Cegah Kebakaran, Penting untuk Meneliti Instalasi Listrik Setelah 15 Tahun

Cegah Kebakaran, Penting untuk Meneliti Instalasi Listrik Setelah 15 Tahun
Meteran listrik.
Chairul Fikri / CAH Jumat, 3 Mei 2019 | 18:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Di era modern ini, listrik sudah dianggap kebutuhan utama dan mendasar dalam kehidupan masyarakat. Namun banyak yang belum mengetahui bahwa listrik juga menjadi angka dominan penyebab kebakaran yang terjadi. Selain memiskinkan, "si jago merah" pun mampu menghilangkan nyawa korbannya. 

Subejo, selaku Plt Kadis Pemadam Kebakaran DKI Jakarta mengakui kebakaran yang terjadi di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia umumnya disebabkan oleh listrik. Mulai dari instalasi yang buruk, penggunaan material yang tidak sesuai standar, hingga penggunaan peralatan listrik yang tidak terkontrol, sehingga mengakibatkan panas berlebih dan mengakibatkan kebakaran.

Subejo mengajurkan bahwa instalasi listrik bila sudah digunakan selama 15 tahun sebaiknya perlu diteliti, apakah masih layak pakai atau sudah saatnya diganti instalasinya.

"Kelayakan ini didasarkan pada kualitas kabel yang digunakan. Bila kurang bermutu, kadang-kadang sebelum 15 tahun perlu perbaikan," ujar Subejo dalam media gathering "Listrik Andal Rumah Aman", bertajuk: Pentingnya Keselamatan Kelistrikan dan Upaya Menurunkan Potensi Kebakaran yang digelar International Copper Asociation (ICA), di Mitra Terrace, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Subejo menekankan pentinnya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menyikapi peralatan berlistrik dengan bijak, yang aman untuk rumah mereka.

Senada dengan Subejo, ICA yang diwakili Glenn Mandey menekankan pentingnya memberikan edukasi yang baik dan benar tentang pemahaman konsumen terhadap pentingnya keselamatan dalam kegiatan sehari-hari‎ menyangkut penggunaan dan pemanfaatan energi listrik.

"Dengan melihat realitas yang ada, kami berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat dan juga para pekerja yang mengurusi urusan listrik seperti PLN. Masyarakat agar senantiasa melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan instalasi listriknya. Salah satunya dengan Gerakan Pemeriksaan kompor gas dan instalasi Listrik (Gerikgastrik) dengan harapan masyarakat paham arti pentingnya instalasi lisatrik sebagai faktor yang bisa menyebabkan kebakaran yang ada selama ini. Dengan gerakan ini ke depan angka kebakaran akibat konsleting listrik maupun kebocoran gas di Indonesia bisa jauh berkurang," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com