Terkait Pemecatan Arief Budiman, KPU Belum Ambil Langkah Hukum
Logo BeritaSatu

Terkait Pemecatan Arief Budiman, KPU Belum Ambil Langkah Hukum

Jumat, 15 Januari 2021 | 17:19 WIB
Oleh : Robertus Wardy / YUD

Jakarta, Beritasatu.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengambil langkah hukum terkait keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang memecat Arief Budiman dari jabatan Ketua KPU. KPU masih memiliki waktu tujuh hari kerja setelah putusan DKPP dikeluarkan pada Rabu (13/1/2021).

“Nanti ada episode selanjutnya,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU Ilham Saputra dalam konferensi pers di kantor KPU, Jakarta, Jumat (15/1/2021) sore.

Ia menjelaskan langkah pertama yang dilakukan KPU adalah memilih Plt. Hal itu sudah dilakukan pada Jumat ini dengan menunjuk dirinya secara aklamasi sebagai Plt Ketua KPU.

Dia menyebut setelah ada Plt, seluruh roda organisasi berjalan normal. Arief yang dipecat juga tetap menjadi anggota KPU karena Arief dipecat hanya dari jabatan Ketua KPU.

“Kami belum memutuskan apa pun. Putusan itu kan dilakukan tujuh hari kerja. Nanti ada episode selanjutnya,” jelas Ilham saat ditanya apakah Arief juga akan melakukan gugatan hukum ke PTUN Jakarta.

Sebagaimana diketahui, pada Rabu (13/1/2021) kemarin, DKPP menjatuhkan sanksi pemecatan terhadap Arief. Alasannya, Arief mendampingi anggota KPU non aktif, Evi Novida Ginting Manik yang telah diberhentikan DKPP 18 Maret 2020 untuk mendaftarkan gugatan ke PTUN Jakarta.

“Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir dan pemberhentian dari jabatan kepada Arif Budiman selaku Ketua KPU,” kata Ketua DKPP Muhammad yang membacakan putusan dalam persidangan DKPP di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Evi Ginting pernah diberhentikan oleh DKPP tanggal 18 Maret 2020. Evi dinilai melanggar kode etik penyelenggara pemilu dalam perkara pencalonan anggota legislatif Partai Gerindra bernama Hendri Makaluasc.

Terhadap putusan itu, Evi melakukan gugatan ke PTUN, Jakarta dan dikabulkan PTUN. Atas putusan itu, Presiden Jokowi yang menerbitkan Surat Keputusan pengangkatan anggota KPU tidak melakukan upaya banding atas putusan PTUN. Presiden Jokowi mengikuti putusan PTUN sehingga akhirnya Evi kembali aktif menjadi anggota KPU sejak 18 Agustus 2020.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Presiden Jokowi Harapkan KAHMI Terus Berkontribusi dalam Pembangunan

Presiden Jokowi meminta anggota KAHMI untuk ikut berkontribusi membangun kemajuan bangsa, memperteguh ke-Islaman dan ke-Indonesia-an yang saling melengkapi.

POLITIK | 15 Januari 2021

Komisi IX DPR Dukung Opsi Vaksinasi Covid-19 Mandiri

Komisi IX DPR mendukung opsi vaksinasi mandiri yang disampaikan Kementerian Kesehatan.

POLITIK | 15 Januari 2021

Ilham Saputra Kembali Diangkat Menjadi Plt Ketua KPU

Ilham Saputra menggantikan Arief Budiman yang dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada hari Rabu (13/1/2021).

POLITIK | 15 Januari 2021

Keluarga Besar PDIP Turut Berduka, Hasto: Syekh Ali Jaber Ulama Moderat Ajarkan Persaudaraan

Wafatnya Syekh Ali Jaber menjadi kabar duka bagi Indonesia.

POLITIK | 15 Januari 2021

Baleg DPR Sepakati 33 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2021 dengan Catatan

Semuanya akan dibawa ke rapat paripurna DPR berikutnya untuk pengambilan keputusan tingkat II alias tingkat akhir.

POLITIK | 15 Januari 2021

KPU Akan Segera Respons Pemecatan Arief

KPU akan segera merespons putusan DKPP memberhentikan Arief Budiman dari jabatan ketua KPU.

POLITIK | 15 Januari 2021

Dukung Vaksinasi Covid-19, Partai Emas Harapkan Ekonomi Indonesia Tumbuh Kembali

Partai Emas mengharapkan agar perekonomian di Indonesia dapat kembali tumbuh dengan berjalannya program vaksinasi Covid-19.

POLITIK | 14 Januari 2021

Ini Kata Ribka Tjiptaning Soal Polemik Penolakan Vaksin Covid-19

Ribka Tjiptaning mengakui dirinya salah mengambil tempat untuk bicara sehingga pernyataannya seolah-olah memprovokasi orang lain untuk menolak vaksin Covid-19.

POLITIK | 14 Januari 2021

Masyarakat Diminta Lebih Gigih Terapkan Protokol Kesehatan

Willy menuturkan, masyarakat telah menerima kabar baik yakni ditemukannya dan digunakannya berbagai varian vaksin Covid-19.

POLITIK | 14 Januari 2021

Ikuti Teladan Jokowi, Ketua MPR Terima Vaksinasi Covid-19

Setelah Presiden Joko Widodo menerima vaksinasi covid-19 yang pertama, para pejabat negara lalu mengikuti langkahnya, seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo.

POLITIK | 14 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS