Logo BeritaSatu

Gus Ami: NU dan Pesantren Adalah Sabuk Pengaman Bangsa

Jumat, 26 Februari 2021 | 20:43 WIB
Oleh : WM

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar menegaskan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) dan kalangan pesantren adalah sabuk pengaman bangsa.

Oleh karena itu, dalam menangani bencana Covid-19, pemerintah harus memprioritaskan vaksinasi untuk tenaga pengajar, petugas pendidik, dan para guru di pondok pesantren.

"NU, para kiai, adalah sabuk pengaman bangsa di tengah krisis," kata Gus Ami, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, dalam pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Hal tersebut disampaikan us Ami saat menghadiri istighatsah bersama sejumlah pengasuh Pondok Pesantren dan Kiai Khos se-Provinsi Banten di Pondok Pesantren At-Thohiriah, Kramat Watu, Kabupaten Serang, Jumat.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari road show politik kesejahteraan ke Provinsi Banten yang dilakukan Gus Ami, dengan bersilaturahim dengan ulama dan pengasuh pesantren Banten.

Lebih lanjut, Muhaimin yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan bahwa saat ini vaksin telah dimulai dan berharap para kiai dan para tenaga pengajar bisa diprioritaskan dalam vaksinasi Covid-19.

Menurut dia, para guru, ustaz, dan kiai di pondok pesantren merupakan kelompok rentan, sekaligus garda terdepan melayani aktivitas belajar mengajar di lingkungan pondok pesantren.

"Oleh karena itu, vaksinasi terhadap para guru atau tenaga pengajar harus menjadi prioritas, terutama tenaga pengajar di pondok pesantren," ujar Gus Ami.

Selain itu, Gus Ami juga menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan pondok pesantren, sebab peningkatan kualitas pendidikan adalah sebuah keniscayaan.

"Dengan kualitas pendidikan yang baik, Provinsi Banten akan mengalami lompatan kemajuan yang luar biasa di bidang pendidikan," ujarnya.

Ia berharap Banten menjadi lokomotif kemajuan dan kesejahteraan ekonomi umat dengan potensi sumber daya manusia yang dimiliki, ponpes dan lembaga-lembaga pendidikan harus dioptimalkan, dan selalu melakukan inovasi.

Gus Ami juga menyentil proses pembelajaran jarak jauh selama ini banyak dikeluhkan guru, siswa, dan orang tua, ditambah keterbatasan akses internet.

"Jika tidak segera diambil langkah tepat, hal ini akan berpotensi menyebabkan ketertinggalan generasi yang cukup mengkhawatirkan," katanya.

Dalam silaturahim dengan ponpes dan ulama se-Banten, Gus Ami juga memberikan bantuan pendidikan dan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat korban banjir Tangerang Raya.

Turut hadir mendampingi Gus Ami, antara lain, Ketua Fraksi PKB DPR Cucun A Syamsurijal, anggota Komisi X DPR Muhamad Kadafi, anggota DPR Rasal Banten Rano Alfaht, serta beberapa anggota DPRD propinsi dan kabupaten se-Provinsi Banten.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Rois Syuriah PWNU Provinsi Banten KH Tubagus Abdul Hakim, Pimpinan Pondok Pesantren Roudotul Ulum Cidahu Pandeglang KH Abuya Muhtadi, Pengasuh Ponpes At-Thohiriyah KH A Ulfi Zaini Thahir, KH A Munif ZT dan sejumlah kiai khos lainnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing. Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah

NEWS | 25 September 2022

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek.

NEWS | 24 September 2022

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengeroyokan Siswi SMP di Makassar

Polrestabes Makassar mengamankan empat terduga pelaku pengeroyokan siswi SMP berinisial LA (14). Keempat terduga merupakan rekan kelas korban.

NEWS | 24 September 2022

Masih Banyak Warga di Bantaran yang Buang Sampah ke Sungai

Salah satu penyebab masyarakat di Bekasi membuang sampah ke sungai karena masih rendahnya kesadaran mereka akan kebersihan.

NEWS | 24 September 2022

Puan Maharani Ungkap Tujuannya Bertemu Sejumlah Elite Parpol

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengungkapkan tujuannya melakukan safari politik dan bertemu sejumlah elite parpol. 

NEWS | 24 September 2022

Career Day Mudahkan Masyarakat Cari Kerja di Tengah Pemulihan Ekonomi

Career Day tidak hanya memberikan kemudahan bagi alumni Universitas Bakrie yang hendak mencari kerja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

NEWS | 24 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 24 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 Jakarta sampai tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Kenang Prof Samekto Wibowo, Rektor UGM: Beliau Guru Saya

Rektor UGM Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengenang sosok Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul.

NEWS | 24 September 2022

Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Seorang Dokter Spesialis Neurologi

Guru besar UGM yang meninggal karena terseret ombak, Samekto Wibowo, merupakan dokter spesialis neurologi.

NEWS | 24 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 24 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

NEWS | 49 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings