Logo BeritaSatu

Bentuk Panja, DPR Bakal Bahas Bisnis hingga Vaksin Kedaluwarsa

Sabtu, 22 Januari 2022 | 16:48 WIB
Oleh : Yusttinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PKB, Nur Nadlifah mengatakan pihaknya serius mengawasi vaksinasi yang tengah berlangsung ini. Salah satu bentuk pengawasan DPR dengan pembentukan panitia kerja (Panja) Vaksin pada 20 Januari 2022.

Nur mengatakan, isu-isu terkait vaksin akan dibahas secara mendalam dan detail dalam Panja Vaksin ini termasuk isu bisnis vaksin hingga adanya vaksin expired atau kedaluwarsa.

“Akan menjadi masukan (pembahasan) buat kami, kebetulan Panja baru terbentuk kemarin dan ini juga teman-teman fraksi belum menentukan anggota panjanya,” kata Nur di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Nur menegaskan, jika vaksinasi ini kental dengan nuansa bisnis, pihaknya akan mengevaluasi bersama dan mengejar dugaan komersialisasi vaksin tersebut. Nur menekankan, vaksin saat ini masih gratis demi kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

“Kita akan mengawasi itu pasti, jika vaksin ini kental dengan bisnis ini akan menjadi evaluasi bagi kita. Kita akan kejar juga,” tegasnya.

Selain isu bisnis, dia juga mengatakan vaksin yang sudah expired atau kedaluwarsa hasil dari bantuan juga akan menjadi perhatian DPR. Pihaknya bakal mempertanyakan penyebab vaksin tersebut expired dan langkah selanjutnya agar vaksin kedaluwarsa tersebut tidak disuntikkan kepada masyarakat.

“Vaksin yang sudah expired itu dari bantuan. Kami juga akan tetap memantau dan juga menanyakan kenapa harus expired,” pungkas dia.

Sebelumnya, Anggota Komisi IX DPR, Irma Suryani Chaniago mengatakan pihaknya bakal membentuk Panja Vaksin Covid-19. Terdapat sejumlah hal yang akan didalami panja tersebut. Salah satunya terkait 1,1 juta dosis vaksin yang disebut kedaluwarsa hingga mengenai vaksin halal.

“Kami meneliti semuanya mulai besar anggaran, distribusi vaksin, hibah, dan lain-lain," ucap anggota Komisi IX DPR, Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Pembentukan panja vaksin ini, kata Irma merupakan respons atas pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang menyebut mayoritas vaksin kedaluwarsa berasal dari donasi gratis asal negara-negara maju. Selain soal vaksin kadaluarsa, semua aspek yang berkaitan dengan vaksin akan dibahas di panja nanti.
Meski demikian, politikus Partai Nasdem ini mengaku belum menerima data resmi terkait pernyataan Menkes Budi.

"Menkes menyatakan yang banyak expired itu vaksin hibah, tetapi memang belum ada data resmi hibah dari mana saja, termasuk juga berbagai aspek," kata Irma.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Devanda Minta Dukungan 5 Program Strategis Nasional KNPI

Ketua Harian DPP KNPI Devanda Aditya menyatakan dukungannya bagi seluruh jajaran untuk melaksanakan lima program strategis nasional yang digaungkan MPI KNPI.

NEWS | 18 Mei 2022

Wali Kota Malang Ajak Guru Sukseskan Program Merdeka Belajar

Wali Kota Malang Sutiaji mengajak seluruh guru di Kota Malang turut menyukseskan dan menjalankan program Merdeka Belajar di sekolahnya masing-masing.

NEWS | 18 Mei 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan PPKM Akan Terus Diberlakukan

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan tetap diberlakukan hingga pandemi Covid-19 dapat dikendalikan.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Sesuai Harapan Presiden Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Golkar, PAN, dan PPP sesuai dengan harapan Presiden Jokowi.

NEWS | 18 Mei 2022

2 Mobil Tertimpa Pohon Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Dua unit mobil tertimpa pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang di wilayah Larangan Kota Tangerang, Rabu sore.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

NEWS | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings