Logo BeritaSatu

Ingatkan Bahaya Global Warming, Wapres Harap Ulama Jadi Pelopor Green Economy

Jumat, 30 April 2021 | 14:11 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / JEM

Jakarta, Beritasatu,comWakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menyampaikan harapannya agar para ulama menjadi pelopor ekonomi hijau yang menjaga keseimbangan lingkungan. Sehingga tak banyak terjadi dampak berupa bencana alam terjadi di Indonesia. Bahkan Alquran juga sejalan dengan hal tersebut.

Menurut Wakil Presiden Ma'ruf Amin, keseimbangan ekosistem lingkungan harus terjaga. Apabila terganggu, maka musibah dalam bentuk bencana alam akan terus terjadi.

Untuk itu konsep Ekonomi Hijau atau Green Economy harus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat, termasuk para ulama.

“Kita sebagai umat Islam sudah seharusnya menjadi bagian penting, dalam upaya mewujudkan Green Economy ini. Saya berharap para ulama dapat menjadi pelopor dan penggerak konsep Ekonomi Hijau,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dalam keterangannya, Jumat (30/4/2021).

Wapres menjelaskan, Green Economy adalah suatu model ekonomi yang dibangun di atas dasar kesadaran akan pentingnya pelestarian ekosistem. Kegiatan ini menyeimbangkan aktivitas manusia sebagai pelaku ekonomi, dengan ketersediaan sumber daya alam yang terbatas.

Dalam ajaran Islam, konsep tersebut merupakan salah satu bentuk pengamalan ajaran Alquran. Sebab, di dalam Alquran memuat beragam petunjuk kehidupan. Di antaranya adalah semangat untuk menjaga perdamaian dan keseimbangan alam, termasuk dalam pemanfaatan alam oleh manusia.

Untuk itu, Wapres menghimbau agar seluruh umat manusia dapat berperan aktif untuk menjaga alam.

“Kita tidak boleh abai atau lengah dengan aktivitas eksplorasi ekonomi yang dilakukan segelintir orang yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan," kata Wapres.

"Kita harus lebih aktif melakukan berbagai upaya dan ikhtiar agar aktivitas yang menyebabkan kerusakan lingkungan dapat segera dihentikan. Sehingga alam yang kita tempati ini bisa kita rawat dan nikmati secara berkelanjutan, dari satu generasi ke generasi berikutnya,” tambah Wapres.

Wapres juga mengingatkan, bahwa pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan dan tidak terkendali akan mengganggu serta merusak kelestarian dan keberlanjutannya.

Apabila hal ini terjadi secara terus menerus dalam jangka panjang, akan memicu terjadinya perubahan iklim (climate change).

"Yang dampaknya akan merugikan umat manusia sebagaimana peringatan Allah dalam Alquran, wa laa tufsiduu fil ardhi ba’da ishlahiha. Yang artinya, 'Dan janganlah kamu mengadakan kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya'," terang Wapres.

Wapres pun mencontohkan, sebagian bencana alam terjadi adalah akibat dari perbuatan manusia yang melakukan eksplorasi alam tanpa batas.

“Adanya banjir, tanah longsor [terjadi] akibat penggundulan hutan, penyalahgunaan lahan, dan penebangan liar. Berbagai bencana tersebut telah menimbulkan korban harta benda dan jiwa manusia yang tidak kecil jumlahnya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, menurut Wapres, harus ada upaya konkret, untuk mencegah setiap tindakan pelanggaran eksplorasi alam dan pengetatan hukum yang jelas.

Wapres terbuka menyatakan bersyukur telah ada kesadaran global untuk memperbaiki kondisi lingkungan yang dituangkan dalam Paris Agreement atau Perjanjian Paris tahun 2019. Isinya antara lain memuat komitmen setiap negara dalam mengambil langkah-langkah nasional untuk menurunkan emisi karbon.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings