NASA Buka Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Wisatawan

NASA Buka Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Wisatawan
Pemandangan bumi dari stasiun luar angkasa ISS. ( Foto: YouTube, Beritasatu.com/ Yudo Dahono )
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 8 Juni 2019 | 16:19 WIB

New York, Beritasatu.com - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan membuka kesempatan bagi wisatawan untuk mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mulai tahun 2020.

Adapun biaya yang dikenakan kepada astronot pribadi yang berminat ke luar angkasa, sebesar US$ 35.000 atau sekitar Rp 493.500.000 per malam (kurs Rp 14.100).

Melalui program ini, NASA rencananya akan membuka stasiun luar angkasa tersebut untuk kepentingan pariwisata dan bisnis lainnya.

"Akan ada hingga dua misi pengiriman astronot pribadi per tahun,” kata wakil direktur ISS, Robyn Gatens, seperti dilansir Beritasatu.com dari laman BBC, Sabtu (8/6/2019).

Astronot dari kalangan pribadi akan diizinkan untuk melakukan perjalanan ke ISS hingga 30 hari, dengan menggunakan pesawat luar angkasa milik AS.

"NASA akan membuka ISS untuk kepentingan komersial dan memasarkan peluang lain yang belum pernah kita lakukan sebelumnya," kata kepala keuangan NASA, Jeff DeWit.

NASA menyatakan, entitas perusahaan swasta akan bertanggung jawab untuk menentukan komposisi awak dan memastikan setiap astronot pribadi memenuhi persyaratan medis dan pelatihan untuk penerbangan luar angkasa.

Adapun dua perusahaan yang selama ini telah menjalin kerja sama dengan NASA adalah SpaceX milik Elon Musk, dengan menggunakan kapsul Dragon dan Boeing yang membangun pesawat ruang angkasa, Starliner.



Sumber: BBC