Logo BeritaSatu

DPD: Sumatera Barat Layak Menjadi Daerah Istimewa Minangkabau

Sabtu, 13 Maret 2021 | 19:42 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Saat ini muncul wacana agar Sumatera Barat (Sumbar) menjadi Daerah Istimewa Minangkabau. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Sultan Bachtiar Najamudin mendukung penuh usulan tersebut. Melalui keterangannya, Sabtu (13/03/2021), senator asal Bengkulu yang memiliki darah Minang tersebut menanggapinya dengan sukacita.

“Saya kira Sumbar layak menjadi Daerah Istimewa. Dalam perjalanan bangsa Indonesia, baik pada masa prakemerdekaan ataupun pascaproklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Sumbar memiliki peran strategis dalam perjalanan kehidupan diruang kebangsaan serta kenegaraan kita. Wilayah Bukit Tinggi, Sumatera Barat pernah menjadi ibu kota pemerintahan darurat Republik Indonesia,” kata Najamudin.

Najamudin menyatakan perubahan status menjadi Daerah Istimewa juga dapat menjadi bentuk penghargaan kepada masyarakat Minang terhadap peran besarnya dalam sejarah Indonesia.

“Ada 15 tokoh Minang yang diangkat menjadi pahlawan nasional. Mereka memiliki peran besar terhadap perjalanan sejarah kita. Ada Tan Malaka, Sutan Sjahrir, H Abdul Muis, H Agus Salim, Tuanku Imam Bonjol, M Yamin, Rasuna Said, dan lainnya. Semua berasal dari daerah Sumatera Barat, bahkan Wakil Presiden pertama M Hatta berasal dari sana,” ungkap Najamudin.

Naskah akademik yang disusun oleh tim kerja Badan Persiapan Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (BP2DIM) telah rampung. Penggantian nama daerah sudah termuat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemberian Nama Daerah, Pemberian Nama Ibu Kota, Perubahan Nama Daerah, Perubahan Nama Ibu Kota, dan Pemindahan Ibu Kota.

“Tinggal lagi pemerintah daerah atau kelompok masyarakat yang mengajukan perubahan nama menjadi Daerah Istimewa Minangkabau dapat menikuti mekanisme aturan yang berlaku. Saya yakin Bapak Presiden Jokowi akan sangat antusias terhadap wacana ini,” ujar Najamudin.

Menurut Najamudin, Minangkabau kerap merujuk pada kelompok etnis dan kultural secara spesifik atau bukan merujuk pada kota tertentu. Sementara wilayah penyebaran masyarakat Minang. dominan di Sumbar serta mencakup Riau, bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, pantai barat Sumatera Utara, Aceh, dan Negeri Sembilan Malaysia.

Sumatera Barat yang didominasi etnis Minangkabau adalah salah satu wilayah yang masih hidup dengan mempertahankan nilai serta tradisi budaya yang ada, termasuk sistem adat budaya sendiri dalam pemerintahan non formal atau nagari,” kata Najamudin.

“Hal ini adalah kekayaan bangsa yang mesti harus dijaga serta dilestarikan ditengah gempuran globalisasi bersama nilai-nilai liberal nya. Melalui perubahan nama menjadi Daerah Istimewa, tentu kita berharap Sumatera Barat dapat menjadi salah satu simbol kearifan budaya Indonesia,” demikian Najamudin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus KDRT, Komnas Perempuan Tidak Lakukan Pendampingan kepada Lesti Kejora

Komnas Perempuan tidak melakukan pendampingan terhadap kasus KDRT yang dialami oleh Lesti Kejora, yang diduga dilakukan suaminya Rizky Billar.

NEWS | 6 Oktober 2022

Kondisi Psikis Rizky Billar Terganggu Akibat Kecaman Netizen

Kondisi psikis Rizky Billar terganggu akibat kecaman netizen terkait dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan terhadap istrinya, Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

Kemendikbudristek dan Kementerian BUMN Kolaborasi Ciptakan Ekosistem Riset

Kemendikbudristek bersama Kementerian BUMN bersinergi meluncurkan program KeRIs BUMN, Rabu (5/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

Pengacara: Tuduhan KDRT terhadap Rizky Billar Berlebihan

Artis Rizky Billar membantah telah melakukan kekerasan dalam rumah tangga KDRT kepada sang istri, Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

WHO Peringatkan, Produk Obat Sirup India Terkait 66 Kematian Anak di Gambia

WHO mengeluarkan peringatan produk medis empat obat sirup buatan India di Gambia dikaitkan dengan 66 kematian anak di negara itu.

NEWS | 6 Oktober 2022

Rizky Billar Tak Penuhi Panggilan Polisi

Rizky Billar tidak memenuhi panggilan polisi karena sakit. Rizky sedianya diperiksa terkait KDRT terhadap istrinya, Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

KPK Tak Segan Jemput Paksa Anak dan Istri Lukas Enembe jika Mangkir Lagi

KPK menegaskan tidak akan segan menjemput paksa anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe jika mereka kembali mangkir dari pemeriksaan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Video Polisi Jilat Kue HUT TNI, Ini Respons Pangdam Kasuari

Video polisi jilat kue HUT TNI viral di medsos. Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga telah meminta maaf terkait ulah politi tersebut.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ferdy Sambo Minta Maaf ke Keluarga Brigadir J, Kamaruddin: Itu yang Ditunggu

Ferdy Sambo meminta maaf kepada keluarga Brigadir J.  Kamaruddin Simanjuntak mengatakan, permintaan maaf itu telah ditunggu-tunggu sejak awal.

NEWS | 6 Oktober 2022

Puan Maharani Bicara Hubungan Harmonis RI-Rusia

Ketua DPR Puan Maharani berbicara mengenai hubungan harmonis RI dan Rusia yang terbangun selama 70 tahun.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus KDRT, Komnas Perempuan Tidak Lakukan Pendampingan kepada Lesti Kejora

Kasus KDRT, Komnas Perempuan Tidak Lakukan Pendampingan kepada Lesti Kejora

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings