Pendiri Sebut Partai Demokrat Tidak Ada Tanpa SBY
Logo BeritaSatu

Pendiri Sebut Partai Demokrat Tidak Ada Tanpa SBY

Kamis, 4 Maret 2021 | 17:39 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Para pendiri dan deklarator menyebut Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki andil besar terhadap kelahiran Partai Demokrat (PD). Hal ini meluruskan adanya tudingan bahwa SBY tidak berkeringat dalam mendirikan PD.

“Saya mau membantu pendirian Partai Demokrat tahun 2001 ya karena ada tokoh. Tokoh itu ya pak SBY. Kalau bukan karena Pak SBY, tidak ada PD. Saya tidak akan ada disitu,” kata akademisi sekaligus salah satu pendiri PD, Wayan Sugiana di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Wayan pernah menjabat wakil sekretaris jenderal pada kepengurusan PD periode pertama. Wayan menuturkan, kala itu berjuang sekuat tenaga untuk memenuhi persyaratan administrasi verifikasi partai politik (parpol) menjelang Pemilu 2004.

Wayan menuturkan regulasi kepemiluan saat itu, mewajibkan adanya verifikasi fisik di seluruh DPD dan sebagian DPC kabupaten/kota.

“Saya harus bekerja keras meyakinkan orang-orang untuk mau bergabung dengan PD dan harus saya akui faktor utama yang bisa meyakinkan mereka adalah keberadaan pak SBY. Tidak ada PD, tanpa Pak SBY,” tegas Wayan.

“Semula kami merancang lambang Partai Demokrat berbentuk segi empat, tetapi Pak SBY bersikeras menggunakan lambang segitiga dengan warna yang seperti kita lihat sekarang. Walaupun pada saat itu, warna-warna itu sulit direproduksi. Pak SBY meyakinkan kami untuk memakai lambang tersebut.”

Hal senada diungkap Steven Rumangkang.

“Saya masih ingat, mendiang Papa Vence Rumangkang mengungkapkan bahwa nama Partai Demokrat berasal dari pak SBY dalam diskusi mereka di Cikeas bulan Agustus 2001,” kata putra almarhum Vence tersebut.

Vence merupakan tokoh penting di balik kelahiran PD.

“Mendiang Papa kemudian menyiapkan segala persyaratan administratif untuk memenuhi pendirian partai di kantornya, sementara Pak SBY membuat logo, bendera dan mars Partai Demokrat,” ungkap Steven.

Sebagai pendiri nomor 99, Steven kini memimpin Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator PD.

“Saya tahu pasti bahwa partai Demokrat pada dasarnya dilahirkan oleh Pak SBY dan mendiang Vence Rumangkang,” ungkap pendiri PD lainnya, Ifan Pioh.

Ifan merupakan sekretaris pribadi mendiang Vence Rumangkang.

“Syarat mendirikan partai sebenarnya cukup akta pendiriannya ditandatangani 50 orang, tetapi untuk menghormati Pak SBY, maka dijadikan 99 orang. Menandakan 9 September, hari ulang tahun Pak SBY sekaligus hari ulang tahun Demokrat,” kata Ifan.

“Dari 99 orang ini, 53 memberikan kuasa, 46 sisanya hadir di kantor notaris. Jadi gagasan dasar, nama, lambang dan mars Partai Demokrat semuanya berasal dari Pak SBY. Jadi, tidak mungkin ada Partai Demokrat tanpa Pak SBY,” tegas Ifan.

Baca Juga: Syarief Hasan: Kalau Ada KLB, Itu Abal-abal



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ini Saran Danu Agoeslan pada Pemerintah agar Ekonomi Kembali Pulih

Menurut Danu lebih baik untuk memprioritaskan sektor kesehatan pada saat pandemi Covid-19 dan pada akhirnya baru ekonomi bakal berangsur kembali pulih.

POLITIK | 4 Maret 2021

Hasto: PDIP Siap Jadi Tuan Rumah Dialog Partai Politik Asia - Afrika

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan kesiapan partainya untuk menjadi tuan rumah dialog partai politik se-Asia dan Afrika.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Survei: Puan Maharani, Peringkat Teratas Calon Pemimpin 2024

Tiga politikus muda dari PDIP masuk dalam posisi lima besar yaitu Puan Maharani, Ganjar Pranowo, dan Budiman Sudjatmiko.

POLITIK | 3 Maret 2021

KLB Partai Demokrat Bisa Munculkan Dualisme Kepengurusan

Secara politik, KLB Partai Demokrat bisa dilakukan jika sebagian besar pengurus di daerah meminta atau mengeluarkan surat diadakannya kongres

POLITIK | 3 Maret 2021

Indo Barometer: Secara Politik, KLB Partai Demokrat Bisa Digelar

Partai Demokrat hingga saat ini terus dirundung isu atau wacana pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB).

POLITIK | 3 Maret 2021

Ibas: Meski "Kecil", Hadirnya IKM Penting untuk Perekonomian Negara

Kehadiran Industri Kecil dan Menengah (IKM) bagi perekonomian negara sangatlah penting.

POLITIK | 3 Maret 2021

Ketua MPR: Kebutuhan Miras Selama Ini Dipenuhi Impor

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi Presiden Jokowi yang mencabut lampiran Perpres Nomor 10 Tahun 2021 terkait investasi miras.

POLITIK | 3 Maret 2021

Mantan Wakil Ketua DPD Kaltim Dukung KLB Demokrat

Rahmadi Kasim, mendukung sepenuhnya pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat.

POLITIK | 3 Maret 2021

PAN Beri Apresiasi Jokowi Cabut Aturan Investasi Miras

PAN mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mencabut dan membatalkan lampiran Perpres 10/2021

POLITIK | 2 Maret 2021

M Qodari: Cabut Aturan Investasi Miras, Jokowi Tunjukkan Sikap Demokratis

M Qodari mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo memastikan mencabut peraturan tentang penanaman modal yang melegalkan Miras.

POLITIK | 2 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS