Logo BeritaSatu

Survei PRC dan PPI: Ganjar di Posisi 1 Elektabilitas Capres 2024

Senin, 27 Desember 2021 | 13:37 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dalam survei elektabilitas calon presiden 2024. Ganjar diketahui memperoleh elektabilitas sebesar 25%.

Temuan ini sendiri disampaikan dalam survei Politika Research and Consulting (PRC) bersama Parameter Politik Indonesia (PPI) bertajuk Political Outlook 2022: Meneropong Poros Koalisi Partai Politik. Salah satu hal yang ditanyakan yakni soal calon presiden mana yang akan responden pilih jika Pemilu dilaksanakan hari ini.

“Ganjar harus diakui tidak hanya di survei kami, di survei lembaga-lembaga lain juga menyatakan Ganjar paling dianggap layak oleh masyarakat untuk dijadikan calon presiden pasca Jokowi,” ucap Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting Rio Prayogo dalam konferensi pers virtual, Senin (27/12/2021).

Adapun di posisi kedua adalah Ketua Umum Prabowo Subianto yang memiliki elektabilitas 22,9%, lalu di peringkat ketiga ada Gubernur DKI Jakarta dengan elektabilitas 12,4%. Sementara di posisi keempat ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 9,4% dan di posisi kelima ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 5,8%.

“Sandiaga Uno itu juga efektif, tapi sebagai calon wakil presiden. Di berbagai simulasi survei, Sandi ini kuat sekali brand-nya sebagai calon wakil presiden. Sementara yang lainnya, harus belajar dari Ganjar (mengenai) bagaimana cara mengefektifkan kedikenalannya menjadi elektabilitas yang baik,” tutur Rio.

Sebagai informasi, survei kali ini menggunakan metode multi stage random sampling yaitu dengan sebaran pemilih di 34 provinsi secara proporsional. Lalu kemudian dilakukan wawancara tatap muka dengan pengumpulan dan pengolahan data dilakukan pada 12 November–4 Desember 2021. Survei kali ini melibatkan responden sebanyak 1.600 orang dan merupakan penduduk berusia 17 tahun atau sudah menikah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Eropa Ditutup Menguat di Tengah Minggu yang Fluktuatif

Bursa Eropa Ditutup Menguat di Tengah Minggu yang Fluktuatif

EKONOMI | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings