Logo BeritaSatu

Survei: Hadapi Pandemi dengan Baik, Airlangga dan Golkar Berpeluang di 2024

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:17 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Kemampuan pemerintah menangani pandemi Covid-19 dengan baik membuat Airlangga Hartarto serta Partai Golkar berpeluang pada Pemilu serta Pilpres 2024 mendatang. Hal tersebut tak lepas dari peran Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga merupakan Ketua Umum Partai Golkar.

Hal tersebut menjadi salah satu hasil analisa dari survei jajak pendapat yang dilaksanakan Warna Research Center (WRC) dengan tajuk 'Perubahan Persepsi dan Perilaku Memilih Masyarakat Indonesia' yang disampaikan pada Kamis (20/1/2022)

Direktur Eksekutif WRC, Rinjani Dwi menyebutkan dari hasil temuan survei, Partai Golkar menjadi partai yang tertinggi paling disukai oleh masyarakat.

"67,3 % merasa suka dan dekat kepada partai Golkar dikarenakan kader kader Golkar sangat membawa kesejukan di masyarakat dan sangat terkenal sebagai partai yang punya pengalaman dalam pemerintahan," ujar Rinjani Dwi.

Selanjutnya disusul oleh Partai Gerindra yang disukai oleh 63,2 % responden, disusul di urutan ketiga PDI Perjuangan dengan tingkat kesukaan oleh masyarakat sebesar 61,2 %.

Kemudian PKB 53,7%, PAN 37,2%, PKS 34,2%, Demokrat 30,6%, PPP 20,2% dan parpol lainya memiliki tingkat kesukaan masih dibawah 10 %.

Saat dilakukan simulasi nama-nama ketua umum partai politik dengan pertanyaan apabila digelar Pemilihan Presiden hari ini dari sembilan nama Ketum Parpol mana yang akan di pilih, Rinjani Dwi mengungkapkan nama Airlangga Hartarto unggul.

"Hasilnya nama Airlangga Hartarto memiliki elektabilitas serta keterpilihan tertinggi dan dianggap sebagai representasi sosok presiden memiliki 24,3%. Kemudian menyusul Prabowo Subianto 22,5%, Agus Harimurti Yudhoyono 8,3%, Zulkifli Hasan 7,4%, Surya Paloh 6,5%, Megawati Soekarno Putri 6,5%, Muhaimin Iskandar 4,7%, Ahmad Syaikhu 5,9%, Suharso Monoarfa 5,3%, dan yang tidak memilih 8,6%," jelas Rinjani Dwi.

WRC kemudian mensimulasikan nama-nama ketua umum atau tokoh parpol dan tokoh non ketua umum parpol dengan pertanyaan apabila pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, tokoh mana yang akan dipilih.

"Dari hasil survei didapati apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini maka Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dinilai layak menjadi Presiden 2024 dengan jumlah pemilih sebesar 17,9 %," terang dia.

Perolehan Airlangga Hartarto ini melampaui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mendapat suara dari 14,1 % responden.

Menyusul Ganjar Pranowo 13,2%, Dudung Abdurrahman 8,6%, Puan Maharani 8,1%, Agus Harimurti Yudhoyono 4,9%, Muhaimin Iskandar 4,7%, Anies Baswedan 3,5%, Sandiaga Salahudin Uno 1,7%, Zulkifli Hasan 1,7%, Surya Paloh 1,1%, serta 17,6 % responden tidak memilih atau belum menentukan pilihannya.

Tingginya tingkat keterpilihan Airlangga Hartarto hari ini dibandingkan dengan tokoh lainnya menurut Rinjani Dwi disebabkan karena masyarakat menginginkan penerus tongkat estafet Presiden Joko Widodo adalah tokoh yang dianggap lebih tanggap dalam mengatasi masalah perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Tingkat elektabilitas Airlangga yang tinggi punya korelasi kuat dengan sosok presiden yang diinginkan masyarakat di mana berdasarkan hasil survei Warna Research Center (WRC), sebanyak 70,2 % menginginkan dan memilih sosok capres yang tanggap dalam mengatasi masalah perekonomian," pungkas Rinjani Dwi.

Survei WRC dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 2-15 Januari 2022 ini menggunakan metode multistage random sampling. Dengan jumlah 2.435 responden di 34 provinsi. Margin of error sekitar 2,2 % dengan tingkat kepercayaan 95 %.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

Sejumlah 200 mayat ditemukan di ruang bawah tanah satu gedung apartemen yang hancur di Mariupol, Ukraina.

NEWS | 25 Mei 2022

580 Ekor Bulus Karapas Lunak Dilepasliarkan di Sungai Mekong

Sekitar 580 tukik bulus karapas lunak raksasa Cantor yang terancam punah dibebaskan ke alam liar di sepanjang Sungai Mekong di provinsi Kratie, Kamboja

NEWS | 25 Mei 2022

Waspada, Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Cairan Tubuh

Masa inkubasi cacar monyet biasanya 6 sampai 16 hari tetapi dapat mencapai 5 sampai 21 hari. 

NEWS | 25 Mei 2022

Penanganan PMK di Lombok Timur Berbasis Kearifan Lokal

Strategi komunikasi penanganan PMK di Lombok Timur melibatkan pemuka agama dan menggunakan pengeras suara masjid yang ada di desa-desa.

NEWS | 25 Mei 2022

Jerman Desak Hungaria Sepakati Embargo Minyak Rusia

Jerman mendesak Hungaria menyepakati embargo minyak Rusia. keputusasaan Jerman atas penolakan beberapa negara Eropa terhadap embargo minyak Rusia terungkap

NEWS | 25 Mei 2022

Tak Perlu Panik, Pakar IPB Tegaskan PMK Bisa Dikendalikan

Pakar IPB Denny W Lukman mengatakan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) bisa dikendalikan secara terukur.

NEWS | 25 Mei 2022

Epidemiolog: Kebijakan Pemerintah Tangani PMK Sudah Tepat

Upaya pencegahan PMK oleh pemerintah dinilai tepat mengingat penularan PMK bisa melalui kontak langsung bahkan melalui udara.

NEWS | 25 Mei 2022

Mendagri: Pembangunan Perbatasan Perkuat Pertahanan Indonesia

Mendagri Tito Karnavian menegaskan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan merupakan langkah Pemerintah dalam percepatan pembangunan kawasan perbatasan.

NEWS | 25 Mei 2022

Gerebek Kampung Ambon, Polisi Tangkap 2 Pengedar Narkoba

Polisi menangkap dua pengedar narkoba jenis sabu saat menggerebek Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta Barat. 

NEWS | 25 Mei 2022

Polda Metro Buru Pencuri dengan Modus Pecah Kaca Mobil

Polda Metro Jaya memburu P, pencuri dengan modus pecah kaca mobil. Polda meringkus DS (35) sebagai tersangka dalam kasus itu.

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings