Mengenang Daniel Dhakidae, Salah Seorang Legenda LP3ES
Logo BeritaSatu

Mengenang Daniel Dhakidae, Salah Seorang Legenda LP3ES

Kamis, 8 April 2021 | 19:14 WIB
Oleh : Fana F Suparman / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat terbesar di Indonesia yang kaya pengalaman dan kompetensi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan penerbitan, penelitian serta pendidikan politik dan sosial ekonomi.

Lembaga ini konsisten menggelar diskusi mengenai kondisi politik, sosial dan ekonomi melalui Forum 100 Ilmuwan Sosial Politik. Namun, berbeda dengan diskusi yang digelar sebelumnya, seri diskusi ke-24 bertema "Mengawal Reformasi Partai Politik: Peluang dan Tantangan" yang digelar secara daring pada Kamis (8/4/2021) diawali dengan berita duka. Daniel Dhakidae pengasuh majalah akademik Prisma yang diterbitkan LP3ES meninggal dunia pada Selasa (6/4/2021) kemarin.

Direktur Center for Media and Democracy LP3ES, Wijayanto mengawali diskusi hari ini ini dengan mengenang almarhum Daniel Dhakidae yang telah menginspirasi LP3ES untuk menggelar sejumlah kegiatan, termasuk forum 100 ilmuwan. Wijayanto menyebut Daniel sebagai salah seorang legenda di LP3ES.

"Doa untuk bang Daniel Dhakidae. Pengasuh Prisma. Salah satu legenda di LP3ES," kata Wijayanto.

Sehari sebelum mendengar kabar meninggalnya Daniel, Wijayanto mengaku sempat membaca-baca majalah Prisma edisi lama, termasuk edisi tahun 1978. Dalam volume berjudul "Etos Kerja Bangsa Kita" itu, terdapat sejumlah tokoh yang menyumbang tulisan untuk Prisma, seperti filsuf Franz Magnis Suseno; pendekar hukum Indonesia Satjipto Rahardjo; dan jurnalis legenda Mochtar Lubis. Foto ketiga tokoh itu masih terlihat sangat muda dan Daniel saat itu telah menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Prisma.

"Lalu kemudian yang saya terkejut ketika saya membuka halaman depan, saya menemukan ternyata Dewan Redaksi-nya sudah Daniel Dhakidae. Jadi bang Daniel sudah menjadi Pemred Prisma ini sejak tahun 1978," tutur Wijayanto.

Dengan demikian, Daniel menjadi tokoh di balik keberhasilan Prisma menjadi majalah akademik legenda Indonesia hingga berhenti terbit pada 1998 dan kembali menjadi Pemred saat Prisma terbit lagi pada 2009 lalu.

"Kita tahu kemudian setelah Reformasi bang Daniel kembali jadi Pemred. Ketika saya masih mahasiswa dulu Prisma adalah suatu legenda. Bisa menenteng majalahnya adalah satu hal yang sangat menjadi kebanggaan," katanya.

Wijayanto menuturkan, seri diskusi hari ini yang mengangkat tema tentang reformasi partai politik sangat berhubungan erat dengan Daniel. Salah satu pernyataan Daniel yang menyebut demokrasi Indonesia saat ini putar balik ke arah otoriterisme menginspirasi Ketua Dewan Pengurus LP3ES, Didik J Rachbini untuk mencantumkannya dalam Kata Pengantar buku "Outlook Demokrasi LP3ES: Menyelamatkan Demokrasi" yang dipaparkan kepada para peserta Sekolah Demokrasi angkatan pertama pada Februari 2020 lalu.

"Jadi kita menemukan satu frase untuk merangkum apa yang sesungguhnya terjadi," katanya.

Saat penerbitan buku itu, kata Wijayanto, demokrasi di Indonesia dalam kondisi kritis. DPR dan pemerintah ngotot untuk merevisi UU KPK di tengah aksi unjuk rasa berbagai elemen masyarakat sipil dan mahasiswa di sejumlah daerah.

"Sekolah Demokrasi angkatan satu itu muncul dari kesadaran bahwa dari studi kita, kita melihat situasi demokrasi yang mengalami kemunduran bahkan putar balik ke arah otoriterisme itu tidak mungkin untuk kita benahi tanpa merangkul kawan-kawan partai politik," kata Wijayanto yang juga Kepala Sekolah Demokrasi LP3ES.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Demokrat Kubu Moeldoko Optimistis Menangi Gugatan

Partai Demokrat kubu Moeldoko memutuskan menggugat Partai Demokrat pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Pengadilan Negeri dan PTUN

POLITIK | 8 April 2021

Pansus RUU Otsus Papua Berencana Ambil Keputusan di Paripurna 15 Juli 2021

Pansus Revisi UU Otsus Papua sepakat dengan pemerintah untuk melanjutkan proses pembahasan hingga berencana mengambil keputusan pada paripurna Juli mendatang

POLITIK | 8 April 2021

Revisi UU Otsus Papua, Pemerintah Usul Skema Alternatif Pemekaran Wilayah

Tito Karnavian mengatakan, pemerintah menerima banyak aspirasi dari masyarakat Papua untuk pemekaran wilayah.

POLITIK | 8 April 2021

Pemerintah Ingin Ubah Skema Dana Otsus Papua Lewat Revisi UU

Melalui revisi UU Otsus Papua, pemerintah tak sekadar menambah dana demi pembangunan wilayah, namun juga memastikan efektivitas pembangunan di sana

POLITIK | 8 April 2021

Revisi UU Otsus Papua, Mendagri: Perbaikan Tata Kelola Jadi yang Utama

Sasaran utama Revisi Undang-Undang (RUU) Otonomi Khusus (Otsus) Papua adalah perbaikan tata kelola dan peningkatan kesejahteraan masyarakat

POLITIK | 8 April 2021

Legislator Minta Kandidat Dewas LPP RRI Tidak Bermasalah Hukum

Komisi I telah berkomitmen untuk tidak meloloskan kandidat Dewan Pengawas LPP RRI yang memiliki masalah hukum.

POLITIK | 8 April 2021

Dilantik di Meikarta, Ini Jajaran Kepengurusan Alumnas Periode 2021-2026

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly sebagai Ketua Dewan Penasehat Internasional dan Menristek Bambang Brodjonegoro selaku wakil ketua.

POLITIK | 8 April 2021

Keamanan Galon Guna Ulang, Komisi IX Dukung Kebijakan BPOM

Menurut Komisi IX BPOM telah melakukan sesuatu yang profesional dalam kebijakan yang dikeluarkan mengenai keamanan Bisfenol A dalam galon guna ulang AMDK.

POLITIK | 8 April 2021

Pendapatan Taman Mini Minus Jadi Alasan Yayasan Harapan Kita Tak Setor ke Kas Negara

Ketika ditanya alasan pengambilalihan pengelolaan TMII baru dilakukan sekarang, Setya tidak mau berkomentar lebih lanjut.

POLITIK | 8 April 2021

Setneg Jelaskan Alasan Pengambilalihan Taman Mini dari Yayasan Keluarga Seoharto

Perpres itu menegaskan penguasaan dan pengelolaan TMII oleh Kementerian Sekretariat Negara serta berakhirnya pengelolaan oleh Yayasan Harapan Kita.

POLITIK | 7 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS