Logo BeritaSatu

Hinca Bantah Tuduhan Dana Suap Bupati Penajam Paser Utara Mengalir ke Demokrat

Senin, 17 Januari 2022 | 17:55 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Pandjaitan membantah tuduhan bahwa dana korupsi Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud mengalir ke Partai Demokrat. Hinja menegaskan, tidak ada kaitan antara korupsi Abdul Gafur dengan Partai Demokrat.

"Enggak ada itu (mengalir ke Partai Demokrat)," kata Hinca di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2021).

Diketahui, Abdul Gafur merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan. Saat ini, Abdul Gafur sedang mencalonkan diri sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Timur.

Hinca menegaskan, tidak harus calon kuat ketua DPD mengalirkan uang korupsi ke Partai Demokrat.

"Kan kalau kader kan tidak harus juga alirkan dana ke kita kan," tegasnya.

Lebih lanjut, Hinca mengaku lebih baik menunggu hasil pemeriksaan KPK terkait dugaan aliran dana korupsi Abdul Gafur ke Partai Demokrat.

"Begini saja, kalau soal dugaan-dugaan tadi kita tunggu saja KPK," kata Hinca.

Sebelumnya, KPK akan mendalami dugaan adanya aliran uang dari kasus korupsi Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud ke Partai Demokrat. KPK sendiri saat ini masih belum dapat memberikan informasi terbaru terkait hal itu.

"Kemudian, apakah itu ada aliran dana ke partai, itu nanti akan didalami di proses penyidikan," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (13/1/2022) kemarin.

Alexander memaparkan Abdul Gafur diketahui saat ini tengah bersaing dalam pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Timur. Dengan ditangkapnya Abdul Gafur bersama Bendum DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis Rabu (13/1/2022) lalu, KPK memandang hal tersebut sebagai petunjuk untuk pengembangan kasus.

"Ini kan menjadi petunjuk. Tentu nanti akan dilihat diproses penyidikan. Untuk saat ini kami belum bisa memberikan informasi tersebut," imbuh Alexander.

Diberitakan, KPK menyita uang senilai Rp 1,4 miliar saat melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Abdul Gafur Mas’ud. Uang tersebut berhasil KPK amankan saat Abdul Gafur tengah berkunjung di salah satu mall di kawasan Jakarta Selatan.

Setelah pemeriksaan intensif, KPK menetapkan Abdul Gafur sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek dan perizinan di Pemkab Penajam Paser Utara. Selain itu, KPK juga menjerat Plt Sekda Kabupaten PPU Muliadi; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten PPU Edi Hasmoro; dan Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten PPU Jusman.

KPK juga menetapkan Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis serta dari pihak swasta yakni Achmad Zuhdi alias Yudi sebagai tersangka kasus tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Tak Percaya Pembunuhan Pria Bertato Ikan Mas Terkait Ilmu Kanuragan

Polda Metro Jaya masih mendalami motif-motif lainnya kasus pembunuhan pria bertato ikan mas di Bekasi yang disebut pelaku terkait ilmu kanuragan.

NEWS | 20 Mei 2022

Ova Emilia Terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022-2027

Ova Emilia terpilih Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027, setelah menyisihkan Bambang Agus Kironoto, dan Deendarlianto.

NEWS | 20 Mei 2022

Wakapolri Harap KBPP Polri Jaga Nama Baik Organisasi

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berharap Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri diharapkan untuk selalu menjaga nama baik organisasi.

NEWS | 20 Mei 2022

Terima KIP, Mahasiswa UMNU Kebumen Terima Kasih ke Puan

Ratusan Mahasiswa Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Ketua DPR Puan Maharani.

NEWS | 20 Mei 2022

Komisi VI DPR Minta Kejagung Tuntaskan Kasus Ekspor CPO

DPR meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) dapat menuntaskan kasus ekspor crude palm oil (CPO) atau kasus minyak goreng.

NEWS | 20 Mei 2022

Kasus Cacar Monyet Pertama Terdeteksi di Australia

Australia pada hari Jumat (20/5/2022) melaporkan kasus cacar monyet pertamanya pada seorang pelancong yang baru saja kembali dari Inggris.

NEWS | 20 Mei 2022

Perkara Jiwasraya, Kejagung Sita Aset Tambang Heru Hidayat

Kejagung menyita aset berupa tambang seluas 5.350 hektare milik terpidana perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Heru Hidayat

NEWS | 20 Mei 2022

Vaksin Merah Putih Segera Jalani Uji Klinik Fase 3

Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Unair segera menjalani uji klinik fase 3 pada bulan Juni 2022 mendatang.

NEWS | 20 Mei 2022




TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Simak Nih, Tiga Tips Tetap Sehat Finansial Usai Lebaran

Simak Nih, Tiga Tips Tetap Sehat Finansial Usai Lebaran

LIFESTYLE | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings