Aturan Baru, Bowo Tidak Bisa Lagi Pakai Aplikasi Tik Tok

Aturan Baru, Bowo Tidak Bisa Lagi Pakai Aplikasi Tik Tok
Bowo Alpenliebe alias Bowo Tik Tok. (Foto: Istimewa)
Herman / FER Rabu, 4 Juli 2018 | 20:46 WIB

Jakarta - Pihak Tik Tok akan membuat aturan baru terkait batas usia minimal untuk bisa menggunakan aplikasi mereka. Bila sebelumnya batas usia minimal pengguna Tik Tok adalah 12 tahun, nantinya yang bisa menggunakan platform mereka hanyalah orang-orang yang telah berusia di atas 16 tahun.

Aturan baru ini juga dibuat berdasarkan permintaan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Salah satu syarat yang diminta Menkominfo apabila pemblokiran Tik Tok ingin dibuka kembali adalah menaikkan batas usia minimal pengguna Tik Tok.

"Platform Tik Tok sangat populer di banyak negara. Kami akan patuh pada regulasi di suatu negara, termasuk regulasi di Indonesia. Jadi kami akan ubah batas usia minimal jadi 16 tahun," kata Senior Vice President Corporate Strategi Bytence sebagai perusahaan induk Tik Tok, Zhen Liu, di gedung Kemkominfo, Jakarta, Rabu (4/7).

Zhen menambahkan, nantinya Tik Tok akan menggunakan teknologi face recognition untuk keperluan verifikasi usia pengguna, sehingga tidak sampai terjadi kebohongan data.

Dengan adanya aturan baru batas usia minimal pengguna Tik Tok, artinya Bowo Alpenliebe yang saat ini tengah populer sebagai artis Tik Tok tidak bisa lagi menggunakan platform tersebut. Sejumlah media memberitakan usia Bowo saat ini baru 13 tahun.

Selain menaikkan batas usia minimal pengguna, pihak Tik Tok juga diminta Menkominfo untuk membersihkan seluruh konten negatif yang ada di platform mereka, serta melakukan filtering untuk konten-konten yang akan datang, sehingga nantinya tidak sampai terjadi pemblokiran lagi.

Selain itu, Tik Tok juga wajib mempunyai kantor perwakilan di Indonesia agar komunikasi dengan pihak Kemkominfo bisa lebih cepat dan lancar.



Sumber: BeritaSatu.com