Logo BeritaSatu

Ma'ruf Amin Minta Peta Jalan Reformasi Birokrasi Segera Dievaluasi

Kamis, 10 Juni 2021 | 18:48 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAR

Jakarta, Beritasatu.comWakil Presiden (wapres) Ma'ruf Amin meminta agar peta jalan reformasi birokrasi dievaluasi. Apabila ada yang memang harus direvisi, menurut Ma'ruf, maka langkah itu harus dilakukan.

Hal itu disampaikan Ma'ruf, karena merasa keluhan masyarakat terhadap kinerja birokrasi hingga kini masih terjadi, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19. Sebagai contoh, berlarutnya masalah dalam bidang sosial dan perizinan memperlihatkan ketidaksiapan birokrasi menghadapi pandemi.

Untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi, Ma'ruf meminta peta jalan reformasi birokrasi agar dievaluasi secara matang dan akurat.

“Saya ingin roadmap (peta jalan), kalau memang masih relevan kita teruskan. Kalau memang perlu ada direvisi, barangkali perlu direvisi supaya lebih tepat. Atau mungkin perlu penyesuaian atau adjustment,” kata Ma'ruf saat menerima audiensi Sekretaris Eksekutif Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) Eko Prasojo, Kamis (10/6/2021).

Ma'ruf menginginkan agar pelaksanaan reformasi birokrasi dapat terlihat progresnya. Ma'ruf mendorong reformasi birokrasi tidak berhenti pada tahap desain, tetapi harus diikuti langkah nyata.

“Kemudian yang kedua, kita ini sudah sampai dimana? Saya ingin pastikan capaian-capaian ini sudah dimana dari masing-masing yang kita inginkan itu dari target-target yang ingin dicapai itu,” kata Ma'ruf.

Lebih lanjut, Ma'ruf juga meminta reformasi birokrasi tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar terus dipercepat. Hal ini untuk menghindari ketimpangan pembangunan antardaerah.

“Saya minta, kita mendorong Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk melakukan langkah-langkah percepatan,” ujar Ma'ruf.

Ma'ruf berharap kolaborasi dan sinergi antarlembaga terkait dengan pelaksanaan reformasi birokrasi, terjalin secara efektif. Adapun bentuk koordinasinya, Ma'ruf meminta dilakukan tidak dalam kelompok-kelompok yang terlalu besar, tetapi terperinci sesuai fokus permasalahannya.

“Tidak apa-apa meskipun rapat berkali-kali, tetapi sasarannya tercapai,” ucap Ma'ruf.

Sementara itu, Eko menyampaikan laporannya bahwa fokus pertama KPRBN tahun ini adalah penataan struktur organisasi yang menjadi prioritas presiden, yaitu pengalihan pejabat eselon III dan IV menjadi pejabat fungsional tertentu. Fokus kedua yaitu mempercepat proses digitalisasi pelayanan publik dengan tema-tema tertentu.

“Dua program itu yang akan menjadi prioritas, paling tidak untuk dilaksanakan pada tahun ini,” ujar Eko.

Selanjutnya, KPRBN juga akan mendesain birokrasi kementerian/ lembaga dan pemerintah daerah yang modern dan lincah dengan sumber daya manusia yang memiliki fleksibilitas tinggi, sehingga dapat berkarir tidak hanya di satu tempat.

“Supaya orang tidak berkarir di satu tempat saja. Jadi, seperti auditor, akuntan, analis kebijakan nanti tidak hanya berkarir di satu kementerian tetapi dia bisa berputar di banyak kementerian,” kata Eko.

Eko menyebut KPRBN akan terus mendorong implementasi collaborative working seperti dalam penanganan kemiskinan, khususnya harmonisasi anggaran antar kementerian dan lembaga.

“Nanti kami akan memberikan semacam rekomendasi kebijakan kepada Pak Wapres,” ujar Eko.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Presiden Jokowi Perintahkan Mahfud MD Reformasi Hukum

Presiden Jokowi memerintahkan Menko Polhukam Mahfud MD untuk mereformasi hukum menyusul OTT hakim agung MA Sudrajad Dimyati oleh KPK. 

NEWS | 26 September 2022

Ancaman Perang Nuklir, Zelensky Yakin Rusia Tak Hanya Menggertak

Volodymyr Zelensky meyakini pihak Rusia sudah bukan lagi melakukan gertak untuk melakukan perang nuklir, dan ancaman itu bisa menjadi kenyataan.

NEWS | 26 September 2022

Soal Dudung-Effendi Simbolon, Ini Saran KH Marsudi Syuhud

Tokoh nasional KH Marsudi Syuhud meminta semua elemen negara untuk lebih menahan diri dan tidak saling menyudutkan.

NEWS | 26 September 2022

Anies: Saringan Sampah Ciliwung Kurangi Beban Manggarai

Fasilitas penyaringan sampah yang ditempatkan di Kali Ciliwung mampu mengurangi beban sampah di Pintu Air Manggarai secara signifikan.

NEWS | 26 September 2022

Ledakan di Aspol Sukoharjo, Dugaan Kelalaian Didalami

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi belum bisa memastikan kemungkinan adanya unsur kelalaian dalam peristiwa ledakan di sekitar Asrama Polisi (Aspol)

NEWS | 26 September 2022

CSIS: Jika Head to Head di Pilpres 2024, Anies Kalahkan Ganjar dan Prabowo

Survei CSIS menunjukkan bahwa Anies Baswedan memenangi pertarungan pilpres 2024 saat head to head dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto

NEWS | 26 September 2022

Menlu Retno dan Menkes Ethiopia Bahas Vaksinasi Global Covid-19

Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse Gebremedhin membahas perkembangan vaksinasi global Covid-19.

NEWS | 26 September 2022

Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Proses Hukum di KPK

Presiden Jokowi meminta Gubernur Papua, Lukas Enembe menghormati proses hukum yang berjalan di KPK. termasuk menghadiri pemanggilan pemeriksaan dari KPK. 

NEWS | 26 September 2022

KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

KPK menjadwalkan memeriksa anggota DPR dari Fraksi PKB, Sofyan Ali terkait pengembangan kasus suap pembahasan RAPBD Provinsi Jambi. 

NEWS | 26 September 2022

DKI Tambah 1 Lagi Fasilitas Penyaringan Sampah pada 2023

DKI menambah satu lagi fasilitas penyaringan sampah sungai yang akan ditempatkan di Kali Pesanggrahan

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Najwa Shihab Raih Penghargaan, Nikita Mirzani Sewot

Najwa Shihab Raih Penghargaan, Nikita Mirzani Sewot

LIFESTYLE | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings