Logo BeritaSatu

Pilot Ini Ungkap Cerita Saat Megawati Mendaratkan Pesawat Hercules

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:24 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Agus Sudarya, pilot Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri membeberkan sebuah cerita saat Megawati mendaratkan pesawat Hercules yang ditumpanginya. Cerita tersebut terjadi saat Megawati terbang dari Bali menuju Madiun untuk perjalanan dinas kenegaraan.

Diketahui, selama menjabat sebagai presiden saat itu, Megawati selalu menggunakan Pesawat VVIP C 130 Hercules A-1341

“Ketinggian 1.500 (kaki) Ibu (Megawati) nepuk tangan kanan saya terus (bertanya) ‘mas boleh tidak saya duduk di tempat duduk sebelah kanan, co pilot?’. Saya menjawab, siap laksanakan,” kata Agus saat acara peringatan HUT Megawati yang bertajuk "Merawat Pertiwi, Panjang Umur Ibu Megawati" yang disiarkan secara virtual, Minggu (23/1/2022).

Setelah itu Megawati dibantu oleh navigator yang bertugas melakukan komunikasi dengan Air Traffic Control (ATC) dari Bali untuk berkoordinasi soal rute penerbangan. Saat berkomunikasi, sejumlah maskapai penerbangan yang berada di sekitar Bali mendengar komunikasi Megawati dengan otoritas penerbangan di Bali.

Mereka tidak mengetahui yang berbicara adalah Megawati. Mereka menanyakan kepada Agus soal adanya suara perempuan yang sedang berkomunikasi dengan otoritas penerbangan. Agus awalnya tidak mengungkapkan bahwa yang tengah berkomunikasi itu adalah Megawati.

“Pada saat ketinggian masuk 16.000 feet, Ibu calling lagi, ‘Bali control, Alpha 1341 reaching 160, call over Surabaya.’ Pada sekian detik setelah itu, semua maskapai penerbangan yang mendengar di frekuensi tersebut mengatakan merdeka! Ibu merdeka! Presiden merdeka! Semua mengucapkan merdeka,” kata Agus.

Merespons ucapan itu, Megawati kemudian mengucapkan terima kasih. Setelah itu, dia bertanya kepada Agus soal beberapa lokasi yang terlihat oleh Megawati. Agus menerangkan lokasi yang terlihat tersebut antara lain Gunung Semeru dan Pulau Madura. Megawati terus bertanya kepada Agus selama penerbangan.

Agus mengakui dirinya sempat merasa stres saat itu. Hal tersebut karena yang tengah duduk di sampingnya saat itu adalah seorang pemimpin negara. Bahkan dia mengungkapkan ada pilot dari maskapai lain yang menghubunginya lalu mengingatkannya untuk berhati-hati mengingat yang ada di pesawat itu adalah orang nomor 1 di Indonesia saat itu.

“Lewat Surabaya, leaving dari ketinggian 16.000 (kaki) itu descent. Saya berpikir saat itu Ibu mau pindah seat. Mau diisi lagi oleh co-pilot. Ternyata sampai pesawat leaving, contact Madiun, approach, dan contact Wahyudi Tower, Ibu sampai landing dan Ibu me-landing-kan pesawat,” ungkap Agus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPPPA Gandeng UGM Siapkan Aturan Pelaksana UU TPKS

Kementerian PPPA menggandeng UGM untuk menyiapkan aturan pelaksana Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).  

NEWS | 18 Mei 2022

Penolakan Singapura Terhadap UAS, Begini Respons NU

Keputusan Singapura menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) atau not to land mendapatkan tanggapan dari NU.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis Koalisi Indonesia Bersatu akan memenangkan Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Orang Tua dan Guru Harus Pantau Remaja Agar Tidak Kecanduan Gawai

Orang tua dan guru bimbingan dan konseling (BK) perlu berkolaborasi memantau risiko kecanduan gawai pada remaja termasuk saat pandemi Covid-19.

NEWS | 18 Mei 2022

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan karena keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022.

NEWS | 18 Mei 2022

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

EKONOMI | 6 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings