Logo BeritaSatu

Muzani Bicara Pentingnya Penguatan Empat Pilar Kebangsaan

Rabu, 1 September 2021 | 11:45 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Tulang Bawang, Beritasatu.com - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di dua lokasi di Provinsi Lampung. Titik pertama acara sosialisasi 4 pilar dilaksanakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat dan titik kedua dilaksanakan di Kota Bumi, Lampung Utara.

Muzani menyampaikan pentingnya penguatan serta pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Advertisement

"Sebagai warga negara Indonesia, kita harus memahami empat pilar kebangsaan kita yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Serta pentingnya penguatan agar kita bisa menerapkan itu dalam kehidupan keseharian kita," kata Muzani, Rabu (1/9/2021).

Muzani menjelaskan, kemajemukan dan toleransi yang ada di Lampung telah menunjukkan bahwa warga Lampung menjujung tinggi empat pilar kebangsaan. Hal itu terbukti dari ragam budaya dan suku yang ada di Lampung.

"Kalau mau lihat bukti empat pilar kebangsaan diterapkan dan dijalankan dengan baik, itu ada di Lampung. Warga Lampung sangat terbuka. Warga Lampung menerima semua suku mulai dari Jawa, Bali, Sunda, dan Palembang. Semua ada di sini. Itu bukti bahwa warga Lampung sudah menjalankan empat pilar kebangsaan," ujar Muzani.

Jika warga Lampung tidak memahami empat pilar kebangsaan, tidak mungkin mereka dapat menerima pendatang dari berbagai wilayah. Semua suku yang ada di Lampung terbukti dapat menjalin silaturahmi yang baik.

"Itulah kenapa kedaiaman bisa tercipta di tengah masyarakat Lampung yang beragam. Di pasar kita lihat ada suku Jawa, Bali, Padang, Palembang, semua berbaur dan saling menjaga ketertiban dan menghormati satu sama lain," jelasnya.

Sementara di Kota Bumi, Muzani didampingi oleh Camat, Kapolres, dan pejabat daerah setempat. Dalam acara itu juga Muzani menyampaikan pesan agar masyarakat Indonesia harus bercermin pada toleransi keberagaman yang tinggi antar masyarakat yang ada di Lampung. Sehingga pembangunan di Lampung tetap berjalan ke arah yang lebih baik.

"Persatuan menciptakan perdamaian. Sementara perdamaian menjadi syarat pembangunan. Kita bersyukur di negara yang kita citai ini persatuan bisa dijunjung tinggi dan perdamaian bisa dirasakan. Akibatnya pembangunan berdampak bagi kemajuan dan kebaikan masyarakat," ujar Muzani.

Lantas, Muzani memberikan contoh negara-negara di dunia yang gagal menjaga persatuan dan kesatuan. Kegagalan itu menyebabkan tidak adanya pembangunan negara, sehingga yang terjadi hanya sebuah kemunduran.

"Lihatlah negara-negara yang kini tidak mampu menjaga persatuan dan kedamaian. Mereka tidak bisa berbuat untuk rakyatnya. Apalagi membangun negaranya, karena masih terus bergelut dengan pergulatan politik yang menyebabkan negara itu tidak ada persatuan dan kesatua. Contoh yang nyata Afghanistan, Libya, Yaman dan Suriah yang masih terus terjadi perang saudara," papar Muzani.

"Kami merasa bangga dan bersyukur tradisi saling menghormati satu sama lain terjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Lampung adalah salah satu contoh bagaimana mereka bisa menerima perbedaan dari suku lain dan menganggapnya sebagai saudara. Sehingga Lampung kini bisa tetap bersatu, damai, dan aman. Kini kita harus terus membangun negara agar kemajuan dan keadilan sosial dapat terwujud dalam kehidupan bermasyarakat kita. Kami percaya bahwa kita sedang menuju ke sana," tutup Ketua Fraksi Gerindra di DPR itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Kanker Anak di Indonesia, Leukemia Masih Dominan

Saat ini, leukemia masih menjadi jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak di Indonesia.

NEWS | 4 Februari 2023

Cuaca Buruk, Nelayan Hilang di Perairan Laut Karawang

Seorang nelayan, Zakaria dikabarkan hilang saat mencari ikan di perairan pantai utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Saat melaut, tengah terjadi cuaca buruk.

NEWS | 4 Februari 2023

Ini Berbagai Tantangan Pengobatan Kanker Anak

Pengobatan kanker anak di Indonesia saat ini masih menghadapi sejumlah tantangan, utamanya dari sisi jumlah tenaga kesehatan dan juga fasilitas kesehatan.

NEWS | 4 Februari 2023

Jembatan di Kupang Putus Dihantam Banjir Bandang, Aktivitas Warga Lumpuh

Jembatan Kapsali di Desa Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) putus dihantam banjir bandang.

NEWS | 4 Februari 2023

Sejumlah Rumah di Cibitung Bekasi Teremdam Banjir Selama 1 Pekan

Sejumlah rumah warga di Kampung Utan, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terendam air 30 sentimeter selama 1 pekan terakhir.

NEWS | 4 Februari 2023

2023, DKI Targetkan Pasang Patok Batas 3.000 Bidang Tanah

DKI Jakarta menargetkan bisa memasang patok batas 2.000 hingga 3.000 bidang tanah dalam Gemapatas pada tahun 2023 ini.

NEWS | 4 Februari 2023

Penyakit Kanker Masih Pemicu Kematian Tertinggi di Dunia

Provinsi Sumatara Utara menjadi tuan rumah peringatan Hari Kanker Sedunia Tingkat Nasional 2023 yang digelar pada 4-5 Februari 2023.

NEWS | 4 Februari 2023

Cuaca Ekstrem, Dua Jalur Penyeberangan NTT Ditutup

Dua jalur penyeberangan dari Kupang ke dua daerah di wilayah Nusa Tenggara Timur sementara ditutup akibat cuaca ekstrem di NTT.

NEWS | 4 Februari 2023

Hutan Kota Pakansari, Wujud Program Pelestarian Lingkungan

Hutan Kota Pakansari yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor merupakan wujud dari program kolaborasi hijau sebagai bentuk pelestarian lingkungan.

NEWS | 4 Februari 2023

Libur Akhir Pekan, 21.000 Pengunjung Padati Ragunan

Sebanyak lebih dari 21.000 pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan untuk menghabiskan libur akhir pekan, Sabtu (4/2/2023). 

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga Inggris: Susunan Pemain Everton vs Arsenal

Liga Inggris: Susunan Pemain Everton vs Arsenal

BOLA | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE