Nova Buildings Buka Pabrik di Vietnam

Nova Buildings Buka Pabrik di Vietnam
General Manager Nova Building Indonesia, Tugiman Warisman, menyaksikan proses 'unloading' pada pengiriman proyek pertama di Batam. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 9 Mei 2019 | 21:04 WIB

Ho Chi Minh, Beritasatu.com - Nova Buildings Group, produsen baja struktural dan penyedia solusi regional untuk bangunan baja prefab (Pre-Engineered Building), mengumumkan akuisisi BlueScope Buildings, aset utama di Bien Hoa City di Provinsi Dong Nai, Vietnam, agar sejalan dengan pertumbuhan industri konstruksi di Indonesia, Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Sejak pengumuman tersebut, Nova Buildings Group telah mengambil alih pabrik fabrikasi struktur baja yang terletak sekitar 30 kilometer dari kota Ho Chi Minh. Persiapan telah dilakukan untuk memperbarui dan menyiapkan pabrik untuk resmi dijalankan.

"Nova Buildings memfabrikasi bangunan prefab sesuai dengan standar kualitas internasional. Sejak mengambil alih aset fabrikasi ini, tim operasional kami telah bekerja keras untuk menerapkan standar prosedur produksi dan proses kontrol kualitas. Fokusnya adalah pada pelatihan untuk operator pabrik dan memastikan semua pekerja kami memiliki kualifikasi dan sertifikasi yang diperlukan," kata CEO Nova Buildings Group, Cheong Ku Wei, kepada Beritasatu.com, Kamis (9/5/2019).

Cheong Ku Wei menambahkan, dengan fasilitas yang ada dan ditunjang dengan kesiapan mesin dan peralatan yang baik, serta ketekunan dari tim operasional, pabrik tersebut diharapkan dapat lebih cepat beroperasi dari waktu yang ditentukan.

"Kami saat ini memproduksi batch perdana dari kerangka baja kami untuk proyek pelanggan kami di wilayah yang dituju. Kami juga sedang mempersiapkan rencana untuk meningkatkan jumlah produksi dengan cepat seiring dengan proyeksi peningkatan dari permintaan penjualan kami," tambah Cheong Ku Wei.

Menurut Cheong Ku Wei, fasilitas Bien Hoa sekarang siap untuk dijalankan sepenuhnya, dan pesanan untuk proyek bangunan PEB baru akan dibuat di sini dan dikirim ke lokasi proyek domestik dan ekspor di Asia Tenggara dan seluruh dunia.

"Fasilitas ini memiliki kapasitas tahunan untuk fabrikasi rangka baja hingga 12.000 ton per tahun dan diperkirakan akan menjadi pusat manufaktur utama dan pusat ekspor Nova Building," kata Cheong Ku Wei.

General Manager Nova Buildings Indonesia, Tugiman Warisman, mengatakan, pembangunan infrastruktur saat ini menjadi fokus utama di Indonesia, tidak hanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tetapi juga untuk meningkatkan daya saing nasional, mencapai pembangunan yang merata, serta mengurangi kesenjangan antar daerah.

"Pertumbuhan industri konstruksi di Asia Tenggara saat ini bertumbuh pesat dan demikian pula yang terjadi di Indonesia. Pemerintah memberi fokus pada pertumbuhan infrastruktur di berbagai wilayah dan hal ini mendorong pangsa pasar konstruksi di Indonesia yang potensial bagi kami," kata Tugiman.

Tugiman mengatakan, pengiriman pertama struktur baja ke Batam untuk perusahaan multinasional terealisasi tepat waktu. Proyek ini memiliki desain dengan tantangan tersendiri dan mensyaratkan roll-on-site untuk atap bentang panjang.

"Nova Buildings Indonesia mampu mengatasi tantangan tersebut dengan kemampuan desain dan integrasi yang handal serta pengadaan komponen fabrikasi yang berkualitas," tambah Tugiman Warisman.



Sumber: BeritaSatu.com