Logo BeritaSatu

Prabowo Layak Khawatir Elektabilitasnya Makin Menyusut

Sabtu, 7 Mei 2022 | 17:52 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto layak untuk khawatir elektabilitasnya makin menyusut. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai langkah silaturahmi Menteri Pertahanan ke Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) adalah kerja politik untuk menyongsong Pilpres 2024.

“Kalau melihat data-data statistik, Prabowo secara perlahan mulai kalah dari Ganjar (Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo). Dalam konteks itulah tentu Prabowo layak khawatir elektabilitasnya akan semakin menyusut, kalah dibandingkan dengan Ganjar ataupun calon yang lain,” ujar Adi kepada wartawan, Sabtu (7/5/2022).

Advertisement

Selain itu, Prabowo dinilai tidak bisa hanya berada di zona nyaman menikmati tabungan elektabilitas yang dimiliki selama mengikuti pilpres. Oleh sebab itu, Adi memandang tidak mengherankan jika kemudian Prabowo memanfaatkan momen Lebaran untuk melakukan sejumlah kunjungan politik di sejumlah wilayah kunci.

Adi menjelaskan tiga daerah yang menjadi tujuan agenda kunjungan, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat adalah wilayah kunci, mengingat lebih 50 persen jumlah pemilih ada di ketiga daerah tersebut. Kunjungan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu ke Jawa Timur dan Jawa Tengah, dianggap tak terlepas dari pengalaman kalah perolehan suara di dua daerah tersebut pada pilpres sebelumnya.

“Kalau di Jawa Barat tentu konteksnya untuk mengonsolidasi dukungan yang selama ini memang cukup solid mendukung Prabowo pada Pilpres 2014 dan 2019,” tuturnya.

Di sisi lain, Pilpres 2024 disebut paling banyak akan melibatkan tiga pasangan calon (paslon). Kemungkinan itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas. Dia memaparkan simulasi soal perkiraan paslon yang berpotensi akan terwujud pada Pilpres 2024.

Dia menggunakan asumsi calon presidennya merupakan tiga nama terkuat dari sejumlah hasil rilis lembaga survei nasional belakangan ini, yakni Ganjar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

“Simulasi pasangan bisa saja seperti ini, Prabowo-Puan (Ketua DPR Puan Maharani); Ganjar-Airlangga (Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto); Anies-AHY (Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono),” ujar Sirojudin kepada wartawan, Jumat (6/5/2022).

Meski begitu, Sirojudin pun menyatakan terbuka simulasi paslon lainnya, yakni dengan nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri BUMN Erick Thohir. “Misalnya, Ganjar-Ridwan Kamil, Prabowo-Sandiaga, dan Anies-Erick Thohir,” tuturnya.

Hanya saja, dia menegaskan masih terbuka kemungkinan konfigurasi lainnya akan terwujud di luar dua simulasi dimaksud. Hal ini mengingat negosiasi koalisi saat ini belum dimulai. Dia memandang komunikasi yang terjadi saat ini antara sejumlah elite politik baru dalam tahap penjajakan serta merupakan wujud upaya membangun hubungan baik, termasuk dengan pemilih.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup rangkaian pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, Minggu (14/8/2022) pukul 23.59 WIB.

NEWS | 15 Agustus 2022

Wow! Tim IOI Indonesia Berhasil Rebut Delapan Medali

Tim Indonesia berhasil meraih delapan medali di ajang International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34.

NEWS | 15 Agustus 2022

Hari Ini, KPU Tentukan Nasib 16 Parpol yang Dokumennya Belum Lengkap

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya akan menentukan nasib 16 partai politik yang dokumen pendaftarannya belum lengkap pada hari ini.

NEWS | 15 Agustus 2022

40 Parpol Resmi Mendaftar sebagai Peserta Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 40 partai politik yang resmi sudah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

NEWS | 15 Agustus 2022

Dunia Internasional Akui 3 Tahun Indonesia Swasembada Beras

Indonesia mendapatkan penghargaan IRRI karena mampu mencapai swasembada beras selama tiga tahun berturut-turut.

NEWS | 15 Agustus 2022

FAO Bangga Indonesia Berhasil Capai Swasembada Beras

Kepala Perwakilan FAO Indonesia Rajendra Aryal menyampaikan selamat atas prestasi Indonesia dalam mencapai swasembada beras.

NEWS | 15 Agustus 2022

KPU Tutup Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

KPU resmi menutup rangkaian pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 yang dimulai sejak 1Agustus 2022 lalu. Tercatat ada 40 parpol yang mendaftar. 

NEWS | 15 Agustus 2022

Daftar ke KPU, Hasnaeni Wanita Emas: Seperti Buat 1.000 Candi dalam Semalam

Ketua Umum Partai Republik Satu, Hasnaeni Wanita Emas mengatakan, upaya mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU seperti membuat 1.000 candi.

NEWS | 15 Agustus 2022

Jakarnaval 2022 Sukses Digelar di Sirkuit Formula E

Jakarnaval 2022 di Sirkuit Formula E atau Sirkuit Internasional E-Prix Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Minggu (14/8/2022), sukses digelar.

NEWS | 15 Agustus 2022

Dipimpin Eggi Sudjana, Partai Pemersatu Bangsa Ingin Buat Indonesia Bertakwa

Usai mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU, Partai Pemersatu Bangsa (PPB) yang dipimpin Eggi Sudjana ingin membawa Indonesia kepada ketakwaan.

NEWS | 14 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings