Seluruh Perangkat Samsung Akan Terintegrasi AI di 2020

Seluruh Perangkat Samsung Akan Terintegrasi AI di 2020
Logo Samsung. (Foto: AFP)
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 7 September 2018 | 12:10 WIB

London - Samsung Electronics akan menempatkan fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di seluruh perangkatnya pada tahun 2020.

Pimpinan Samsung AI Center di Cambridge, Inggris, Profesor Maja Pantic, mengatakan, teknologi AI yang dikembangkan oleh Samsung akan selalu berada di sekitar pengguna dengan menawarkan layanan yang sangat membantu dan aman.

"Pada tahun 2020, semua perangkat Samsung akan terintegrasi dengan AI, sehingga menciptakan pengalaman dan nilai-nilai yang sama sekali baru," kata Pantic dilansir dari laman Korea Times, Jumat (7/9).

Samsung Electronics membuka AI Center di Cambridge pada 22 Mei lalu, dengan fokus penelitian pada pengembangan teknologi pengenalan emosional canggih yang didukung oleh kecerdasan buatan. Samsung sendiri memiliki lima pusat penelitian kecerdasan buatan di seluruh dunia, termasuk di Toronto dan Moskow.

Profesor Pantic menambahkan, layanan kecerdasan buatan yang dihasilkan oleh Samsung akan difokuskan kepada pengalaman pengguna. "User-centric memiliki arti menghubungkan banyak perangkat agar lebih bermanfaat bagi pengguna," katanya.

Menurutnya, setiap perangkat memiliki kemampuan untuk melakukan tugas umum dan juga dapat dipersonalisasi untuk keperluan penggunanya.

"Perangkat yang memiliki kecerdasan buatan akan 'selalu belajar' untuk meningkatkan kinerjanya dan 'selalu ada' untuk mendukung aktivitas pengguna. Perangkat tersebut juga disiapkan untuk 'selalu membantu' dalam meminimalkan intervensi pengguna dan dipastikan 'selalu aman' untuk menjamin privasi pengguna," tandasnya.



Sumber: Korea Times