Logo BeritaSatu

Mensesneg Tegaskan Pemerintah Tidak Berniat Revisi UU Pemilu dan UU Pilkada

Selasa, 16 Februari 2021 | 16:05 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun, Novy Lumanauw / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan sikap pemerintah yang tidak menghendaki adanya revisi terhadap dua undang-undang, yakni Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi Undang-Undang. Menurutnya, undang-undang yang telah baik sebaiknya dijalankan.

"Pemerintah tidak menginginkan revisi dua undang-undang tersebut ya. Prinsipnya ya jangan sedikit-sedikit itu undang-undang diubah, yang sudah baik ya tetap dijalankan. Seperti misalnya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu itu kan sudah dijalankan dan sukses, kalaupun ada kekurangan hal-hal kecil di dalam implementasi ya itu nanti KPU melalui PKPU yang memperbaiki," kata Pratikno di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Terkait dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, Pratikno menegaskan dalam UU tersebut diatur jadwal pelaksanaaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada bulan November 2024. Menurutnya, ketentuan tersebut sudah ditetapkan pada 2016 lalu dan belum dilaksanakan sehingga tidak perlu direvisi.

"Jadi pilkada serentak bulan November tahun 2024 itu sudah ditetapkan di dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016. Jadi sudah ditetapkan di tahun 2016 dan itu belum kita laksanakan pilkada serentak itu. Masak sih undang-undang belum dilaksanakan terus kemudian kita sudah mau mengubahnya? Apalagi kan undang-undang ini sudah disepakati bersama oleh DPR dan Presiden, makanya sudah ditetapkan," jelas Pratikno.

Oleh karena itu, lanjut Pratikno, pemerintah tidak mau mengubah undang-undang yang sudah diputuskan tapi belum dijalankan.

Pratikno berharap tidak ada narasi yang dibalik-balik terkait isu revisi kedua undang-undang tersebut menjadi seakan-akan pemerintah mau mengubah keduanya.

"Tolong ini saya juga ingin titip ya, tolong jangan dibalik-balik seakan-akan pemerintah yang mau mengubah undang-undang. Enggak, pemerintah justru tidak ingin mengubah undang-undang yang sudah ditetapkan tetapi belum kita laksanakan. Kaitannya dengan Pilkada serentak itu," tegas Pratikno.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kejaksaan Masih Periksa Berkas Kasus Meme Stupa Roy Suryo

Kejaksaan masih memeriksa berkas perkara kasus dugaan penistaan agama oleh Roy Suryo karena mengedit meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Jokowi.

NEWS | 26 September 2022

Anggota DPRD Depok vs Sopir Truk Akhirnya Berdamai

Ahmad Misbah (24 tahun), sopir truk yang menjadi korban dugaan penganiayaan oleh anggota DPRD Depok, Tajudin Tabri akhirnya berdamai

NEWS | 26 September 2022

Ketika Lukas Enembe Klaim sebagai Pemilik Freeport

Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan kepada kliennya sebagai pemilik Freeport. Hal itu disampaikan Lukas Enembe saat ditanya soal tambang emas miliknya.

NEWS | 26 September 2022

Ahmad Sahroni: Nasdem Umumkan Capres pada 10 November 2022

Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni mengungkap nama calon presiden (capres) dari Nasdem akan diumumkan pada 10 November 2022.

NEWS | 26 September 2022

Epidemiolog: Vaksinasi Booster Modal Cegah Long Covid-19

Vaksinasi booster Covid-19 (vaksin penguat) menjadi salah satu modal untuk mencegah terjadinya reinfeksi yang dapat menyebabkan long Covid-19.

NEWS | 26 September 2022

Komisi I DPR Pastikan TNI Solid Usai Panglima TNI dan Kasad Hadir Rapat

TB Hasanuddin memastikan TNI solid usai Jenderal TNI Andika Perkasa dan Jenderal TNI Dudung Abdurachman hadir bersama dalam rapat kerja dengan Komisi I.

NEWS | 26 September 2022

Peringati HUT Ke-34, GP Tibta Tabur Bunga di TMP Kalibata

GP Tibta menggelar tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-34 GP Tibta.

NEWS | 26 September 2022

Mantan Petinggi OPM Imbau Lukas Enembe Patuhi Hukum

Mantan petinggi OPM, Alex Ruyawri Yessi Makabori mengimbau Gubernur Papua Lukas Enembe agar mematuhi proses penegakan hukum di KPK.

NEWS | 26 September 2022

ISESS Belum Lihat Kapolri Bersih-bersih di Tubuh Polri

ISESS belum melihat langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah jabatan di lingkungan Polri sebagai upaya bersih-bersih Polri.

NEWS | 26 September 2022

KPK Koordinasi ke IDI untuk Cek Kesehatan Lukas Enembe

KPK berkoordinasi dengan IDI untuk mengungkap kebenaran kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe.  

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ahmad Sahroni: Nasdem Umumkan Capres pada 10 November 2022

Ahmad Sahroni: Nasdem Umumkan Capres pada 10 November 2022

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings