Logo BeritaSatu

JK Diyakini Akan Perjuangkan Anies Baswedan, Ini Analisis Qodari

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:30 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menilai mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bisa memberikan dukungan politik dalam hal lobi untuk pencalonan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Namun, Qodari tak meyakini Jusuf Kalla akan mampu memastikan kemenangan suara.

Menurut Qodari, Jusuf Kalla memiliki sejumlah kekuatan. Pertama, kekuatan JK sebagai tokoh senior dalam politik. Banyak elite yang mengenalnya dan menghormatinya, termasuk pemimpin partai politik yang berusia muda.

Advertisement

Kedua, JK adalah pengusaha besar yang memiliki sumber daya ekonomi. Ketiga, JK adalah tokoh yang populer di kawasan Indonesia Timur. Walaupun keponakannya kalah dalam pertarungan pemilihan wali kota, JK tetap menjadi salah satu tokoh Indonesia kawasan timur.

"Dan tiga variabel ini membuat posisi pak JK diperhitungkan secara politik, walaupun tidak lagi menjadi Ketua Partai Golkar atau misalnya menduduki jabatan publik dan pemerintahan," kata Qodari, Senin (26/10/2021).

Dalam hubungannya dengan popularitas dan potensi Anies Baswedan sebagai calon presiden di 2024, Qodari menilai JK akan mendorong dan mengusahakannya. Hal ini dilakukan agar Anies Baswedan bisa maju sebagai calon presiden di tahun 2024. Qodari bahkan menilai JK akan menjadi tokoh utama yang menentukan bagi Anies Baswedan.

"Dan Pak JK sebagai dealmaker, mungkin ditambah lagi kelebihan Pak JK dia seorang dealmaker, seperti Donald Trump pandai mempertemukan dan membuat deal antara kelompok-kelompok yang berbeda, itu bisa mewarnai dan menentukan siapa calon wakil presiden untuk Anies. Juga bisa membantu mencarikan partai buat Anies Baswedan," urainya.

"Tentunya, seandainya Anies Baswedan itu nanti menang dan terpilih sebagai presiden, boleh dikatakan posisi dan pengaruh Pak JK akan tambah besar lagi, bahkan bisa jadi orang yang paling berpengaruh untuk Anies Baswedan. Dalam konteks itu pasti Pak JK akan berikhtiar ke arah sana," tambahnya.

Namun demikian, Qodari menilai untuk pengaruh dukungan JK terhadap elektabilitas Anies tak sebesar terkait lobi-lobi politik. Hal ini lantaran yang maju sebagai calon bukanlah JK sendiri.

"Ilustrasinya tahun 2014 Jokowi berpasangan dengan JK di Sulawesi Selatan menang, tetapi ketika JK tidak jadi wakil lagi, ya walaupun pak JK masih bersama pak Jokowi, istilahnya mendukung pak Jokowi bukan mendukung Prabowo, tetapi ya Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin di Sulawesi Selatan itu seingat saya kalah, 2019 kalah," kata Qodari.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Gelar Bazar di Gedung DPR, PPP Akan Terus Perjuangkan UMKM

PPP menggelar bazar untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. PPP akan memperjuangkan UMKM.

NEWS | 27 Januari 2023

9 Jenazah Korban Pembunuhan Berantai Wowon Cs Selesai Diautopsi

Sembilan jenazah korban pembunuhan berantai Wowon cs selesai diautopsi di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 Januari 2023

PUPR Sebut 22 Menara Hunian Pekerja di IKN Sudah Terbangun

Secara umum, sebanyak 22 tower atau menara Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah selesai terbangun.

NEWS | 27 Januari 2023

Nikita Mirzani Segera Temui Calon Mertua di London

Artis Nikita Mirzani akan segera terbang ke London, Inggris. Tujuan Nikita Mirzani ke London, adalah menemui calon mertuanya.

NEWS | 27 Januari 2023

Dinilai Jadi Pemicu, Putri Candrawathi Bisa Dijatuhi Hukuman Lebih Berat

Putri Candrawathi dinilai sebagai sosok pemicu dalam kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J sehingga bisa dijatuhi hukuman lebih berat.

NEWS | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE