Logo BeritaSatu

DPR Setuju Prabowo Jual 2 Kapal Perang Indonesia

Kamis, 27 Januari 2022 | 14:48 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan, komisinya menyetujui rencana Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjual 2 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), yakni KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513. Kedua kapal tersebut dinilai tidak layak lagi dipakai.

Komisi I DPR memberikan persetujuan setelah mendengarkan langsung penjelasan Prabowo dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono terkait hasil penelitian dan alasan kedua kapal tersebut dijual dalam rapat kerja Komisi I di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/1/2022). Dalam rapat tersebut, hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Komisi I DPR RI memutuskan menyetujui usulan penjualan kapal eks KRI Teluk Bandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513 pada Kementerian Pertahanan sesuai dengan Surpres nomor R sekian sekian, perihal permohonan persetujuan penjualan barang milik negara berupa kapal eks KRI Teluk Mandar 514 dan KRI 513 pada Kementerian Pertahanan dan dijalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Meutya membacakan keputusan rapat.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo mengapresiasi dukungan politik dari DPR untuk melakukan penjualan 2 kapal perang tersebut. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang membantu proses penjualan 2 kapal tersebut.

“Kami juga harus melaporkan bahwa Menkeu dan Kemenkeu juga telah membantu dan telah mendukung rencana ini. Jadi memang kami harus akui bahwa Menkeu kita sangat pruden sangat hati-hati. Jadi, memang kadang-kadang perjuangan sama keuangan cukup alot, tetapi saya kira itu tugas mereka. Kalau mereka tidak alot, ya mungkin managemen keuangan kita tidak seperti sekarang,” ungkap Prabowo.

Prabowo menerangkan, umur dua eks kapal perang Indonesia tersebut sudah terlalu tua untuk tetap digunakan oleh TNI AL. Kedua kapal buatan Korea itu diproduksi tahun 1980. Apalagi, kata Prabowo, hasil penelitian yang dilakukan TNI AL menunjukkan, kedua KRI itu sudah tidak layak untuk beroperasi lantaran banyak pipa yang keropos.

“Permesinan, kelistrikan, peralatan navigasi, komunikasi dan instrumen di anjungan (kapal) sudah tidak bisa digunakan lagi, kondisi platform dan sudah tidak layak digunakan dan tidak efisien untuk diperbaiki,” jelas Prabowo.

Prabowo juga menyampaikan potensi hasil dari penjualan 2 kapal tersebut, yakni untuk KRI Teluk Penyu 513 rencananya akan dilelang dengan harga Rp 4,91 miliar dengan nilai perolehan sebesar Rp 121,03 miliar. Sementara untuk KRI Teluk Mandar 514 nilai limit jual atau lelangnya sebesar Rp 695 juta dengan nilai perolehan Rp 121,90 miliar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Covid-19: Tambah 345, Kasus Baru Naik Dua Kali Lipat

Kasus baru positif harian Covid-19 di Indonesia dilaporkan Kementerian Kesehatan hari ini naik dua kali lipat dibandingkan kemarin.

NEWS | 24 Mei 2022

Siloam Hospitals Manado Ingatkan Pentingnya Hidup Sehat

Siloam Hospitals Manado, Sulawesi Utara mengingatkan tentang pentingnya menjaga polda hidup sehat.

NEWS | 24 Mei 2022

Amnesty International: Eksekusi Mati Melonjak 20 Persen pada 2021

Amnesty International menyatakan kasus eksekusi mati melonjak 20 persen dan jumlah hukuman mati yang dijatuhkan meningkat 40 persen pada 2021.

NEWS | 24 Mei 2022

Banjir Rob, Gubernur Jateng Kembali Cek Tanggul Laut Jebol

Gubernur Jawa  Tengah Ganjar Pranowo kembali meninjau beberapa titik yang tergenang rob, serta tanggul laut yang jebol, Selasa 24 Mei 2022.

NEWS | 24 Mei 2022

Kemendagri Harus Susun Aturan Teknis Penjabat Kepala Daerah

Saan Mustopa menganjurkan Kemendagri segera membuat dan menyusun aturan teknis penunjukan dan pengangkatan penjabat kepala daerah.

NEWS | 24 Mei 2022

Menko PMK Launching Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove

Menko PMK Muhadjir Effendy saat me-launching penanaman 10 juta pohon mangrove di 34 provinsi di Indonesia.

NEWS | 24 Mei 2022

Westlife Gelar Konser di Jakarta pada 11 Februari 2023

Westlife akan menggelar konser The Wild Dreams Tour pada 11 Februari 2023 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta.

NEWS | 24 Mei 2022

BPBD Jateng Kerahkan Tim ke Daerah Terdampak Banjir Rob

BPBD Jateng mengerahkan tim ke daerah terdampak banjir rob yang terjadi di wilayahnya. Tim akan siaga di posko hingga dapur umum.

NEWS | 24 Mei 2022

Empat Negara Eropa Serukan Perampasan Aset Rusia untuk Ukraina

Empat negara Eropa menyerukan perampasan aset Rusia untuk rekonstruksi Ukraina. Seruan disampaikan lewat surat dari Lithuania, Slovakia, Latvia dan Estonia

NEWS | 24 Mei 2022

Aruna Hadiri Pra-KTT III Y-20 Indonesia di Balikpapan

Aruna, perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia diundang untuk menjadi bagian dari Pra-KTT III Y20 Indonesia  di Balikpapan, Kaltim.

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bekasi Fajar Bidik Marketing Sales Lahan Industri Rp 700 M

Bekasi Fajar Bidik Marketing Sales Lahan Industri Rp 700 M

EKONOMI | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings