berbasis digital dan program studi yang inovatif ini akan memperkaya inovasi pendidikan tinggi di Indonesia,

“Inovasi-inovasi seperti ini yang harus banyak dilakukan agar kita mampu memenangkan kompetisi global yang semakin ketat dan sengit, sebagai penutup saya tegaskan kembali bahwa dengan dukungan keislaman untuk keindonesiaan, denan modernisasi dan moderasi dengan kerja keras, penguasaan IPTEK dan inovasi saya yakin insya Allah Indonesia maju bisa cepat kita raih.Dan yakin usaha sampai,” tuntasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Komisi IX DPR Dukung Opsi Vaksinasi Covid-19 Mandiri

Komisi IX DPR mendukung opsi vaksinasi mandiri yang disampaikan Kementerian Kesehatan.

POLITIK | 15 Januari 2021

Ilham Saputra Kembali Diangkat Menjadi Plt Ketua KPU

Ilham Saputra menggantikan Arief Budiman yang dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada hari Rabu (13/1/2021).

POLITIK | 15 Januari 2021

Keluarga Besar PDIP Turut Berduka, Hasto: Syekh Ali Jaber Ulama Moderat Ajarkan Persaudaraan

Wafatnya Syekh Ali Jaber menjadi kabar duka bagi Indonesia.

POLITIK | 15 Januari 2021

Baleg DPR Sepakati 33 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2021 dengan Catatan

Semuanya akan dibawa ke rapat paripurna DPR berikutnya untuk pengambilan keputusan tingkat II alias tingkat akhir.

POLITIK | 15 Januari 2021

KPU Akan Segera Respons Pemecatan Arief

KPU akan segera merespons putusan DKPP memberhentikan Arief Budiman dari jabatan ketua KPU.

POLITIK | 15 Januari 2021

Dukung Vaksinasi Covid-19, Partai Emas Harapkan Ekonomi Indonesia Tumbuh Kembali

Partai Emas mengharapkan agar perekonomian di Indonesia dapat kembali tumbuh dengan berjalannya program vaksinasi Covid-19.

POLITIK | 14 Januari 2021

Ini Kata Ribka Tjiptaning Soal Polemik Penolakan Vaksin Covid-19

Ribka Tjiptaning mengakui dirinya salah mengambil tempat untuk bicara sehingga pernyataannya seolah-olah memprovokasi orang lain untuk menolak vaksin Covid-19.

POLITIK | 14 Januari 2021

Masyarakat Diminta Lebih Gigih Terapkan Protokol Kesehatan

Willy menuturkan, masyarakat telah menerima kabar baik yakni ditemukannya dan digunakannya berbagai varian vaksin Covid-19.

POLITIK | 14 Januari 2021

Ikuti Teladan Jokowi, Ketua MPR Terima Vaksinasi Covid-19

Setelah Presiden Joko Widodo menerima vaksinasi covid-19 yang pertama, para pejabat negara lalu mengikuti langkahnya, seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo.

POLITIK | 14 Januari 2021

Calon Tunggal Kapolri, Listyo Sigit Diharap Lakukan Konsolidasi Internal

Listyo disarankan agar segera melakukan konsolidasi internal sebelum resmi menjabat sebagai Kapolri.

POLITIK | 13 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS