Pantau Aktivitas Siswa, Sekolah di Tiongkok Manfaatkan Seragam Pintar

Pantau Aktivitas Siswa, Sekolah di Tiongkok Manfaatkan Seragam Pintar
Sekolah di Tiongkok manfaatkan 'seragam pintar' untuk memantau lokasi siswa. ( Foto: The Verge )
/ FER Sabtu, 29 Desember 2018 | 21:18 WIB

Beijing - Sejumlah sekolah di Tiongkok, memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam memantau aktivitas para siswanya. Pengawasan tersebut dilakukan melalui teknologi canggih yang terdapat di dalam seragam pintar yang dikenakan oleh para siswa.

Laporan yang dilansir dari laman The Verge, Sabtu (29/12) menyebutkan, seragam pintar itu dilengkapi dengan perangkat chip yang digunakan untuk memantau absensi dan tingkat kehadiran siswa. Selain itu, setiap seragam juga memiliki chip yang akan melacak lokasi dan keberadaan siswa secara akurat.

Untuk menambah akurasi, pihak sekolah juga memasang software atau perangkat lunak pengenalan wajah (facial recognition) di pintu masuk sekolah, untuk memastikan siswa telah mengenakan seragam yang sesuai.

Siswa yang mencoba untuk membolos di saat jam sekolah, dipastikan bakal ketahuan karena adanya fitur alarm yang memberikan peringatan.

Hebatnya lagi, seragam pintar ini dapat dicuci hingga 500 kali dan mampu bertahan hingga di cuaca panas hingga 150 derajat celcius.

 



Sumber: The Verge