Logo BeritaSatu

Jelang Sumpah Pemuda, Ini Pesan Basuki Tjahaja Purnama untuk Generasi Muda

Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:23 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FMB

Surabaya, Beritasatu.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) membeberkan alasannya terjun ke dunia politik dari semula menjadi pengusaha, mulai menjabat Bupati Belitung Timur hingga Gubernur DKI Jakarta. Ia ingin lebih banyak membantu masyarakat dan memberantas ketidakadilan.

BTP tampil sebagai narasumber dalam webinar Sarasehan Kebangsaan dengan tema "Comeback Stronger" dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh Young Buddhist Association, Sabtu (16/10/2021) malam.

"Yang pasti kalau kita jadi pengusaha, ingin bantu orang itu terbatas. Misalnya, orang tidak mampu atau miskin datang minta pertolongan itu bermacam-macam. Jadi kalau jadi pengusaha itu bisanya bantu ya terbatas," kata Ahok panggilan akrabnya.

BTP pun berpesan kepada generasi sekarang agar tidak berhenti menolong orang karena menolong orang adalah sebuah kesempatan yang belum tentu dapat terulang.

“Jadi kalian jangan pernah lelah, apalagi berhenti untuk menolong orang. Karena kesempatan (menolong) itu belum tentu terulang. Menolong orang adalah kesempatan,” ujarnya, mengingatkan genarasi milenial akan perlunya kejujuran dan keadilan dalam menyelesaikan berbagai masalah.

“Prinsip itu yang harus kita punya. Saya selalu yakin banyak orang yang berdiri untuk kebenaran. Keadilan dan kejujuran ini adalah prinsip yang harus kita pegang. Itu prinsip yang jangan sampai diabaikan,” tuturnya.

BTP juga menekankan agar anak-anak muda sekarang selalu melihat sesuatu dengan perspektif atau sudut pandang yang benar dalam menyelesaikan masalah. “Prinsip itulah yang harus dipegang anak-anak muda dalam menghadapi tantangan kehidupan,” tandasnya.

Narasumber lain dalam webinar itu, YM. Bhante Jayamedho, Thera, yang juga Padesanayaka Sangha Theravada Indonesia, Jawa Timur menyampaikan, kejujuran adalah bagian terpenting dari seorang beragama. “Karena integritas atau kejujuran ini bagian dari ajaran agama. Termasuk jangan pernah merugikan orang lain atau manusia, tapi juga tumbuhan, binatang dan alam. Sayangnya banyak negara-negara yang kelihatannya beragama, tapi kemajuan, kesejahteraan, keadilan dan kejujurannya masih dipertanyakan," ujarnya.

Oleh karena itu, di momen peringatan Sumpah Pemuda ini, ia pun berpesan kepada anak-anak muda, agar mereka dapat melakukan segala sesuatu yang bermanfaat atau memunculkan kebahagiaan masyarakat. "Kalau lihat orang yang menderita, maka kita harus mengokohkan apa untuk bisa menolong mereka," imbuh Bhante.

Ketua Dewan Pembina Young Buddhist Association (YBA) Indonesia Billy Lukito Joeswanto menyatakan, webinar digelar untuk menunjukkan bahwa agama buddha inklusif dan selalu terbuka untuk berdialog kebangsaan dengan pemuka agama dan tokoh nasional lainnya. Sehingga diharapkan semuanya bisa menjadi individu yang bisa menerima perbedaan. Dalam webinar itu juga dilakukan penjualan baju Comeback Stronger yang hasilnya 100 persen akan disalurkan ke yayasan atau LSM yang melakukan pelayanan kepada anak yatim, janda, pengangguran atau warga lainnya yang terkena dampak ekonomi di masa pandemi ini.

"Jadi, kita juga membantu sesama, anak muda mudi harus melihat sesama yang membutuhkan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sarasehan Kebangsaan, Novella Catherine Angela Thamrin menambahkan, tema comeback stronger dalam webinar yang diikuti 600 orang tersebut sejalan dengan semangat perjuangan Sumpah Pemuda. Melalui sarasehan kebangsaan ini, ia berharap para pemuda agar terus melangkah apapun situasinya untuk kemajuan bangsa dan negara.

"Harapannya untuk pemuda Indonesia adalah terus melangkah apapun situasinya untuk Indonesia yang lebih baik," pungkas Novella.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Baim Wong dan Paula Verhoeven Akan Penuhi Panggilan Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven mengklaim bakal memenuhi panggilan polisi terkait kasus prank laporan KDRT.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Tak Bisa Gulingkan Kepemimpinan Iwan Bule di PSSI

Anggota TGIPF Tragedi Kanjuruhan, Akmal Marhali menyatakan tidak bisa merekomendasikan kepemimpinan Iwan Bule di PSSI diganti terkait tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 7 Oktober 2022

BMKG: Puncak Musim Hujan Desember 2022-Januari 2023

BMKG memprakirakan puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia terjadi pada Desember 2022 hingga Januari 2023.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tiba di DPP Demokrat, Anies Baswedan Langsung Disambut AHY

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

NEWS | 7 Oktober 2022

Mengandung Pestisida, Mi Sedaap Ditarik dari Pasar Singapura

Badan Pangan Singapura (SFA) menarik peredaran mi instan Mi Sedaap karena mengandung etilen oksida, pestisida.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kematian Akibat Kanker Hati Diprediksi Meningkat 55% pada 2040

Jumlah orang yang mengidap dan kematian akibat kanker hati di seluruh dunia akan meningkat lebih dari 55 persen pada tahun 2040.

NEWS | 7 Oktober 2022

Fraksi PSI DPRD DKI Kritisi Lagi Banjir Jakarta

Fraksi PSI DPRD DKI menegaskan tidak pernah ada kemajuan yang berarti dalam penanganan banjir Jakarta selama era Gubernur Anies Baswedan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Rizky Billar Bantah KDRT, Polisi: Silakan Saja Membantah

Rizky Billar membantah telah melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya, Lesti Kejora.

NEWS | 7 Oktober 2022

Soal Mafia Tanah di Kotabaru Kalsel, Ini Respons Menteri ATR/BPN

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto merespons laporan Sawit Watch atas dugaan mafia tanah di Kotabaru, Kalsel.

NEWS | 7 Oktober 2022

Dua Warga Rusia yang Cari Suaka di AS Tiba di Alaska

Dua warga Rusia yang mencari suaka di AS tiba di sebuah pulau terpencil di Alaska, menurut dua senator pada Kamis (6/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Baim Wong dan Paula Verhoeven Akan Penuhi Panggilan Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven Akan Penuhi Panggilan Polisi

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings