Logo BeritaSatu

Menantu Amien Rais Jadi Ketum Partai Ummat, Politikus PAN Sindir Oligarki

Jumat, 30 April 2021 | 13:26 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus, menyindir hawa oligarki di tubuh Partai Ummat yang dideklarasikan Amien Rais. Sebab, menantu Amien, Ridho Rahmadi, didapuk menjadi Ketua Umum Partai Ummat. Sementara Amien Rais sendiri menjadi Ketua Majelis Syuro.

Menurut Guspardi, dirinya tidak secara gamblang menuding Partai Ummat sudah mempraktikkan gaya oligarki sejak dideklarasikan. Dirinya hanya mengatakan bahwa masyarakat bisa menilai sendiri.

"Karena ini menantu Pak Amien, masyarakat akan menilai apakah praktik oligarki atau partai dibentuk dalam sistem kerajaan telah berlaku pada Partai Ummat. Tentu masyarakat sudah cerdas, kita persilakan masyarakat menilai," kata Guspardi, Jumat (30/4/2021).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Ridho lebih dikenal sebagai ahli di bidang science data, machine learning, dan secara khusus dalam konteks pemodelan kausal. Ia juga tercatat sebagai staf pengajar di Teknik Informatika, Universitas Islam Indonesia (UII) sejak 2009.

"Sebelum jadi Ketum Ummat, sudah banyak berita yang mengatakan bahwa Mas Ridho adalah menantu Pak Amien, seorang doktor Phd bidang IT dan dosen di UII. Semua orang itu sudah mengetahui dan memahami, tentu bagaimana respons masyarakat terhadap partai yang didirikan oleh Pak Amien, tentu silakan masyarakat yang menilai," jelasnya.

Lebih lanjut, Guspardi menegaskan bahwa partainya tidak terganggu atau merasa tersaingi dengan kehadiran Partai Ummat. PAN mengakui setiap warga negara berhak mendirikan sebuah partai. Yang ditunggu adalah bagaimana kemampuan Partai Ummat menjadi suatu organisasi politik yang mampu mewadahi aspirasi masyarakat lewat pemilu.

Guspardi mengingatkan bahwa syarat untuk menjadi peserta pemilu tidak mudah. Apalagi untuk sampai mendapat kursi di DPR di Senayan.

"Ini bagian aktualisasi daripada demokrasi. Cuma untuk menjadi peserta pemilu tentu harus dipenuhi pula persyaratan-persyaratan untuk menjadi partai politik peserta pemilu," kata Guspardi.

"Setelah itu ada lagi langkah lain, untuk bisa berada di senayan harus bisa memenuhi parliamentary threshold, dan biasanya partai baru sulit dan susah untuk bisa capai hal demikian," tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Jenderal Polri Dimutasi Jadi Widyaiswara, Apa Itu?

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi dua jenderal Polri, yakni Brigjen Pol Rudi Pranoto dan Brigjen Pol Darmawan. Ini pengertian Widyaiswara.

NEWS | 26 September 2022

KPK Sayangkan Kuasa Hukum Ungkap Tambang Emas Lukas Enembe ke Publik

KPK menyayangkan langkah kuasa hukum Gubernur Papua, Lukas Enembe yang hanya mengungkapkan kepemilikan tambang emas kliennya ke publik.  

NEWS | 26 September 2022

Legislator Minta Kemendikbudristek Perbaiki RUU Sisdiknas

Anggota Komisi X DPR, Fahmi Alaydroes meminta Kemendikbudristek memperbaiki RUU Sisdiknas dengan melibatkan semua stakeholder.

NEWS | 26 September 2022

Jenderal Dudung Beri Hormat kepada Jenderal Andika Usai Rapat di Komisi I DPR

Usai rapat dengan Komisi I DPR, Kasad Jenderal Dudung Abdurachman memberikan salam hormat kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

NEWS | 26 September 2022

Penembakan di Sekolah Rusia, 13 Orang Tewas

Pelaku kemudian tewas bunuh diri dan dia diidentifikasi sebagai alumni sekolah tersebut.

NEWS | 26 September 2022

Pelonggaran Mobilitas, Satgas Covid-19: Tetap Wajib Masker

Satgas Covid-19 menyebut penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker  atau aturan wajib masker harus tetap diterapkan atau diberlakukan.

NEWS | 26 September 2022

BRIN Merancang Sepeda Motor Listrik Ramah Disabilitas

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) merancang ulang sepeda motor listrik roda tiga agar dapat digunakan kaum disabilitas untuk berjualan keliling.

NEWS | 26 September 2022

Update Covid-19: Kasus Positif Hari Ini Bertambah 1.344

Update Covid-19 pada hari ini, Senin (26/9/2022), kasus positif mengalami kenaikan sebanyak 1.344.  Total kasus konfirmasi positif 6.423.873.

NEWS | 26 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi, Pengirim Paket Berstatus Saksi

Pria di Kabupaten Indramayu pengirim paket yang menjadi sumber ledakan di Asrama Polisi (Aspol), Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, berstatus sebagai saksi.

NEWS | 26 September 2022

Polres Subang Selidiki Terkait Temuan Tengkorak Manusia

Polres Subang masih menyelidiki terkait dengan temuan kerangka dan tengkorak manusia utuh di perkebunan tebu, Desa Gembor, Kecamatan Pagaden.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Jenderal Polri Dimutasi Jadi Widyaiswara, Apa Itu?

2 Jenderal Polri Dimutasi Jadi Widyaiswara, Apa Itu?

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings