Logo BeritaSatu

Presidensi G-20 Perkuat Kepemimpinan Indonesia di Dunia

Senin, 10 Januari 2022 | 18:37 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Presidensi G-20 Indonesia akan memperkokoh kembali kepemimpinan Indonesia di mata dunia. Seperti yang terjadi ketika Presiden Pertama Indonesia Soekarno atau dikenal dengan Bung Karno yang melakukan serangkaian upaya-upaya diplomasi yang membuat tanah air dikenal luas oleh negara-negara lain di berbagai belahan benua.

"Kita akan mengulang dan memperkokoh kepemimpinan Indonesia yang dulu pernah dilakukan oleh Presiden pertama kita, Bung Karno," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Peringatan HUT Ke-49 PDI Perjuangan yang ditayangkan secara virtual pada Senin (10/1/2022).

Dalam rangka mendukung hal di atas, Indonesia akan memperjuangkan kepentingan negara berkembang agar mendapatkan dampak positif dari sidang-sidang pertemuan yang akan digelar dalam satu tahun ke depan. Mengingat perkumpulan negara-negara berpengaruh ini mempunyai dampak yang sangat besar dalam perekonomian global maupun sektor-sektor lainnya.

Arti dari perjuangan ini sangat besar, sebab Indonesia saat ini masuk dalam negara berkembang yang memerlukan serangkaian kebijakan yang membawa dampak positif bagi setiap kehidupan masyarakat di berbagai sektor. Dengan begitu, berbagai sektor di Tanah Air dapat berpeluang besar menjadi berkembang melalui setiap kesepakatan yang digelar melalui kegiatan sidang pertemuan G-20. "Yang ini akan kita manfaatkan untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia dan juga kepentingan negara-negara berkembang," katanya.

Perjuangan ini, lanjut Presiden Jokowi, sangat dibutuhkan untuk digaungkan dalam ajang internasional yang digelar satu tahun sekali ini. Karena, diperlukan kerja sama antar negara dalam menghadapi berbagai tantangan yang timbul seiring dengan berjalannya waktu. Adanya hal ini, akan membuat setiap tantangan yang menghampiri dapat diselesaikan dengan waktu relatif cepat.

Ke depan, ada tantangan yang akan efektif ditangani bersama yakni membangun tata kelola kesehatan global dan tata kelola ekonomi dunia yang lebih adil. Dengan begitu, akan memperkokoh eksistensi setiap negara dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul seiring dengan perkembangan zaman saat ini.

"Indonesia akan terus berjuang untuk membangun tata kelola kesehatan, tata kelola ekonomi dunia yang lebih adil, yang lebih kokoh dalam menghadapi ketidakpastian dan kompleksitas masalah yang semakin banyak di dunia," katanya.

Diketahui, anggota G-20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris Raya, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Pada 31 Oktober 2021 lalu, Presiden Jokowi secara resmi menerima tongkat estafet Presidensi G-20 dari Perdana Menteri Italia Mario Draghi. Selanjutnya, Indonesia akan memegang Keketuaan atau Presidensi G-20 mulai dari 1 Desember 2021 hingga awal November 2022. Selama Keketuaan, Indonesia akan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 dan sejumlah pertemuan internasional terkait lainnya.

Dengan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger atau “Pulih Bersama, Menjadi Lebih Kuat”, Presidensi G-20 Indonesia mendorong upaya bersama untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wagub DKI Janji Carikan Solusi Nasib 3.000 Karyawan Holywings

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berjanji akan mencarikan solusi soal nasib sekitar 3.000 karyawan Holywings yang kini tidak bisa bekerja.

NEWS | 29 Juni 2022

Jokowi Harap Tak Ada Lagi Kota Ukraina Rusak Akibat Perang

Presiden Jokowi mengharapkan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat dampak dari perang.

NEWS | 29 Juni 2022

Rudal Rusia Hantam Apartemen di Mykolaiv, Ukraina Selatan

Rudal Rusia pada Rabu (29/6/2022) menggempur wilayah selatan Ukraina, dan menghantam sebuah apartemen di Kota Mykolaiv.

NEWS | 29 Juni 2022

Harganas 2022, Ganjar Tekankan soal Pencegahan Stunting

Dalam momentum Harganas 2022, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menekankan pentingnya gerakan mencegah stunting

NEWS | 29 Juni 2022

IpeKB Ajak HaloPuan Beri Penyuluhan Stunting di Pangandaran

IPeKB Jawa Barat mengundang HaloPuan untuk menyosialisasikan manfaat super daun kelor dalam melawan stunting di Pangandaran,

NEWS | 29 Juni 2022

Kasus E-KTP, Gamawan Fauzi Klaim Tak Pernah Bertemu Paulus Tanos

Usai diperiksa tim penyidik KPK, mantan Mendagri Gamawan Fauzi mengeklaim tidak pernah bertemu dengan tersangka kasus e-KTP, Paulus Tannos yang kini buron.

NEWS | 29 Juni 2022

Bulan Imunisasi Anak Nasional Upaya Cegah Polio dan Rubela

Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 penting terhadap pencapaian target eliminasi campak-rubela/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada 2023.

NEWS | 29 Juni 2022

Polisi Tangkap 3 Pelaku Pembunuhan Sadis Wanita di Tangsel

Polisi menangkap tiga orang tersangka pelaku pembunuhan sadis wanita berinisial SL (35) di tempat kos di Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel).

NEWS | 29 Juni 2022

Jaring Capres, Relawan Jokowi Gelar Musyawarah Rakyat Indonesia

Sejumlah unsur relawan Jokowi akan menggelar Musyawarah Rakyat Indonesia untuk menjaring capres-cawapres yang akan didukung pada Pemilu 2024.

NEWS | 29 Juni 2022

Dentsu International Satukan Kreativitas untuk Bangun Jaringan Global

Dengan langkah berani, Dentsu International meluncurkan Dentsu Creative, jaringan kreatif global di Cannes Lions 2022.

NEWS | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penganiayaan Remaja di Bogor Diselesaikan di Luar Pengadilan

Penganiayaan Remaja di Bogor Diselesaikan di Luar Pengadilan

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings