Gubernur Kalbar Buat Pergub Sanksi Pembakar Lahan

Gubernur Kalbar Buat Pergub Sanksi Pembakar Lahan

Rabu, 24 Juli 2019 | 11:17 WIB
Oleh : Sahat Oloan Saragih / RSAT

Pontianak, Beritasatu.com - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), H Sutarmidji mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan membuat dan mengeluarkan peraturan gubernur (Pergub) terkait sanksi bagi pembakar lahan. Hal ini untuk mengantisipasi semakin maraknya pembakaran lahan yang menimbulkan kabut asap di wilayahnya.

Hal itu dikatakan Sutarmidji ketika menjadi Inspektur Upacara Apel Siaga Darurat Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019 di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (23/7/2019).

Sutarmidji mengatakan, sanksi kepada pembakar lahan yakni tidak diberikan layanan izin dalam bentuk apa saja selama 5 tahun. Sedangkan bagi lahan lain yang terkena akibat dari pembakaran itu sanksinya 3 tahun tidak mendapat izin.

Menurut Sutarmidji, sanksi seperti ini pernah diterapkan di wilayah Kota Pontianak ketika dirinya menjadi Wali Kota Pontianak. Dengan sanksi itu maka kebakaran lahan di wilayahnya dapat ditekan. Keberhasilan itu juga akan diterapkan di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

Disebutkan, kebakaran hutan dan lahan memiliki beberapa dampak negatif yang luar biasa seperti kerusakan ekologis, keanekaragaman hayati, perubahan iklim, serta mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu transportasi baik darat, laut dan udara. Bahkan gangguan asap dapat melintas ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang mengakibatkan munculnya protes dan negara kita mendapat cap yang kurang baik sebagai negara pengekspor asap.

Dijelaskan, Satgas gabungan Karhutla berjumlah 1.512 personel, terdiri dari 1.000 unsur TNI, 205 Polri, 105 anggota BPBD, dan 205 dari masyarakat. Mereka akan menjadi bagian dari masyarakat yang tinggal di rumah-rumah penduduk.

Satgas ini fokus pada pencegahan, tidak saja pada sosialisasi dan patroli, tapi juga mengawal program seluruh kementerian dan lembaga sebagaimana yang tertuang dalam Instruksi Presiden No 11 Tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Diharapkan dengan kesiapsiagaan dan persiapan ini, kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalbar dapat diantisipasi sejak dini, sehingga kabut asap tidak timbul dan menyelimuti wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya.



Sumber:Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Gempa di Jembrana Terasa Sampai Kuta Bali

Gempa bumi berkedalaman menengah itu diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

NASIONAL | 24 Juli 2019

Klarifikasi Foto ASN dengan Ganjar Pranowo

Klarifikasi Redaksi Beritasatu.com terhadap foto dalam berita "Ganjar Minta ASN Simpatisan Khilafah Mengundurkan Diri".

NASIONAL | 3 Mei 2019

KPK Usut Sumber Uang Suap dan Gratifikasi Gubernur Kepri

Nurdin dijerat kasus dugaan suap izin prinsip dan lokasi pemanfaatan laut, proyek reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kepulauan Riau.

NASIONAL | 24 Juli 2019

576 Ha Sawah Tadah Hujan di Banten Terkena Puso

Sawah yang terkena puso tersebar di Kecamatan Cikeusik seluas 154 ha, Kecamatan Angsana seluas 180 ha dan Kecamatan Sukaresmi seluas 242 hektare.

NASIONAL | 24 Juli 2019

KPK Siap Bantu KY Usut 2 Hakim MA yang Lepaskan Syafruddin

Tak hanya KY, KPK juga siap membantu Badan Pengawas Mahkamah Agung (Bawas MA) jika membutuhkan bukti.

NASIONAL | 24 Juli 2019

2.500 Alat Tangkap Baby Lobster Dimusnahkan di Bengkulu

Letkol Laut (P) Andru Wahyu Sudrajat menambahkan, informasi yang diterima pihaknya penangkapan baby lobster kembali marak di daerah ini.

NASIONAL | 24 Juli 2019

600.000 Jiwa Potensial Terdampak Tsunami 20 Meter di Pantai Selatan Jawa

Dari total 5744 desa tersebut, 584 desa berada di selatan pulau Jawa mulai dari Banyuwangi sampai Banten.

NASIONAL | 24 Juli 2019

Menteri LHK: Pemerintah Serius Tangani Kerusakan Lingkungan yang Sudah Lama Tak Tertangani

“Kami mendapatkan arahan dari Bapak Wapres dan akan ditindak lanjuti secara lebih mendalam lagi,” kata Siti Nurbaya.

NASIONAL | 24 Juli 2019

Dua BUMN Bersinergi Bangun Indonesia Timur

Salah satu bentuk kerja sama adalah pengiriman LPG nonsubsidi untuk wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat yang dipasok dari Surabaya.

NASIONAL | 24 Juli 2019

Baku Tembak dengan TNI, KSB Berhamburan Melarikan Diri

Ditemukan barang bukti (barbuk) di dalam honai berupa 1 pucuk pistol standar militer Caliber 9 mm, 3 buah HT, 1 buah GPS, 3 buah Magazen serta ratusan munisi.

NASIONAL | 24 Juli 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS