Jimly dan AHY Kenang Sosok Inspiratif BJ Habibie

Jimly dan AHY Kenang Sosok Inspiratif BJ Habibie
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ilham Habibie meninjau berbagai temuan dan riset menarik di Orbit International Habibie Festival di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (19/10/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ari Rikin )
Ari Supriyanti Rikin / FMB Sabtu, 19 Oktober 2019 | 21:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kenangan terhadap karya, kiprah dan sosok Presiden Ketiga Indonesia B.J. Habibie semasa hidupnya terus membekas di mata sahabat dan koleganya.

Kekaguman itulah yang dikenang oleh Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshidiqie dan Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono.

Jimly mengatakan, sosok Eyang Habibie tidak hanya sebagai bapak teknologi semata. Ia ingat betul pompaan semangat yang selalu ditularkan Eyang Habibie kepada dirinya.

Sejak tahun 1990, Jimly sudah mengenal sosok Eyang Habibie. Bapak teknologi ini juga menjadi salah satu sosok yang punya peran penting lewat berdirinya Bank Muamalat. Kemudian dalam pendirian ICMI, Eyang Habibie juga menjadi sosok penting di dalamnya.

"Di dunia Islam sedikit tokoh yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia tokoh dunia Islam. Di Maroko selain Presiden Soekarno yang pertama dielu-elukan, setelah itu Pak Habibie," katanya dalam acara Continuing The Legacy of Eyang, Our Bapak Teknologi alharmhum Prof. Dr. Ing. H. B.J. Habibie, Orbit International Habibie Festival di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Jimly mengatakan Eyang Habibie, yang punya 46 paten, semasa hidupnya punya kecintaan luar bisa terhadap bangsa dan negara ini. Bahkan sehari sebelum Eyang menghembuskan nafas terakhirnya, Jimly masih ingat betul mendapat telepon dari Eyang Habibie yang membicarakan tentang ide-ide untuk Indonesia di masa depan.

"Beliau mengajak kader muda untuk terus meningkatkan penguasaan iptek disertai iman dan takwa," ucapnya.

Jimly pun menyebut bahwa semua elemen bangsa perlu meneruskan cita-cita Pak Habibie yang selalu mengingatkan bahwa iman, takwa, dan iptek harus berjalan seimbang.

Selain punya komitmen dalam pengembangan iptek, Eyang Habibie juga mendorong peningkatan sumber daya manusia dan tidak sekadar mengandalkan kekayaan sumber daya alam. Tak hanya itu, Eyang Habibie juga sangat menunjung tinggi demokrasi.

Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga berpandangan senada. Menurutnya, sosok Eyang Habibie sangat menginspirasi generasi muda di masa depan.

"Bangsa ini perlu mencapai kemandirian teknologi termasuk penguasaan teknologi tingkat tinggi," kata Agus.

Pesan moral Eyang Habibie penuh makna. Jangan berharap pada orang atau bangsa lain yang datang membangun bangsa Indonesia. Terutama pada generasi muda, harus malu karena menggantungkan cita-citanya pada bangsa lain.

"Kita harus menjadikan bangsa ini mandiri jika ingin menjadi bangsa yang besar. Ayo lanjutkan perjuangan para pendahulu kita, agar bangsa ini disegani bangsa lain," imbuh Agus.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Chairman Orbit Habibie Festival Ilham Habibie, Co Founder Orbit Habibie Festival Sachin Gopalan, Founder CCM Group Murdaya Widyawimarta Poo, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, Director Human Capital Management Telkomsel Irfan A Tachrir dan Director of Digital IT and Operations BRI Indra Utoyo.

Selain berkunjung dan mengelilingi stand pameran, AHY juga mencoba simulator pesawat R-80 yang menjadi gagasan Eyang Habibie selama masa hidupnya.



Sumber: Suara Pembaruan