Logo BeritaSatu

Perindo, Parpol Pelopor Usung Demokrasi Berbasis Digital

Selasa, 23 November 2021 | 19:37 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Perindo menjadi pelopor partai politik (parpol) yang mengusung demokrasi berbasis digital di Indonesia.

"Partai Perindo adalah partai yang pertama memulai gerakan demokrasi melalui digitalisasi, melalui teknologi informasi," ujar Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo saat memberikan arahan secara virtual dalam Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) III Partai Perindo Papua Barat, di Kota Sorong, Senin (22/11/2021).

Menurut Hary Tanoe, digitalisasi salah satunya diterapkan partai yang didirikan pada 8 Oktober 2014 ini dalam penjaringan calon-calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024 mendatang.

"Secara digital, nanti akan dilakukan konvensi rakyat untuk menjaring calon-calon anggota legislatif dari semua tingkatan, baik tingkat II, tingkat I maupun tingkat nasional," kata Hary Tanoe dalam keterangannya yang diterima Beritasatu.com, Selasa (23/11/2021).

Hary mengungkapkan pendaftaran Konvensi Rakyat Partai Perindo akan dimulai pada 25 November 2021 melalui website Partai Perindo, yaitu www.partaiperindo.com.

Ada tiga tujuan digulirkannya konvensi rakyat tersebu. Pertama, memberikan kesempatan kepada semua warga negara Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam perjuangan Partai Perindo untuk Indonesia Sejahtera.

"Semua WNI bisa mendaftarkan diri di Konvensi Rakyat Partai Perindo sebagai calon anggota legislatif yang pada akhirnya diharapkan bisa duduk sebagai anggota dewan," tutur Hary.

Kedua, memberikan pilihan yang lebih luas bagi Partai Perindo menjaring tokoh-tokoh atau figur-figur yang berkompeten untuk membangun daerahnya masing-masing.

Ketiga, guna menegaskan bahwa Partai Perindo memulai demokrasi secara teknologi informasi yang pelaksanaannya dilakukan secara digital.

"Kita adalah partai yang modern, yang mengawali berdemokrasi melalui teknologi informasi atau digitalisasi," tegas Hary.

Menurut Hary, tak hanya di konvensi rakyat, Partai Perindo juga menerapkan digitalisasi dalam pendaftaran keanggotaan, informasi kepartaian, kegiatan-kegiatan partai semisal webinar, dan lainnya.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Papua Barat Edison Ompe menilai keputusan Partai Perindo menerapkan digitalisasi merupakan langkah yang luar biasa.

"Jadi, kita tidak lagi pakai model manual, tapi menggunakan cara-cara yang luar biasa," katanya.

Mewakili Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dia pun memberikan ucapan selamat dan semangat kepada seluruh kader Partai Perindo yang mengikuti Muskerwil tersebut.

"Saya mewakili Bapak Gubernur menyampaikan selamat dan sukses dalam Muskerwil III Partai Perindo Papua Barat. Membangun dengan hati, mempersatukan dengan kasih, kita wujudkan Papua Barat aman, sejahtera ,dan bermartabat," pungkas Edison.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

NATO Peringatkan, Rusia Melemah Tetapi Masih Berbahaya

NATO memperingatkan bahwa Rusia melemah tetapi masih berbahaya. Presiden Vladimir Putin dan Angkatan Bersenjata Rusia tidak boleh diremehkan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 174 orang tidak terulang kembali.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies: Doakan Saya Bisa Jalankan Amanat Setelah Tak Jadi Gubernur

Anies Baswedan pun meminta doa kepada masyarakat agar dapat menuntaskan tugasnya hingga akhir masa jabatannya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kapolri Janji Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan, Malang, yang mengakibatkan sebanyak 125 orang meninggal dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Pastikan Dalami Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan jajarannya akan mendalami penggunaan gas air terkait tragedi Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 125 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Blusukan Bareng Gibran Rakabuming, Puan: Solo Selalu di Hati Saya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendampingi kunjungan kerja Ketua DPR Puan Maharani di Solo, Minggu (2/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, PSM Makassar Ikut Berdukacita

Manajemen PSM Makassar menyampaikan duka mendalam atas tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan meninggalnya ratusan suporter.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kepala Suku Wali Papua: Lukas Enembe Harus Kooperatif dan Hormati Hukum

Kepala Suku Wali Papua, Melianus Wali mengatakan Gubernur Papua, Lukas Enembe harus menghormati hukum yang berlaku.

NEWS | 2 Oktober 2022

Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Ini Harapan Aremania Jakarta

Suporter Arema, Aremania di Jakarta menggelar doa bersama untuk para korban tragedi Kanjuruhan, Malang. Mereka berharap PSSI dan kepolisian berbenah diri.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings