Logo BeritaSatu

Pilpres 2024, Airlangga Hartarto Miliki Dua Keunggulan untuk Jadi Capres

Kamis, 1 April 2021 | 19:24 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum (ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki dua keunggulan untuk menjadi calon presiden (capres), dibandingkan kandidat lain pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (pilpres) 2024. Menurut peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes, Airlangga memiliki modal koneksi politik yang baik di level elite.

Selain itu, Airlangga juga mempunyai jejaring yang cukup baik di level elite politik dan ekonomi. Arya menambahkan, Airlangga juga memiliki rekam jejak di legislatif, karena pernah menjadi anggota DPR. Sementara di bidang ekonomi, Airlangga pernah menjabat sebagai ketua Asosiasi Emiten Indonesia.

“Jadi saya kira dia punya koneksi yang bagus dan yang kedua punya sokongan partai. Dua hal itu di sejumlah calon belum dimiliki,” kata Arya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Akan tetapi, Arya menyatakan, Airlangga mempunyai pekerjaan rumah untuk dapat meningkatkan popularitasnya dalam skala nasional.

“Beliau punya tantangan dalam hal meningkatkan popularitas, tetapi calon-calon lain punya tantangan juga, misal yang populer tidak punya koneksi di level high politic terbatas. Tidak bisa mengakses tokoh-tokoh penting di partai atau tidak punya sokongan partai,” ucap Arya.

Airlangga dalam beberapa pekan terakhir melakukan safari politik dengan bertemu para ketum partai politik antara lain Surya Paloh (Partai Nasdem), Prabowo Subianto (Partai Gerindra) dan Suharso Monoarfa (Partai Persatuan Pembangunan).

“Saya kira Pak Airlangga Hartarto membuka komunikasi ke banyak partai membuka kemungkinan partai mana yang bisa berkoalisi,” imbuh Arya.

Menurut Arya, kecil kemungkinan Airlangga dicalonkan menjadi capres jika berkoalisi dengan Gerindra. Sebab Gerindra tampaknya akan mengusung Prabowo.

“Saya kira untuk Golkar-Gerindra ya ada peluang, tetapi kecil, karena Gerindra punya ambisi mencalonkan pak Prabowo,” kata Arya.

Arya melihat terdapat empat poros yang nantinya akan berkontestasi pada Pilpres 2024, yakni poros PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, dan Nasdem.

“Jadi ada empat poros yang aktif melakukan komunikasi. Masih sangat panjang, fluktuatif, bisa saja porosnya berubah. Saya sepakat calon lebih dari dua, sehingga kandidat termotivasi untuk berkompetisi,” kata Arya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

Pemkot Bogor ingin ada kajian bersama dengan daerah penyangga terkait rencana perubahan jam kerja sebagai upaya mengatasi kemacetan di DKI.

NEWS | 25 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022

32 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 32 orang.

NEWS | 25 September 2022

Puisi Terakhir Karya Prof Samekto Dibacakan, Pelayat Menitikkan Air Mata

Saat puisi terakhir karya Prof Samekto dibacakan, para pelayat menitikkan air mata. Samekto Wibowo meninggal karena terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022

Guru Besar UGM Meninggal Terseret Ombak, Ini Imbauan BNPB

Terkait periwisata guru besar UGM yang meninggal terseret ombak, BNPB mengingatkan masyarakat terkait keamanan berwisata di pantai.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings