Logo BeritaSatu

Soal Ganti Kajati Berbahasa Sunda, Arteria Persilakan Ridwan Kamil Lapor MKD

Rabu, 19 Januari 2022 | 21:48 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi III dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan mempersilakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk melaporkannya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR jika tidak puas dengan pernyataan soal ganti Kajati berbahasa Sunda dalam rapat resmi. Sebagai negara demokrasi, kata Arteria, semua mekanisme dan kanal telah disediakan.

“Kalau saya salah kan jelas, mekanismenya ada MKD, apakah pernyataan salah. Kita ini demokrasi, silakan kalau kurang berkenan dengan pernyataan saya silakan saja (ke MKD),” ujar Ateria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Arteria menegaskan tidak ada upaya mendiskreditkan masyarakat Sunda dengan pernyataannya pada saat rapat kerja Komisi III DPR dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin dan jajarannya pada Senin (17/1/2022). Jika ada yang melaporkannya ke MKD, Arteria akan membuktikan pernyataannya tersebut bukan untuk melukai kelompok masyarakat tertentu.

“Tapi izinkan saya juga menyatakan yang demikian, repot dong kalau anggota DPR tiba-tiba seperti ini. Kita punya mekanisme, kita punya kanal-kanalnya. Dan saya bisa membuktikan yang saya katakan itu tidak ada maksud untuk mendiskreditkan,” kata Arteria.

Arteria pun meminta masyarakat dan pihak-pihak tertentu tidak menafsirkan secara berbeda pernyataannya. Menurutnya, semua pihak perlu memperhatikan betul pernyataannya yang lengkap pada saat rapat dengan Jaksa Agung dalam durasi kurang lebih 15 menit. Arteria justru menduga ada pihak yang tidak suka dengan dirinya yang menafsirkan secara berbeda pernyataan.

“Saya minta juga dicermati betul lah, apalagi 15 menit materi muatan saya, saya yakin pastinya banyak yang nggak suka, jadi dilihat semua video pernyataan itu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Arteria mengatakan, apa yang disampaikannya dalam rapat tersebut merupakan upaya bersama Komisi III DPR dengan kejaksaan untuk memastikan proses rekrutmen di kejaksaan baik itu mutasi, promosi dan demosi dilakukan secara objektif.

“Ini bagian dari komitmen kami, DPR, Komisi III, bersama dengan teman-teman di kejaksaan ingin meyakinkan tidak ada Sunda empire di kejaksaan. Bahwa mereka terpilih karena punya kompetensi, integritas, kapasitas, dan kapabilitas sebagai pemilik-pemilik atau pemegang-pemegang jabatan strategis di kejaksaan,” jelas dia.

“Makanya saya akan marah betul di saat kita meyakinkan publik tidak ada Sunda empire tiba-tiba masih ada satu atau dua jaksa yang bukannya cari muka, tapi berusaha mempertontonkan kedekatannya dengan cara-cara seperti itu,” kata Arteria menambahkan.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau Arteria Dahlan agar segera meminta maaf kepada masyarakat Sunda yang berada di berbagai daerah di Nusantara. Hal ini setelah Arteria Dahlan menyampaikan laporan terkait adanya kepala kejaksaan tinggi (kajati) yang berbicara dengan berbahasa Sunda di suatu forum rapat. Dia meminta agar kajati tersebut diganti.

"Jadi saya mengimbau Pak Arteria Dahlan sebaiknya meminta maaf ya kepada masyarakat Sunda di Nusantara ini, tetapi kalau tidak dilakukan pasti akan bereskalasi karena sebenarnya orang Sunda itu pemaaf ya, jadi saya berharap itu dilakukan," ujar Ridwan Kamil dalam siaran pers yang diterima di Bandung, Rabu (19/1/2022).

Ridwan Kamil menilai pernyataan yang dilontarkan Arteria melukai kebinnekaan NKRI. Maka dari itu, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil mengingatkan Arteria dengan cara baik-baik karena sejatinya orang Sunda itu memiliki sifat silih asih, silih asah, silih asuh.

“Menurut saya kekayaan, keberagaman makanya Pancasila Binneka Tunggal Ika itu mewakili semangat itu. Jadi kalau ada yang rasis seperti itu menurut saya harus diingatkan tentunya dengan baik-baik dulu," kata Ridwan Kamil.

Meski demikian, Gubernur Jabar menyesali pernyataan anggota DPR itu karena telah melukai sebagian besar warga Sunda di seluruh Indonesia. Terkait bahasa daerah, ia menyebut merupakan kekayaan Nusantara yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan patut untuk dilestarikan.

"Jadi saya menyesalkan statement dari Pak Arteria Dahlan terkait masalah bahasa ya, yang ada ratusan tahun, ribuan tahun menjadi kekayaan Nusantara ini," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jerman dan Qatar Sepakati Perjanjian Kemitraan Energi

Jerman dan Qatar menandatangani perjanjian kemitraan energi. Kesepakatan  membuat Doha dan Berlin fokus pada hubungan perdagangan dalam gas alam cair,

NEWS | 21 Mei 2022

Rwanda Segera Terima Kedatangan Pencari Suaka Inggris

Rwanda akan menerima gelombang pertama pencari suaka dari Inggris pada Mei ini. Kelompok pertama terdiri dari 50 pencari suaka.

NEWS | 21 Mei 2022

Bogor Berpotensi Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Bogor berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang dari siang hingga malam pada hari Sabtu. 

NEWS | 21 Mei 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Bertambah

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, bertambah tiga orang.

NEWS | 21 Mei 2022

Sanksi Barat pada Rusia Dapat Berlangsung Beberapa Dekade

Sanksi Barat pada Rusia tampaknya akan tetap berlaku untuk waktu yang sangat lama, bahkan mungkin beberapa dekade.

NEWS | 21 Mei 2022

BMKG: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

BMKG menginformasikan, Jakarta berpotensi diguyur hujan dengan disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari ini, Sabtu (21/5/2022).

NEWS | 21 Mei 2022

Wabah Cacar Monyet, AS Beli Jutaan Dosis Vaksin

Amerika Serikat (AS) membeli jutaan dosis vaksin untuk virus berbahaya saat wabah cacar monyet melanda.

NEWS | 21 Mei 2022

Kabar Duka! Mantan Anggota KPU Viryan Aziz Meninggal Dunia

Anggota KPU periode 2017-2022, Viryan Aziz meninggal dunia karena sakit yang dideritanya di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

NEWS | 21 Mei 2022

Adikoesoemo Hadirkan Beasiswa Pascasarjana Pertama di SMU

Adikoesoemo menghadirkan program beasiswa pascasarjana pertama di Singapore Management University (SMU) untuk mahasiswa Indonesia.

NEWS | 21 Mei 2022

Presenter TV Perempuan Afghanistan Wajib Tutupi Wajah

Presenter TV Perempuan Afghanistan perempuan harus menutupi wajah saat sedang siaran. Perintah Taliban harus diterapkan dan tidak untuk didiskusikan.

NEWS | 21 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jerman dan Qatar Sepakati Perjanjian Kemitraan Energi

Jerman dan Qatar Sepakati Perjanjian Kemitraan Energi

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings