Logo BeritaSatu

Buka Muktamar ICMI, Ini Kata Wapres Maruf Amin

Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:30 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyatakan, diperlukan kerja sama seluruh komponen masyarakat termasuk Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dengan menerapkan perpaduan ilmu dan iman di setiap langkah yang dijalani. Hal ini guna memulihkan kondisi bangsa pasca pandemi Covid-19

Menurut Wapres Maruf Amin, tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang dihadapi Indonesia tidak semakin mudah. Khususnya, dengan pandemi Covid-19 yang terjadi, daya tahan bangsa telah diuji dengan kondisi penuh ketidakpastian. Oleh karena itu,

“Berbekal ilmu dan iman, cita-cita bangsa akan terwujud bila seluruh komponen masyarakat bahu membahu. Sebagai mitra strategis pemerintah, saya berharap ICMI dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan dampak yang diakibatkan,” tutur Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin saat membuka Muktamar ke-VII dan Milad ke-31 ICMI Tahun 2021, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021).

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan bahwa ilmu dan iman merupakan dua hal yang saling berkaitan. Sebab, kedua hal tersebut akan saling melengkapi dan menyeimbangi sehingga seluruhnya dapat berjalan dengan selaras.

“Layaknya dua sisi mata uang, ilmu dan takwa tidak terpisahkan, Ilmu pengetahuan justru semakin menuntun kita pada keimanan. Keduanya menjadi pegangan setiap insan dalam menjalani kehidupan,” kata Wapres.

Wapres pun menegaskan, bahwa selain menjadi pencetus gagasan konstruktif dan inovatif, ICMI juga dituntut untuk berperan aktif dalam peningkatan literasi dan edukasi umat serta pengembangan dan penguasaan teknologi. Sebab, hal tersebut akan memberikan dampak baik untuk kesejahteraan umat, khususnya dengan adanya jejaring ICMI yang kuat dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Potensi dan jejaring ICMI di seluruh Indonesia, jika dimobilisasi secara tepat akan menjadi modal dasar untuk mendukung pemulihan berbagai sektor,” tegas Wapres.

Wapres berharap, agar muktamar ICMI yang diselenggarakan hari ini dapat menghasilkan rekomendasi solutif bagi umat dan bangsa untuk menjadikan Indonesia maju dan sejahtera.

“Harapan saya, pimpinan terpilih dalam Muktamar ke-VII ini akan meneruskan perjuangan ICMI dalam menghadirkan solusi terbaik bagi kemaslahatan umat, bangsa dan negara,” ungkap Wapres.

“ICMI perlu terus menjadi organisasi yang konsisten berpegang pada dimensi ke-Islam-an, keindonesiaan, dan kecendekiawanan,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anies Capres Nasdem, Puan: Lebih Baik Fokus Tragedi Kanjuruhan

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani angkat bicara soal deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dari Partai Nasdem.

NEWS | 5 Oktober 2022

Punya Tiket Pilpres 2024, KIB Tak Buru-buru Deklarasi Capres

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) telah memiliki tiket Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

NEWS | 5 Oktober 2022

3.000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Penanaman pohon bakau ini digelar AEON Environmental Foundation untuk membantu pemerintah DKI Jakarta mencegah terjadinya bencana abrasi dan kekeringan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Perkara Dugaan Pelanggaran PE Minyak Goreng Masih Sulit Dibuktikan

sidang lanjutan perkara dugaan korupsi permohonan Persetujuan Ekspor (PE) Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya belum mampu membuktikan adanya korupsi atau perbuatan melawan hukum

NEWS | 4 Oktober 2022

Ciliwung Meluap, 6 Pintu Air di Jakarta Waspada Banjir

Sebanyak enam pintu air di Jakarta waspada atau siaga 3 banjir dikarenakan hujan yang mengguyur ibu kota sejak sore hari tadi.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polisi Periksa CCTV di Rumah Lesti Kejora-Rizky Billar

Polisi akan memeriksa CCTV di rumah Lesti Kejora dan Rizky Billar terkait penanganan dugaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

NEWS | 4 Oktober 2022

Mahasiwa FHUI Cetak Prestasi pada Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Dunia

FHUI yang tergabung dalam ALSA mencetak prestasi pada kompetisi peradilan semu bertaraf internasional di Seoul, 30 September - 3 Oktober 2022.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ridwan Kamil Buktikan Dampak Perubahan Iklim, 700 Hektare Ditelan Laut

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuktikan sendiri dampak perubahan iklim di wilayahnya.

NEWS | 4 Oktober 2022

1.252 Rumah di Kota Tangsel Dikepung Banjir

Hasil monitoring BNPB, ada sebanyak 1.252 rumah di enam kelurahanTangerang Selatan yang terkepung banjir.

NEWS | 4 Oktober 2022

Banjir Perumahan Dosen IKIP Bekasi Capai 1 Meter

Banjir di Perumahan Dosen IKIP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, disebebkan luapan kali yang melintas di perumahan tersebut.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kolaborasi Majoo dan BRI Mudahkan Transaksi Digital UMKM

Kolaborasi Majoo dan BRI Mudahkan Transaksi Digital UMKM

EKONOMI | 20 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings