Bidik Konsumen Startup, SOHO Pancoran Targetkan Penjualan Rp 1 T

Bidik Konsumen Startup, SOHO Pancoran Targetkan Penjualan Rp 1 T
GM Sales & Marketing SOHO Pancoran, Herlina Tamblin (kedua kiri) usai konferensi pers di Jakarta, Senin (9/9/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Whisnu Bagus )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Senin, 9 September 2019 | 14:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) membidik konsumen perusahaan rintisan (startup) melalui proyek mix use berkonsep Small Office Home Office (SOHO) Pancoran di Jakarta, Selatan. Penjualan SOHO Pancoran ditargetkan menembus Rp 1 triliun.

"SOHO Pancoran menawarkan unit properti yang bisa dimanfaatkan sebagai hunian, kantor, atau keduanya. Konsepnya menyerupai ruko (rumah toko) yang bernaung dalam bangunan vertikal," kata GM Sales & Marketing SOHO Pancoran, Herlina Tamblin dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Herlina Tamblin mengungkapkan, penjualan SOHO Pancoran saat ini telah mencapal 80 persen dari total 346 unit. Perseroan menargetkan seluruh unit terjual pada akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020. Total nilai penjualannya diperkirakan mencapai Rp 1 triliun. "Mayoritas pembeli yakni end-user dan akan difungsikan sebagai kantor," kata Herlina Tamblin.

Dia mengatakan, dari total 80 persen penjualan, SOHO Pancoran tidak hanya diminati perusahaan startup, namun juga perusahaan informasi teknologi (IT), kantor pengacara, notaris, akuntan publik, konsultan pajak, konsultan arsitek dan interior. Bahkan beberapa perusahaan menjadikan SOHO Pancoran sebagai head office-nya.

Proyek mixed use SOHO Pancoran berdiri di lahan seluas 7.700 m2 yang terdiri dari dua tower, yakni Splendor Wing 30 lantai dan Noble Wing setinggi 20 lantai. Setiap unit yang ada di kedua tower tersebut memiliki luas 96 m2 sampal 132 m2. Total unit yang disediakan kedua wing ini adalah 346 unit, dengan Splendor Wing sejumlah 238 unit dan Noble Wing sejumlah 108 unit. Harga yang dibanderol per unit berkisar Rp 3 hingga 4 miliar.

Mengutip dari dailysocial.net, saat ini setidaknya lebih dari 1.500 startup lokal di Indonesia. Semakin pesatnya perkembangan bisnis startup atau bisnis berskala kecil dengan jumlah karyawan sekitar 10-15 orang, membutuhkan berbagai fasilitas pendukung. Salah satunya lokasi kantor dan hunian bagi pebisnis startup. Dari sisi konsep, SOHO Pancoran merupakan jawaban atas kebutuhan residensial sekaligus bekerja di satu hunian yang dilengkapi lifestyle center. 

Sebagai gambaran, selain di Pancoran, Agung Podomoro Land membangun proyek SOHO di kawasan Central Park, Jakarta Barat. "Lebih dari 50 startup berada di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Begitu juga dengan daerah pancoran dan sekitarnya yang menjadi kantor puluhan bisnis startup,” ujar Herlina Tamblin. .

Herlina mengatakan, hunian strata title ini bisa menjadi pilihan investasi seiring pertumbuhan kawasan Jakarta Selatan. Lokasi yang strategis, di dekat Tugu Pancoran, Jalan Tol Dalam Kota serta dilalui fasilitas transportasi publik (Transjakarta dan LRT), membuat SOHO Pancoran memiliki nilai investasi tinggi.

Keuntungan lain dari segi efisiensi yakni bebas biaya overtime. Status kepemilikan yang didapatkan di SOHO memengaruhi kebebasan biaya servis tambahan yang biasanya ada saat menyewa unit di gedung perkantoran atau ruang kerja di co-working space. "Customer yang ingin memiliki kantor yang lebih besar dapat menggabungkan beberapa unit SOHO hingga mencapai luasan 500 m2," ujar Herlina Tamblin.



Sumber: BeritaSatu.com