Drone Niscaya Akan Menjadi Moda Transportasi

Drone Niscaya Akan Menjadi Moda Transportasi
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti. ( Foto: Beritasatu.com / Thresa Sandra Desfika )
Thresa Sandra Desfika / FMB Selasa, 22 Oktober 2019 | 14:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyatakan pemanfaatan pesawat tanpa awak atau drone akan menjadi sebuah keniscayaan. Hal itu seiring dengan pengoperasiannya yang lebih efisien dibandingkan jenis pesawat yang sudah ada.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menyampaikan, pemanfaatan pesawat tanpa awak atau drone merupakan sebuah keniscayaan lantaran permintaannya pun sudah cukup tinggi. Potensi pemanfaatan drone ke depan ini bukan hanya digunakan sebagai alat survei dan kebutuhan fotografi saja, tapi juga untuk mengangkut kargo bahkan penumpang.

"Pemanfaatan drone sudah di depan mata. Permintaan sudah cukup banyak. Di dunia internasional sudah banyak dibahas di banyak negara. Sekarang makin berkembang pemanfaatannya. Bahkan, ada permintaan membawa kargo e-commerce kemudian malah di Singapura ada trial drone bawa penumpang," kata Polana dalam diskusi Menata Drone di Langit Pertiwi, Jakarta pada Selasa (22/10).

Dia menambahkan, drone akan menjadi sarana transportasi udara yang sangat diperhitungkan. Tetapi, Polana mengingatkan, potensi pemanfaatan drone yang luas itu perlu diantisipasi oleh semua pihak, baik dalam hal peraturan, pengoperasian, hingga pengawasannya.

"Drone ke depannya pasti akan makin berkembang dan makin menjadi salah satu pilihan terutama karena Indonesia sangat luas. Tapi, kita juga perlu lebih mempertajam regulasi dan peraturan ini harus disosialisasikan agar masyarakat juga memahaminya," ucap Polana.



Sumber: Suara Pembaruan