Logo BeritaSatu

Hadapi Pemilu 2024, PAN Gandeng Satu Jari

Jumat, 10 Desember 2021 | 18:38 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyebut pihaknya akan bekerja sama dengan Satu Jaringan Rakyat Indonesia atau Satu Jari untuk menghadapi Pemilu 2024. Viva mengatakan pihaknya sangat tertarik dengan konsep, strategi, dan cara kerja Satu Jari.

PAN menjanjikan minimal ada satu calon anggota legislatif (caleg) yang diusung dari anggota Satu Jari pada setiap daerah pemilihan (dapil). “Minimal satu caleg dari Satu Jari di semua dapil kota/kabupaten se-Indonesia sebagai caleg PAN juga,” ungkap Viva lewat keterangannya, Jumat (10/12/2021).

Viva meminta Sekjen Satu Jari Deddy Rahman untuk segera berkoordinasi menindaklanjuti kesepakatan tersebut. Ditegaskan, hubungan PAN dan Satu Jari sudah berjalan, termasuk ketika kedua pihak beraudiensi beberapa waktu lalu.

Ketua Umum Satu Jari Agung Mozin mengatakan setidaknya ada tiga agenda penting yang akan dijalankan Satu Jari untuk perbaikan demokrasi.

Pertama, Satu Jari fokus bekerja sama dengan para pemilih cerdas dari semua kalangan masyarakat untuk mengantarkan caleg yang bisa dipercaya. “Bukan yang mengandalkan politik uang yang telah merusak sendi-sendi perpolitikan bangsa dan merusak karakter bangsa,” kata Agung.

Kedua, Satu Jari bekerja secara modern dengan platform digital terkini. Hal ini utamanya untuk membangun jaringan organisasi dan calon pemilih dari tingkat provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, bahkan sampai tingkat TPS.

Sejak dideklarasikan pada 10 November 2021, Satu Jari telah memiliki kantor perwakilan di 32 provinsi di Indonesia. Pada Januari 2021, Satu Jari menargetkan membentuk 300-an kantor perwakilan tingkat kota/kabupaten.

Ketiga, Satu Jari akan menyiapkan relawan dan saksi yang akan ditempatkan di 500.000-an lokasi TPS se-Indonesia.

“Mereka (relawan dan saksi) dilengkapi dengan aplikasi mobile untuk memantau perolehan suara di tiap TPS secara realtime dan akurat. Setiap partai politik boleh bekerja sama dengan Satu Jari untuk efisiensi biaya. Pemilu berkualitas akan menjadi nyata di tahun politik 2024,” kata Agung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

BOLA | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings