Ini Lokasi Terbaik untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin

Ini Lokasi Terbaik untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari Cincin ( Foto: istimewa )
Ari Supriyanti Rikin / FER Rabu, 25 Desember 2019 | 17:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sejumlah wilayah Indonesia akan mengalami fenomena antariksa gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019.

Jangan Lewatkan Gerhana Matahari Cincin Besok

Gerhana matahari cincin terjadi saat bulan berada pada fase bulan baru. Ketika posisi bulan terletak antara bumi dan matahari. Karena orbit bulan miring terhadap orbit bumi, bulan tidak selalu akan berada sejajar dengan matahari dan bumi.

Untuk gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 mendatang, hanya sejumlah wilayah di Indonesia yang bisa mengamati fenomena ini.

Gerhana matahari cincin dimulai dari Arab Saudi, melintasi India, Sumatera, dan Kalimantan, lalu berakhir di kawasan Samudera Pasifik.

Adapun lokasi pengamatan terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019, berada di Kabupaten Siak dan Kota Singkawang.

Gerhana Matahari Cincin Lintasi Indonesia

Untuk Jakarta, gerhana matahari cincin ini hanya bisa teramati sekitar 72 persen. Fase dimulai sekitar pukul 10.43 WIB, posisi maksimal 12.36 WIB dan fase akhir pukul 14.23 WIB.

Di Kabupaten Siak proses gerhana matahari cincin akan terjadi selama 3 menit 40 detik pada waktu maksimal pukul 12:17 WIB dan di Kota Singkawang selama 3 menit 39 detik pada pukul 12:42 WIB.

Sedangkan di wilayah lain, gerhana matahari cincin hanya bisa diamati sekitar 40 persen hingga 80 persen seperti di Padang, Duri, Malinau, Berau, Batam, Tanjung Selor, Padang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Kupang, Ambon, Manado dan Jayapura.



Sumber: Suara Pembaruan