Logo BeritaSatu

Begini Respons Prabowo Saat Ditanya Soal Deklarasi Capres 2024

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:04 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto enggan memberikan jawaban atas pertanyaan awak media soal kepastian dirinya menjadi calon presiden (capres) 2024 dan waktu deklarasi menjadi capres 2024. Prabowo hanya melemparkan senyum dan tawa ketika diminta komentar soal deklarasi capres 2024, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Prabowo merupakan salah satu calon kuat yang bakal menjadi capres 2024. Bahkan, mayoritas survei selalu menunjukkan bahwa Prabowo memiliki elektabilitas tertinggi atau nomor 1 dibandingkan tokoh-tokoh lainnya. Dua tokoh lain yang biasanya membuntuti elektabilitas Prabowo adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Peluang Prabowo juga sangat terbuka lebar karena didukung oleh partai terbesar kedua di Indonesia, yakni Partai Gerindra di mana pada Pileg 2019 lalu meraih 17.594.839 suara atau 12,57% dari suara sah pemilih nasional. Apalagi, kader dan pengurus Gerindra tetap mendukung partainya untuk kembali mengusung Prabowo di Pilpres 2024.

Pengalaman Prabowo untuk bertarung di Pilpres tidak perlu diragukan lagi karena dia sudah tiga kali ikut menjadi kontestan Pilpres, meskipun berakhir dengan kegagalan. Pertama, Prabowo ikut bertarung pada Pilpres 2009, namun saat itu dia menjadi wakil dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menjadi capresnya. Megawati-Prabowo kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Budiono.

Lalu, pada Pilpres 2014, Prabowo kembali maju untuk merebut RI 1 di mana saat itu dia menjadi capres dengan menggandeng Ketum PAN Hatta Rajasa sebagai cawapres. Namun, pasangan Prabowo-Hatta kalah dengan lawannya saat itu, yakni Joko Widodo-Jusuf Kalla. Pada Pilpres 2019, Prabowo kembali bertarung dengan menggandeng Sandiaga Uno sebagai cawapresnya. Prabowo lagi-lagi gagal untuk mengalahkan petahana, Joko Widodo yang berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin.

Setelah Pilpres 2019, Presiden Jokowi menarik Prabowo masuk kabinet dan menjadi Menteri Pertahanan hingga saat ini. Pilpres 2024 menjadi pertaruhan dan kesempatan terbaik bagi Prabowo untuk menduduki RI 1. Kinerjanya sebagai Menhan, soliditas kader dan pengurus Gerindra, koalisi dan calon cawapres yang dipilih Prabowo, bakal menjadi faktor-faktor yang menentukan kalah-menangnya di Pilpres 2024.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banjir Rob, 185 Peti Kemas di Tanjung Emas Terdampak

Sebanyak 185 peti kemas terdampak banjir rob yang melanda kawasan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

NEWS | 27 Mei 2022

Polisi Berupaya Kembalikan Dana Korban DNA Pro

Polisi secepatnya menuntaskan perkara penipuan robot trading aplikasi DNA Pro dan menelusuri seluruh aset para tersangka untuk dikembalikan kepada korban

NEWS | 27 Mei 2022

Khofifah Ajak Warga Jatim Salat Ghaib untuk Syafii Maarif

Khofifah mengatakan kepergiaan Syafii Maarif dirasakan seluruh rakyat Indonesia karena almarhum merupakan salah satu putra terbaik bangsa.

NEWS | 27 Mei 2022

Besok, KBRI Swiss Akan Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

KBRI Swiss rencananya akan menyampaikan update pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz besok siang waktu Indonesia.

NEWS | 27 Mei 2022

Megawati Berharap PBB Kuatkan Fungsi BMKG Internasional

Megawati mengajak seluruh negara dunia yang tergabung dalam PBB bahu-membahu memperkuat mitigasi bencana melalui penguatan fungsi BMKG Internasional.

NEWS | 27 Mei 2022

Menlu: Putra Gubernur Ridwan Kamil Belum Ditemukan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz belum ditemukan.

NEWS | 27 Mei 2022

Kenangan Din Syamsuddin Mengenai Sosok Buya Syafii Maarif

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, M Din Syamsuddin menceritakan berbagai kenangannya bersama Buya Ahmad Syafii Maarif yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 27 Mei 2022

Polisi Masih Tunggu Hasil Pemeriksaan Urine Sopir Pajero

Polisi masih menunggu hasil pemeriksaan urine terhadap pengemudi mobil Pajero berinisial JRS (23) yang terlibat kecelakaan maut di Jalan MT Haryono, Jaksel

NEWS | 27 Mei 2022

Soal Anak Ridwan Kamil, Keluarga: Belum Ada Informasi Baru

Pihak keluarga belum menerima informasi terbaru mengenai anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

NEWS | 27 Mei 2022

Bima Arya Pimpin Doa untuk Keselamatan Anak Ridwan Kamil

Wali Kota Bogor Bima Arya memimpin doa untuk keselamatan anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas Hoki Jadikan Piala Asia Uji Coba Asian Games 2023

Timnas Hoki Jadikan Piala Asia Uji Coba Asian Games 2023

SPORT | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings