Logo BeritaSatu

DPR Minta Masa Kampanye Pemilu 2024 Jadi 75 Hari

Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:24 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDIP Muhammad Rifqinizamy Karsayuda atau biasa disapa Rifqi mengatakan seluruh fraksi di Komisi II DPR sepakat meminta durasi kampanye Pemilu 2024 dipersingkat menjadi 75 hari. Kesepakatan ini disampaikan dalam konsinyering Komisi II DPR, KPU, Bawaslu dan Kementerian Dalam Negeri pada Jumat (13/5/2022) di Jakarta.

"Soal durasi masa kampanye. Usulan KPU 90 hari diminta oleh seluruh fraksi di Komisi II DPR RI untuk disederhanakan menjadi 75 hari," ujar Rifqi kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022).

Namun, kata Rifqi, terdapat dua catatan penting dalam durasi kampanye Pemilu 2024 yang dipersingkat tersebut. Pertama, tuturnya, perubahan mekanisme pengaturan tentang pengadaan barang dan jasa atau logistik pemilu yang lebih simpel, efisien, transparan dan akuntabel.

"Pengadaan logistik pemilu itu menggunakan elektronik katalog dan penyebaran pencetakan di beberapa tempat di Indonesia. Sehingga penyebaran distribusinya bisa sebangun dengan masa kampanye yang tidak terlalu lama," ungkapnya.

Kedua, kata Rifqi, DPR meminta pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk segera menyusun kodifikasi hukum acara pemilu. Menurut dia, kodifikasi tersebut tidak hanya melibatkan pemerintah dan penyelenggara pemilu tapi juga Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

"Karena itu, seluruh pihak termasuk DPR akan bekerja maksimal mewujudkan kodifikasi hukum acara pemilu ini guna memastikan waktu penyelesaian sengketa dan mekanisme hukum bisa tepat waktu, tidak menganggu proses pelantikan dan periodisasi jabatan politik," jelas Rifqi.

Selain durasi kampanye, kata Rifqi, konsinyering tersebut menyepakati bahwa KPU dan Bawaslu tetap menggunakan sistem informasi yang sudah ada. Namun, tutur dia, DPR, penyelenggara pemilu dan pemerintah sepakat e-voting atau pemungutan suara secara elektronik belum diterapkan pada Pemilu 2024.

"Seluruh pihak sepakat sistem informasi yang digunakan sekarang oleh KPU dan Bawaslu akan dipertahankan dan wacana untuk menerapkan e-voting tidak akan digunakan pada 2024 dengan pertimbangan, salah satunya belum meratanya infrastruktur dan teknologi informasi di Indonesia dan hal lain," kata Rifqi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Disambut Wapres, Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Tanah Air

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Tanah Air pada Senin, 16 Mei 2022, setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja dari AS.

POLITIK | 16 Mei 2022

Pelaku Seni Tari Dukung Ganjar sebagai Capres di Pilpres 2024

Dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024 disampaikan para pelaku seni tari se-Jawa Tengah.

POLITIK | 15 Mei 2022

Anggota DPR: Rakyat Makin Cerdas Tidak Terprovokasi Isu Pemakzulan

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra, Habiburokhman meyakini masyarakat makin cerdas sehingga tidak terprovokasi dengan isu pemakzulan Presiden Jokowi.

POLITIK | 15 Mei 2022

Bangun Kreativitas, Teman Sandi Gelar Lomba untuk Milenial di Pati

Teman Sandi, relawan Sandiaga Uno menggelar kegiatan untuk milenial di Pati sebagai bentuk dukungan kepada Sandiaga Uno sebagai capres di Pilpres 2024.

POLITIK | 15 Mei 2022

Silaturahmi Airlangga-Ridwan Kamil Singgung Ekonomi Jabar

Pertemuan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto tersebut turut disinggung soal pengembangan perekonomian Jabar.

POLITIK | 15 Mei 2022

Hasil Polling Ketua PBNU, Cak Imin Jadi Capres Pilihan dari NU

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin jadi capres pilihan dari Nahdlatul Ulama (NU) berdasarkan polling yang dilakukan Ketua PBNU Savic Ali. 

POLITIK | 15 Mei 2022

Temui Airlangga, Ridwan Kamil Puji Koalisi Indonesia Bersatu

Ridwan Kamil menyampaikan apresiasi terhadap Koalisi Indonesia Bersatu yang dibentuk Partai Golkar, PPP, dan PAN.

POLITIK | 15 Mei 2022

Ridwan Kamil: Pasti Saya Berbalas Budi ke Partai Golkar

Ridwan Kamil berkunjung ke rumah dinas Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

POLITIK | 15 Mei 2022

Airlangga Ungkap Koalisi Indonesia Bersatu Berpeluang Lirik Ridwan Kamil

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengungkapkan peluang Koalisi Indonesia Bersatu melirik Ridwan Kamil untuk Pilpres 2024 mendatang.

POLITIK | 15 Mei 2022

Kenang Fatmawati, Puan Maharani: Sosok Kebanggaan Indonesia

Ketua DPR Puan Maharani mengenang Ibu Negara pertama, Fatmawati yang juga neneknya. Fatmawati wafat pada 14 Mei 1980 pada usia 57 tahun.

POLITIK | 15 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas

Kecelakaan Bus di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas

NASIONAL | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings