Katy Perry Kehilangan 2,8 Juta Followers di Twitter

Katy Perry Kehilangan 2,8 Juta Followers di Twitter
Katy Perry. ( Foto: AFP )
Herman / YUD Senin, 16 Juli 2018 | 13:56 WIB

Jakarta - Twitter baru saja mengumumkan upaya terbaru untuk membangun kepercayaan dan mendorong percakapan yang sehat di platform mereka, yaitu dengan menghapus akun terkunci dari metrik jumlah pengikut.

Upaya baru ini berdampak pada perubahan jumlah pengikut yang ditampilkan di profil pengguna. Dilansir dari PhoneArena, Senin (16/7), beberapa akun Twitter milik publik figur mulai kehilangan banyak followers. Misalnya saja akun Twitter milik penyanyi Katy Perry yang kehilangan 2,8 juta pengikut. Padahal pelantun lagu "Roar" ini termasuk salah satu penyanyi yang memiliki jumlah followers terbanyak, yakni sekitar 107 juta.

Selain Katy Perry, Presiden Donald Trump juga kehilangan 300.000 pengikut. Jumlah pengikutnya di akun Twitter @realDonaldTrump berkurang menjadi 53,1 juta. Tidak hanya publik figur, dampak upaya baru Twitter ini juga dirasakan oleh seluruh pengguna Twitter secara global.

Perwakilan Twitter dalam keterangan resminya menyampaikan, sepanjang tahun ini, Twitter banyak melakukan penguncian akun jika terdeteksi adanya perubahan mendadak dalam perilaku akun tersebut. Dalam situasi ini, Twitter akan menghubungi pemilik akun untuk melakukan konfirmasi bahwa mereka masih memiliki kontrol terhadap akun tersebut.

Perubahan mendadak dalam perilaku akun ini dapat mencakup beberapa hal, seperti mencuit sejumlah besar volume balasan atau menyebut akun tertentu tanpa diminta, mencuitkan tautan-tautan yang menyesatkan, atau jika sejumlah besar akun memblokir akun tertentu setelah akun tersebut mention akun yang bersangkutan.

Twitter juga akan mengunci akun jika melihat kombinasi email dan kata sandi dari layanan lain yang disebarkan secara online dan percaya bahwa informasi tersebut dapat membahayakan keamanan akun, sehingga Twitter mengharuskan akun untuk mengubah kata sandinya untuk perlindungan. Hingga Twitter menerima konfirmasi bahwa semuanya baik-baik saja dengan akun tersebut, akun akan tetap terkunci.



Sumber: BeritaSatu.com