Logo BeritaSatu

Partai Demokrat Waspadai Pemutarbalikan Fakta Hukum Kubu Moeldoko di PTUN

Senin, 13 September 2021 | 18:31 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menegaskan pihaknya mewaspadai pemutarbalikan fakta hukum oleh kubu Moeldoko di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Menurut Herzaky, kubu Moeldoko seakan-akan belum puas setelah gagal membuktikan kelengkapan persyaratan, termasuk keabsahan peserta kongres luar biasa (KLB) di Deli Serdang.

“Kami terus waspadai ‘putar balik’ fakta hukum pada dua gugatan Moeldoko Cs di PTUN Jakarta,” kata Herzaky, Senin (13/9/2021).

Diketahui, kubu Moeldoko gagal mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham). Dua gugatan didaftarkan sekaligus di PTUN, pada akhir Juni 2021. Menurut Herzaky, keputusan PTUN diperkirakan disampaikan pada Oktober 2021. Herzaky memerinci dua gugatan tersebut.

“Pertama, perkara nomor 150, penggugatnya Moeldoko dan Jhoni Allen Marbun. Mereka meminta agar Majelis Hakim PTUN membatalkan keputusan Menkumham (Menteri Hukum dan HAM) 31 Maret 2021 yang menolak pendaftaran hasil KLB abal-abal di Deli Serdang,” kata Herzaky.

“Mereka juga meminta agar Majelis Hakim untuk memerintahkan Menkumham agar mengesahkan hasil KLB abal-abal tersebut. Ini upaya ‘begal politik’ yang melecehkan hukum dan demokrasi,” imbuh Herzaky.

Gugatan berikutnya, yakni perkara nomor 154. “Di sini ada tiga mantan kader yang terafiliasi dengan kubu Moeldoko yang menuntut Majelis Hakim PTUN agar membatalkan dua SK Menkumham terkait hasil Kongres V Partai Demokrat 2020 yang telah dikeluarkan lebih dari setahun yang lalu. Artinya, kalau digugat, ya sudah kedaluwarsa,” ucap Herzaky.

Herzaky menegaskan Demokrat optimistis Majelis Hakim PTUN akan tegak lurus dalam menegakkan kepastian hukum dan keadilan demi terjaganya demokrasi. “Dikomandoi Hamdan Zoelva, tim hukum kami telah menyiapkan ratusan bukti tertulis, saksi fakta dan saksi ahli untuk agenda persidangan 16 dan 23 September ini,” ujar Herzaky.

Perusak Demokrasi
Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhyono (AHY) menyebut para perusak demokrasi masih berupaya merampas Demokrat. Hal ini disampaikan AHY saat acara Dua Dekade Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (9/9/2021).

“Sampai dengan hari ini upaya untuk merampas Partai Demokrat masih juga terus berjalan. Pascakeputusan Kemkumham mengenai penolakan hasil KLB Deli Serdang, para perusak demokrasi masih berupaya menggugat dan membatalkan keputusan pemerintah melalui jalur PTUN,” kata AHY.

AHY meminta seluruh kader dan para pejuang demokrasi untuk tetap waspada. AHY juga menegaskan Demokrat memperjuangkan tegaknya keadilan, hukum, dan demokrasi di Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022

Komisi I DPR Belum Bisa Lakukan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan pihaknya belum bisa langsung melakukan fit and proper test kepada calon Panglima TNI.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Bekuk Ekuador, Senegal Lolos ke 16 Besar

Piala Dunia 2022: Bekuk Ekuador, Senegal Lolos ke 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE