Logo BeritaSatu

RUU TPKS Akan Disahkan Jadi Inisiatif DPR, Ini Tahapan hingga Nanti Jadi UU

Senin, 17 Januari 2022 | 19:18 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) akan disahkan sebagai usul inisiatif DPR pada rapat paripurna, Selasa (18/1/2022). RUU TPKS masih akan melalui sejumlah tahapan sebelum nantinya ditetapkan menjadi undang-undang (UU).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Diah Pitaloka menegaskan RUU TPKS bukan berarti sudah resmi menjadi UU setelah disahkan sebagai RUU inisiatif besok. Dikatakan, RUU TPKS baru selesai melalui tahap harmonisasi di Badan Legislatif (Baleg) DPR sebelum dibawa ke paripurna. Usai menetapkan RUU TPKS sebagai RUU inisiatif, DPR nantinya akan bersurat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden kemudian akan mengirimkan surpres (surat presiden) dan DIM (daftar inventarisasi masalah). Presiden juga akan menunjuk kementerian yang akan membahas bersama dengan DPR, misalkan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM) dan Kementerian PPPA (Perlindungan Perempuan dan Anak),” kata Diah di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Setelah menerima balasan dari presiden, DPR akan menggelar rapat paripurna untuk menunjuk alat kelengkapan dewan yang akan membahas RUU TPKS. Dalam rapat tersebut, akan diputuskan komisi atau Badan Legislatif (Baleg) yang diberi kewenangan membahas RUU tersebut bersama pemerintah.

“Alat kelengkapan bisa dari komisi atau Baleg. Semoga prosesnya berjalan lancar,” ujar Diah.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini mengingatkan pentingnya kualitas dan komprehensif RUU ini, sehingga pembahasan antara DPR dan Pemerintah harus dilakukan secara saksama. Diah mengatakan RUU TPKS diharapkan dapat membawa perubahan, terutama dalam penegakan keadilan bagi korban kekerasan.

“UU ini juga dapat membangun mekanisme pencegahan dan pelayanan yang optimal dalam upaya perlindungan perempuan dan anak sebagai pihak yang rentan mengalami kekerasan seksual,” kata Diah.

Seperti diketahui, Ketua DPR Puan Maharani memastikan RUU TPKS akan disahkan menjadi inisiatif DPR pada rapat paripurna, Selasa (18/1/2022). Menurutnya, kecermatan dalam proses pengesahan RUU ini diperlukan agar produk hukum ini tak malah membatasi fungsi dan dedikasi perempuan.

“Bagaimana kita keluar rumah dengan tenang? Kita mau keluar rumah karena kita mau mendedikasikan diri kita pada pekerjaan kita. Kita kan mau dalam ke luar rumah nyaman, aman, tenang melaksanakan tugas tugas kita sebagaimana kita harapkan,” ungkap Puan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Tak Percaya Pembunuhan Pria Bertato Ikan Mas Terkait Ilmu Kanuragan

Polda Metro Jaya masih mendalami motif-motif lainnya kasus pembunuhan pria bertato ikan mas di Bekasi yang disebut pelaku terkait ilmu kanuragan.

NEWS | 20 Mei 2022

Ova Emilia Terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022-2027

Ova Emilia terpilih Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027, setelah menyisihkan Bambang Agus Kironoto, dan Deendarlianto.

NEWS | 20 Mei 2022

Wakapolri Harap KBPP Polri Jaga Nama Baik Organisasi

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berharap Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri diharapkan untuk selalu menjaga nama baik organisasi.

NEWS | 20 Mei 2022

Terima KIP, Mahasiswa UMNU Kebumen Terima Kasih ke Puan

Ratusan Mahasiswa Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Ketua DPR Puan Maharani.

NEWS | 20 Mei 2022

Komisi VI DPR Minta Kejagung Tuntaskan Kasus Ekspor CPO

DPR meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) dapat menuntaskan kasus ekspor crude palm oil (CPO) atau kasus minyak goreng.

NEWS | 20 Mei 2022

Kasus Cacar Monyet Pertama Terdeteksi di Australia

Australia pada hari Jumat (20/5/2022) melaporkan kasus cacar monyet pertamanya pada seorang pelancong yang baru saja kembali dari Inggris.

NEWS | 20 Mei 2022

Perkara Jiwasraya, Kejagung Sita Aset Tambang Heru Hidayat

Kejagung menyita aset berupa tambang seluas 5.350 hektare milik terpidana perkara korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Heru Hidayat

NEWS | 20 Mei 2022

Vaksin Merah Putih Segera Jalani Uji Klinik Fase 3

Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Unair segera menjalani uji klinik fase 3 pada bulan Juni 2022 mendatang.

NEWS | 20 Mei 2022




TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pembayaran Kompensasi ke Pertamina Perlu Ada Kepastian Waktu

Pembayaran Kompensasi ke Pertamina Perlu Ada Kepastian Waktu

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings