Pertama dalam Sejarah, Manusia Bisa Dengar Suara Angin Mars

Pertama dalam Sejarah, Manusia Bisa Dengar Suara Angin Mars
Pesawat milik NASA, InSight, yang dirancang untuk mendarat dan mengeksplorasi planet Mars. ( Foto: NASA )
Heru Andriyanto / HA Minggu, 9 Desember 2018 | 04:18 WIB

Untuk pertama kalinya, manusia di bumi bisa mendengarkan desis angin dari Planet Mars.

Suara angin itu direkam oleh InSight, kendaraan yang dikirim Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) ke planet merah itu dan berhasil mendarat mulus akhir bulan lalu.

Sensor yang ada di InSight menangkap vibrasi yang diakibatkan oleh angin. NASA memperkirakan angin itu bergerak dari arah tenggara ke barat laut dengan kecepatan 16-24 km per jam, terekam pada 1 Desember lalu.

"Angin itu konsisten dengan arah gerakan debu di sekitar area pendaratan, yang diamati dari orbit," kata NASA dalam pernyataannya.

InSight sudah berada di Mars selama 10 hari.

Suara angin itu sangat rendah dan akan lebih jelas kalau didengarkan menggunakan headphone atau subwoofer, kata NASA.

"Menangkap suara itu adalah hal yang tidak direncanakan," kata Bruce Banerdt, staf pengamat InSight di laboratorium propulsi jet NASA di Pasadena, California.

"Namun, salah satu hal yang dicermati dalam misi ini adalah mengukur gerakan di Mars, dan tentu termasuk gerakan yang dihasilkan oleh gelombang suara."

Angin Mars dideteksi oleh dua sensor sensitif pada InSight. Pertama adalah sensor internal untuk mengukur tekanan udara yang bertugas mengumpulkan data meteorologi, dan merekam vibrasi udara secara langsung.

Kedua, seismometer eksternal yang akan dikeluarkan oleh lengan robot InSight, yang menerima vibrasi atau getaran dari angin yang bertiup di atas panel surya InSight. Dalam beberapa pekan ke depan, lengan robot InSight akan meletakkan perangkat pengukuran itu di permukaan Mars. Baru setelah itu alat tersebut bisa melacak data dari vibrasi sehingga para ilmuwan bisa melacak terjadinya "gempa mars" (marsquakes).

Seismometer itu dibuat oleh Badan Antariksa Prancis CNES, dan memakai komponen yang dibuat oleh Imperial College London dan Oxford University, Inggris.

“Perangkat InSight ini akan bertindak seperti telinga raksasa,” kata Tom Pike, anggota tim ilmuwan InSight dan perancang sensor di Imperial College London.

"Panel surya di sisi perangkat merespons fluktuasi tekanan angin. Seolah InSight melebarkan telinganya dan mendengarkan angin Mars yang menerpa dia."

Ingin dengar suara angin Mars? Simak video dari NASA ini:



Sumber: ABC News
CLOSE