Jaga Asupan Nutrisi Seimbang Selama Puasa
JEDA

Jaga Asupan Nutrisi Seimbang Selama Puasa

27 April 2021 | 20:58 WIB
Oleh: Indah Handayani / Jaja Suteja

Jakarta, Beritasatu.com - Ramadan tahun ini adalah Ramadan dengan momentum ganda, puasa dan pandemi. Puasa sendiri terdapat pola ketika waktu makan pun dibatasi dari terbit fajar hingga sore hari. Di waktu tersebut, sekitar 12-13 jam tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman apapun. Hal ini tentu saja membutuhkan nutrisi yang cukup selama menjalankan puasa.

Ahli Gizi Seala Septiani, mengatakan pada dasarnya kebutuhan nutrisi antara orang yang berpuasa dan tidak berpuasa tetaplah sama, yaitu kebutuhan gizi seimbang. Prinsip dasar gizi seimbang adalah jenis makanan dengan variasi cukup serta seimbang dibarengi jumlah porsi yang cukup.

Di dalamnya harus ada sumber karbohidrat kompleks, protein, serta dilengkapi dengan buah dan sayur. “Tidak hanya variasi, jumlah makanannya juga harus diperhatikan, tidak berlebihan.” ungkapnya di sela IG Live Hometown Dairy, belum lama ini.

Seala menambahkan untuk mengetahui jumlah gizi atau nutrisi seimbang, dapat menggunakan prinsip "Isi Piringku". Caranya, makan dalam 1 piring dengan aneka ragam makanan. Komposisinya: satu piring dibagi dua, setengah piring berisi 2/3 karbohidrat kompleks, dan 1/3 lauk pauk dan setengah piring lainnya adalah untuk buah dan sayur mayur. Selain itu, kebutuhan air juga sangat penting, minimal delapan gelas sehari. Namun, di kebutuhan cairan tubuh itu bisa didapat dari berbagai hidangan.

Salah satunya, lanjut Saela, adalah susu segar Pasteurisasi menjadi salah satu alternatif padat gizi untuk membantu memenuhi kebutuhan protein, karena kandungan proteinnya dan mikronutriennya dapat membantu menutrisi tubuh selama berpuasa. Selain itu, dua gelas susu segar sehari dapat membantu mengisi kebutuhan cairan tubuh yaitu minimal delapan gelas sehari pada orang normal.

Sementara itu, Anjani Miranti selaku Marketing dari Hometown Dairy menambahkan susu segar yang dapat dipilih salah satunya adalah susu segar Pasteurisasi Hometown Dairy. Susu tersebut 100% susu murni tanpa tambahan apapun seperti air, gula, pemanis, pengawet, dan lainnya.

Sehingga susu segar Hometown Dairy hanya bertahan sampai 3 hari setelah botol dibuka dan dimasukkan ke lemari pendingin. “Dapat bertahan selama kurang lebih 7- 12 hari sebelum kemasan dibuka,” tutupnya. 



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN
GALERI