Logo BeritaSatu

Milad Muhammadiyah, Jokowi: Islam Wasatiah Telah Jadi Fondasi Moderasi Agama

Kamis, 18 November 2021 | 10:28 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan nilai utama Islam berkemajuan dan Islam wasatiah telah menjadi pondasi moderasi beragama untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara muslim terbesar yang aman dan demokratis.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Milad ke-109 Muhammadiyah di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Mengawali sambutannya, Jokowi mengucapkan selamat milad kepada Persyarikatan Muhammadiyah yang telah banyak berperan dan mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

“Atas nama masyarakat, bangsa dan negara, saya mengucapkan selamat milad ke-109 pada Persyarikatan Muhammadiyah. Usia yang ke-109, Persyarikatan Muhammadiyah telah mewarnai perjalanan bangsa,” kata Jokowi.

Muhammadiyah telah bersinergi membangun kekuatan, berjuang merawat dan memajukan Indonesia. Sejarah telah mencatat Persyarikatan Muhammadiyah tiada henti menebarkan nilai-nilai utama untuk memperkokoh umat muslim yang berkemajuan sebagai kunci untuk meraih martabat insan kamil.

“Nilai utama Islam berkemajuan dan Islam wasatiah telah menjadi pondasi moderasi beragama untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara muslim terbesar yang aman dan demokratis,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan Indonesia telah dipercaya sebagai Keketuaan (Presidensi) G-20 pada tahun 2022. Indonesia menjadi negara berkembang pertama yang mendapatkan kepercayaan dan kehormatan besar menjadi Presidensi G-20.

“Kita juga patut bersyukur, ini pengakuan yang membuktikan bahwa kita mampu dan bisa,” tegas Jokowi.

Menurut Presiden, kepercayaan menjadi Presidensi G-20 ini akan dioptimalkan dan digunakan untuk berkontribusi bagi kemakmuran dunia yang lebih merata, adil dan lebih inklusif bagi dunia yang lebih tangguh terhadap krisis serta bagi dunia yang lebih tangguh menghadapi perubahan iklim.

Tidak hanya itu, Indonesia juga harus terus berkontribusi bagi dunia yang lebih damai dan toleran. Sebagai negara muslim terbesar di dunia dengan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia harus bisa menjadi rujukan bagi dunia.

“Islam yang berkemajuan dan Islam wasatiah yang diperjuangkan Persyarikatan Muhammadiyah, bukan hanya penting bagi Indonesia, tetapi juga relevan bagi dunia,” jelas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Shin Tae-yong: Petasan dan Suar Ganggu Pemain Piala AFF

Shin Tae-yong: Petasan dan Suar Ganggu Pemain Piala AFF

BOLA | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings