Logo BeritaSatu

Erick Thohir Dinilai Berhasil Bawa Transformasi di Tubuh BUMN

Selasa, 19 Oktober 2021 | 13:09 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi (Awiek) menilai bahwa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah berhasil melakukan transformasi di tubuh BUMN dan hasil kinerjanya sudah terlihat.

Upaya transformasi yang dijalankan Kementerian BUMN agar perusahaan-perusahaan BUMN makin profesional, transparan, dan akuntabel sebelumnya sempat mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sudah mulai terlihat gitu, apa yang dilakukan (Transformasi) oleh Pak Erick itu hasilnya sudah mulai terlihat,” kata Awiek, melalui keterangan, Selasa (19/10/2021).

Implementasi program transformasi BUMN yang dilakukan Erick Thohir dapat dilihat dari dua hal; Pertama, melakukan restrukturisasi dari 108 BUMN menjadi 41 BUMN dan membuat klasterisasi BUMN berdasarkan inti bisnis perusahaan, dari 27 klaster menjadi 12 klaster demi efektifitas serta kemajuan BUMN.

“Udah bagus ya, udah jalan, memang step by step, contohnya dari ratusan BUMN disederhanakan menjadi holding itu ada beberapa, sehingga koordinasinya lebih mudah,” ujar Awiek yang juga Sekretaris Fraksi PPP DPR RI itu.

Awiek menambahkan, ia juga mendukung terobosan Erick Thohir untuk segera membubarkan BUMN yang kondisinya sudah tidak beroperasi tetapi menjadi beban keuangan negara.

“Menutup BUMN-BUMN yang sudah sakit, jadi yang sudah jadi beban keuangan negara ditutup itukan terobosan bagus,” ungkapnya.

Sebelum Erick memimpin Kementerian BUMN, perusahaan plat merah yang sudah tidak sehat selalu ditutup-tutupi, supaya tetap dapat suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) tapi tidak memberikan kontribusi ekonomi bagi negara.

“Dari dulu kan yang begini-begini (BUMN sakit) kan gak pernah ditutup. Tapi ditutup-tutupi aja bahwa BUMN ini perlu penyehatan, perlu penyehatan yang ada uang negaranya habis aja gitu,” beber Awiek.

Dengan sisa waktu yang ada, Awiek meminta Erick Thohir tetap fokus bekerja sesuai dengan road map yang sudah ditentukan.

“Harus bisa memanfaatkan waktu yang makin singkat ini, untuk segera merampungkan sesuai dengan road map-nya,” ulasnya.

Selain itu, Awiek juga meminta mantan bos Inter Milan itu, selama mendapat kepercayaan penuh dari Presiden Joko Widodo untuk tidak perlu khawatir terhadap gangguan dari pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan transformasi yang dilakukan.

“Dan yang berikutnya tidak terbelenggu oleh persoalan-persoalan politik, khawatir tersandera oleh kekuatan-kekuatan tertentu, yang penting Presiden memberikan kepercayaan penuh kepada Pak Ercik Thohir." Tuntasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Nasdem Nyat Kadir mengatakan bahwa dukungan Presiden kepada Kementerian BUMN tersebut sangat nyata.

Menurutnya, apa yang disampaikan Presiden di depan Dirut BUMN di Labuan Bajo, Kamis pekan lalu sudah dibahas di Komisi 6 dalam rapat-rapat dengan kementrian BUMN. Di antaranya mengenai pembubaran BUMN yang sakit.

"Sudah menjadi langkah strategis yang kami rumuskan pada saat RDP-RDP, demikian juga soal PMN pemanfaatannya sudah tidak bisa lagi main-main," katanya.

"Sebelumnya, BUMN yang tidak strategis juga bisa dapat PMN. Kami sudah bahas di Komisi 6 bersama Kementerian BUMN, hanya boleh untuk penugasan, aksi korporasi dan restrukturisasi. Di luar itu tidak boleh," tambahnya.

Ia meminta Erick Thohir untuk tidak ragu dalam mengambil langkah dalam pengelolaan BUMN.

"Jadi dukungan dari Jokowi untuk langkah-langkah Kementerian BUMN, benar-benar riil kami lihat dan sangat bagus supaya Menteri BUMN tidak ragu-ragu lagi karena sudah didukung Jokowi," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putin Umumkan Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina yang dikuasai ke Rusia pada Jumat (30/9/2022).

NEWS | 30 September 2022

Italia dan AS Desak Warga Negaranya Tinggalkan Rusia

Italia dan Amerika Serikat (AS) mendesak warga negaranya untuk mempertimbangkan meninggalkan Rusia.

NEWS | 30 September 2022

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Putin Umumkan Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina

Putin Umumkan Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings