Logo BeritaSatu

Politikus PDIP: Indonesia Butuh Sosok Pahlawan Pancasila

Rabu, 10 November 2021 | 20:47 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Yoseph Umarhadi menyebut Indonesia membutuhkan pahlawan Pancasila. Pahlawan yang berani dan rela berkoban demi membela kebenaran sebagaimana nilai-nilai Pancasila.

“Sosok yang berani dan rela berkorban akan banyak ditemukan dalam berbagai bidang sehingga patut disebut sebagai pahlawan. Namun yang dibutuhkan saat ini dan demikian penting adalah pahlawan Pancasila,” kata Yoseph dalam siaran persnya yang diterima wartawan, Rabu (10/11/2021).

Advertisement

Yoseph mengatakan setidaknya melihat ada dua alasan penting hadirnya sosok pahlawan Pancasila. Pertama, Pancasila merupakan dasar filsafat negara yang dapat dimaknai sebagai pandangan hidup. Menurut Yoseph, Pancasila seyogianya tercermin dalam setiap perilaku manusia Indonesia. Dikatakan, manusia Indonesia sejatinya adalah manusia Pancasila.

Akan tetapi, akibat adanya benturan kebudayaan, ditambah sifat-sifat pragmatis dan mau menang sendiri, maka manusia Pancasila itu lambat lain makin memudar digantikan oleh aneka warna manusia yang diadopsi dari nilai-nilai budaya lain.

“Hal ini membuat masyarakat Indonesia semakin jauh meninggalkan Pancasila, padahal sebagai dasar filsafat dan pandangan hidup, Pancasila adalah anugerah dan sumber kebahagiaan karena sesuai dengan kodrat manusia,” tutur Yoseph.

Alasan kedua, Pancasila mendapatkan ancaman dari berbagai lini, termasuk dari dalam masyarakat sendiri maupun dari elite politik. Misalnya, muncul sektarianisme, dan pengagungan kelompok dengan menonjolkan identitasnya. Sementara di elite politik, meluasnya pragmatisme politik, ketidakjujuran, hasrat untuk terus mengeksploitasi pihak lain yang tidak sesuai dengan Pancasila.

“Akibatnya, kehidupan yang dicita-citakan para pendiri negara, seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 menjadi makin jauh,” ujar Yoseph.

“Dalam situasi semacam ini, kita memerlukan pahlawan Pancasila, yaitu sosok yang bukan hanya menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam dirinya, tapi sekaligus memperjuangkan Pancasila sebagai sebuah kebenaran,” imbuh Yoseph.

Yoseph mengkritik adanya orang mempidatokan Pancasila secara berapi-api, tetapi sekaligus yang paling antusias membantahnya dalam perilaku.

Mengenang Hari Pahlawan atas keberanian masyarakat Indonesia dulu melawan penjajahan, Yoseph mempertanyakan kemungkinan mencari ideal baru bagi lahirnya pahlawan Pancasila.

“Sosok yang dalam dirinya Pancasila itu hadir sekaligus yang tanpa henti menyuarakannya sebagai sebuah kebenaran,” kata Yoseph.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perayaan 1 Abad NU, Exit Tol 1 Sidoarjo Lumpuh Antrean Hingga 2 Kilometer

Antrean panjang terjadi di exit tol 1 Sidoarjo, Jawa Timur, akibat penumpukan kendaraan massa yang akan menghadiri acara peringatan 1 abad NU.

NUSANTARA | 7 Februari 2023

Top 5 News: Gempa Turki hingga Jokowi soal Elektabilitas Prabowo

Kabar soal gempa di Turki yang menelan banyak korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Senin (6/2/2023).

NEWS | 7 Februari 2023

Jaksa Minta Hakim Tolak Keberatan Teddy Minahasa

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Jakbar menolak eksepsi atau keberatan Teddy Minahasa yang menjadi terdakwa penjualan barang bukti narkoba.

NEWS | 7 Februari 2023

PBNU Dorong Pemimpin Agama Wujudkan Perdamaian Dunia

Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mendorong seluruh pemimpin agama mewujudkan perdamaian dunia. 

NEWS | 7 Februari 2023

Polisi Cari Ibu yang Aniaya dan Telantarkan Anaknya di Depok

Polres Metro Depok menyelidiki dan mencari ibu yang diduga menganiaya dan menelantarakan anaknya, Raya Aurel Rahma Visca. 

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

Otoritas Turki mengkonfirmasi telah terjadi 1.541 korban tewas, dengan 810 korban lainnya dilaporkan di berada di kawasan Suriah, pasca gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

PKB Fasilitasi Aeshnina Azzahra Suarakan Keadilan Lingkungan

Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga mengatakan PKB akan memfasilitasi aktivis lingkungan Aeshnina Azzahra (15 tahun) untuk menyuarakan keadilan lingkungan. 

NEWS | 7 Februari 2023

Ayah Kandung Aniaya 2 Anaknya di Cimahi, 1 Meninggal Dunia

Seorang ayah kandung berinisial A menganiaya dua anaknya di Kota Cimahi. Bahkan, akibat penganiayaan itu, satu anaknya meninggal dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK yang menjangkit hewan ternak di Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir

NEWS | 6 Februari 2023

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Opini yang dilontarkan oleh sejumlah pejabat pemerintah tentang operasi tangkap tangan atau OTT KPK turut memengaruhi penurunan Indeks Persepsi Korupsi.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Susi Air Kecelakaan di Papua, Belum Diketahui Korban Jiwa

Susi Air Kecelakaan di Papua, Belum Diketahui Korban Jiwa

NUSANTARA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE